wirahadie.com

Bab 3 : Makhluk Hidup

Bab 3 : Makhluk Hidup

A.  Asal - Usul Makhluk Hidup

Terdapat dua paham tentang asal-usul makhluk hidup, yaitu paham abiogenesis dan paham bionesesis.
Makhluk Hidup

1. Paham Abiogenesis

Paham abiogenesis adalah paham yang menyatakan bahwa makhluk hidup itu berasal dari benda mati. Tokoh dari paham ini adalah Aristoteles. Ia berkeyakinan bahwa makhluk hidup berasal dari benda mati, contoh berudu berasal dari lumpur pada musim hujan dan belatung berasal dari daging yang membusuk.

Aristoteles juga berpendapat bahwa makhluk hidup yang berasal dari benda mati tersebut terbentuk secara spontan, sehingga paham Abiogenesis sering disebut juga paham generatio spontanea.

2. Paham Biogenesis

Paham bioggenesis adalah paham yang menyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk  hidup sebelumnya. Tokoh perintis paham ini adalah seorang ilmuan berkebangsaan Italia yang bernama Francesco Redi. Ia melakukan penelitian dengan menyiapkan tiga kerat daging hewan. Kerat daging pertama ditempatkan pada stoples yang dibiarkan terbuka , kerat daging kedua ditempatkan pada stoples yang ditutup rapat, dan kerat dagimg ketiga ditempatkan pada stoples yang ditutup dengan kain kasa.

Setelah itu, ketiga stoples ini di letakkan ditempat yang aman. Setelah beberapa hari diamati dan hasilnya adalah:
  • Daging pada stoples yang dibiarkan yang terbuka, membusuk dan didalamnya banyak ditemukan belatung.
  • Daging pada stoples yang ditutup rapat, membusuk tetapi tidak ditemukan belatung.
  • Daging pada stoples yang ditutup dengan kain kasa, membusuk dan di dalamnya ditemukan belatung, tetapi jumlahnya lebih sedikit daripada stoples yang dibiarkan terbuka.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, Francesco Redi berkeyakinan bahwa makhluk hidup tidak berasal dari benda mati, belatung yang terdapat pada daging membusuk bukan berasal dari daging, tetapi berasal dari telur lalat yang hinggap di situ. Hasil penelitian Francesco Redi menyebabkan paham abiogenesis mulai diragukan orang.

Percobaan Francesco Redi selanjutnya disempurnakan oleh Lazzaro Spallanzani dan Louis Pasteur. Dari hasil percobaan yang mereka lakukan, mereka menyimpulkan bahwa semua makhluk hidup berasal dari makhluk hidup sebelumnya.

B. Mengenal Ciri-ciri Makhluk Hidup

1. Bernafas

2. Makan

3. Memerlukan Air

4. Bergerak

5. Menanggapi Rangsang

6. Tumbuh

7. Berkembangbiak

8. Mengeluarkan Zat sisa

9. Memerlukan Suhu Tertentu

Quipper Video

Bagikan Artikel ini:

Komentar Anda

Copyright © 2015-2017. wirahadie.com - All Rights Reserved