wirahadie.com

Bagaimana Membuat Siswa Tertarik untuk Belajar?

Bagaimana Membuat Siswa Tertarik untuk Belajar?

Permasalahan ini banyak dabaikan para pengajar, padahal langkah inilah yang wajib dilakukan sebelum ia berbicara panjang lebar untuk menjelaskan dan mengajarkan suatu permasalahan. Buatlah para murid anda tertarik terlebih dahulu, baru anda memulai memberikan materi .

Membuat anak didik tertarik untuk belajar
Beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk membuat anak didik tertarik di antaranya : 

1. Memberikan pengertian tentang tujuan pentingnya mempelajari suatu topik .

Menjelaskan kepada sisiwa tentang manfaat-manfaat jangka pendek dan jangka panjang tentang materi atau topik yang sedang dipelajari. Dengan mengetahui berbagai manfaat apalagi yang konkret akan membuat anak tertarik untuk belajar. 

2. Tidak monoton dalam metode mengajarnya.

Gunakan metode belajar banyak bertanya, bercerita, mengajak siswa aktif untuk berpendapat atau memberi penjelasan atau menjawab pertanyaan. 

3. Memahami kemampuan anak didik dalam menyerap ilmu yang di ajarkan.

Jangan paksa mereka “menelan” semuanya sementara mereka tidak bisa memahami satu per satu sub topik. 

4. Jangan pasang tampang angker dan galak.

Ciptakan suasana belajar yang nyaman namun serius. Siapapun tidak akan mampu belajar dan memahami pelajaran dengan baik dalam keadaan takut atau tertekan. Ini yang sering tak di sadari oleh beberapa guru. 

5. Sesekali pedulikan dan cek daya serap anak dengan bertanya kepada mereka.

Seringkali terkadang guru mengabaikan hal ini ketika anda sudah selesai menjelaskan materi kepada siswa silahkan anda tanyakan dan mengetes kemampuan mereka apakah mereka sudah memahami sepenuhnya tentang materi yang sudah anda sampaikan. Harus di ingat anda jangan hanya melihat siswa yang mempunyai kemampuan yang diatas rata-rata sering kali kita mengabaikan siswa yang mempunyai kemampuan daya serap yang lambat, siswa yang seperti ini juga harus mendapatkan perhatian yang lebih dari seorang guru.
Mungkin itu saja ulasan saya tentang bagaimana membuat anak didik tertarik untuk belajar. 

Quipper Video

Bagikan Artikel ini:

Komentar Anda

Copyright © 2015-2017. wirahadie.com - All Rights Reserved
Tag pemasaran ulang mungkin tidak dikaitkan dengan informasi identitas pribadi atau ditempatkan di laman yang terkait dengan kategori sensitif. Lihat informasi selengkapnya tentang cara menyiapkan tag di: http://google.com/ads/remarketingsetup Remarketing tags may not be associated with personally identifiable information or placed on pages related to sensitive categories. See more information and instructions on how to setup the tag on: http://google.com/ads/remarketingsetup --------------------------------------------------->