wirahadie.com

Siapa Penemu Listrik Pertama ??

Siapa Penemu Listrik Pertama ??

wirahadiary.com- Pada kesempatan kali ini saya ingin mengulas tentang siapa sosok penemu listrik yang pertama di dunia??. Mungkin kita tidak pernah memikirkan atau mungkin tidak mau tahu tentang apa dan bagaimana listrik itu timbul? meskipun setiap hari kita bermain laptop, nonton televisi, internetan dsb. Tapi kita tidak pernah berpikir siapa yang menemukan sehingga munculnya energi listrik yang kita gunakan setiap hari. Bagi kalian yang sedang mempelajari materi IPA terutama ilmu Fisika wajib mengetahui hal ini agar anda tahu siapa penemu listrik yang sebenarnya?, mungkin kita sudah banyak membaca dari berbagai sumber terutama pada buku mata pelajaran di sekolah tapi materi yang di suguhkan pada buku sekolah sifatnya hanya mendasar saja namun tidak di jelaskan secara detail tentang siapa yang menemukan listrik pertama di dunia.


Kita sudah mengenal nama-nama para ilmuan yang sudah terkenal dengan penemuannya dalam berbagai percobaan yang sudah dilakukan sehingga timbulnya listrik, yaitu ada 2 sosok nama besar yang sangat berperan sehingga mampu mengubah dunia yang dahulunya gelap sebelum ada listrik, dan kini kita sudah merasakan manfaat listrik untuk keperluan sehari-hari, siapa nama besar tersebut? yaitu Thomas Alva Edison dan Michael Faraday, namun siapakah yang pertama kali melakukan ekperimen sehingga timbulnya energi listrik ini, berikut saya akan memaparkan tentang kedua sosok ini, yang saya kutip dari berbagai sumber.

Kita akan bahas satu-persatu tentang kedua sosok ini :

1. Michael Faraday

Michael Faraday, lahir di Newington Butts, Inggris, 22 September 1791 – meninggal di Pengadilan Hampton, Middlesex, Inggris, pada tanggal 25 Agustus tahun 1867 pada umur 75 tahun.

Faraday menjadi terkenal berkat karyanya mengenai kelistrikan dan magnet. Eksperimen pertamanya ialah membuat konstruksi tumpukan volta dengan 7 uang setengah sen, ditumpuk bersama dengan 7 lembaran seng serta 6 lembar kertas basahan air garam. Dengan konstruksi ini ia berhasil menguraikan magnesium sulfat.

Pada tahun 1821 Hans Christian ├śrsted mempublikasikan fenomena elektromagnetisme. Dari sinilah Faraday kemudian memulai penelitian yang bertujuan untuk membuat alat yang dapat menghasilkan "rotasi elektromagnetik". Salah satu alat yang berhasil ia ciptakan adalah homopolar motor, pada alat ini terjadi gerakan melingkar terus-menerus yang ditimbulkan oleh gaya lingakaran magnet mengelilingi kabel yang diperpanjang hingga ke dalam genangan merkuri dimana sebelumnya sudah diletakan sebuah magnet pada genangan tersebut, maka kabel akan berputar mengelilingi magnet apabila dialiri arus listrik dari baterai. Penemuan inilah yang menjadi dasar dari teknologi elektromagnetik saat ini.

Faraday membuat terobosan baru ketika ia melilitkan dua kumparan kabel yang terpisah dan menemukan bahwa kumparan pertma akan dilalui oleh arus, sedangkan kumparan kedua dimasukan dimasukan arus. Inilah yang saat ini dikenal sebagai induksi timbal-balik. Hasil percobaan ini menghasilkan bahwa "perubahan pada medan magnet dapat menghasilkan medan listrik" yang kemudian dibuat model matematikanya oleh James Clerk Maxwell dan dikenal sebagai Hukum Faraday.

Untuk lebih jelasnya biografi dan cerita tentang Michael Faraday silahkan baca Biografi dan cerita singkat tentang Michael Faraday

2. Thomas Alva Edison

Thomas Alva Edison, lahir 11 Februari 1847 – meninggal 18 Oktober 1931 pada umur 84 tahun, ia adalah penemu dan pengusaha yang mengembangkan banyak peralatan penting. Si Penyihir Menlo Park ini merupakan salah seorang penemu pertama yang menerapkan prinsip produksi massal pada proses penemuan.
Penemu listrik pertamaBertepatan pada tanggal 19 Januari Tahun 1883, Sistem penerangan listrik pertama yang menggunakan kabel layang mulai digunakan di Roselle, New Jersey. Sistem itu diciptakan oleh Thomas Alva Edison.

Thomas Alva Edison, yang lahir pada tanggal 11 Februari 1847 dan meninggal 18 Oktober 1931 pada umur 84 tahun, adalah penemu dan pengusaha yang mengembangkan banyak peralatan penting. Si Penyihir Menlo Park ini merupakan salah seorang penemu pertama yang menerapkan prinsip produksi massal pada proses penemuan.

Ia lahir di Milan, Ohio, Amerika Serikat. Pada masa kecilnya di Amerika Serikat,Edison selalu mendapat nilai buruk di sekolahnya. Oleh karena itu ibunya memberhentikannya dari sekolah dan mengajar sendiri di rumah. Di rumah dengan leluasa Edison kecil dapat membaca buku-buku ilmiah dewasa dan mulai mengadakan berbagai percobaan ilmiah sendiri.

Pada Usia 12 tahun ia mulai bekerja sebagai penjual koran, buah-buahan dan gula-gula di kereta api. Kemudian ia menjadi operator telegraf, Ia pindah dari satu kota ke kota lain. Di New York ia diminta untuk menjadi kepala mesin telegraf yang penting. Mesin-mesin itu mengirimkan berita bisnis ke seluruh perusahaan terkemuka di New York.

Pada tahun 1870 ia menemukan mesin telegraf yang lebih baik. Mesin-mesinnya dapat mencetak pesan-pesan di atas pita kertas yang panjang. Uang yang dihasilkan dari penemuannya itu cukup untuk mendirikan perusahaan sendiri. Pada tahun 1874 ia pindah ke Menlo Park, New Jersey.

Disana ia membuat sebuah bengkel ilmiah yang besar dan yang pertama di dunia. Setelah itu ia banyak melakukan penemuan-penemuan yang penting. Pada tahun 1877 ia menemukan Gramofon. Dalam tahun 1879 ia berhasil menemukan lampu listrik kemudia ia juga menemukan proyektor untuk film-film kecil.

Tahun 1882 ia memasang lampu-lampu listrik di jalan-jalan dan rumah-rumah sejauh satu kilometer di kota New York. Hal ini adalah pertama kalinya di dunia lampu listrik di pakai di jalan-jalan. Pada tahun 1890, ia mendirikan perusahaan General Electric.

Edison dipandang sebagai salah seorang pencipta paling produktif pada masanya, memegang rekor 1.093 paten atas namanya. Ia juga banyak membantu dalam bidang pertahanan pemerintahan Amerika Serikat. Beberapa penelitiannya antara lain : mendeteksi pesawat terbang, menghancurkan periskop dengan senjata mesin, mendeteksi kapal selam, menghentikan torpedo dengan jaring, menaikkan kekuatan torpedo, kapal kamuflase, dan masih banyak lagi.

Ia meninggal pada usianya yang ke-84, pada hari ulang tahun penemuannya yang terkenal, bola lampu modern. (BP)

Dari uraian di atas kita bisa menyimpulkan bahwa yang pertama kali menemukan konsep timbulnya energi listrik adalah Michael Faraday dengan berbagai percobaan sederhana yang dilakukan yaitu dengan menggunakan magnet dan kumparan untuk membuktikan adanya energi listrik yang terbentuk, setelah penemuannya itu terkenal kemudian di kembangkan oleh Thomas Alva Edison untuk menghasilkan karya-karya baru.

Itulah sejarah singkat tentang Siapa penemu listrik pertama, semoga ulasan yang kami sajikan bermnafaat untuk para pembaca.

Referensi : https://id.wikipedia.org


Quipper Video

Bagikan Artikel ini:

Komentar Anda

2 komentar

Copyright © 2015-2017. wirahadie.com - All Rights Reserved