wirahadie.com

Kriteria untuk Menjadi Guru Profesional

Kriteria untuk Menjadi Guru Profesional

Guru profesional adalah suatu tolak ukur untuk mengetahui komptensi dan kemampuan seorang guru, menjadi guru yang profesional bukanlah pekara yang gampang yang bisa didapatkan dengan cara instant selain harus menguasai materi peajaran yang akan disampaikan kepada siswa, seorang guru yang profesional juga harus mengerti tentang bagaimana menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakter peserta didik, selain itu juga pengalaman mengajar sangat dibutuhkan jika anda ingin menjadi guru yang profesional, untuk mendapatkan pengalaman mengajar tentunya anda harus melewati sebuah proses, hal ini yang tidak bisa anda dapatkan di bangku pendidikan, karena pengalaman adalah sosok guru yang secara tidak langsung namun memiliki keutamaan tersendiri melibihi sebuah pendidikan formal. 

Pengertian guru profesional menurut para ahli adalah semua orang yang mempunyai kewenangan serta bertanggung jawab tentang pendidikan anak didiknya, baik secara individual atau klasikal, di sekolah atau di luar sekolah.

Guru adalah semua orang yang mempunyai wewenang serta mempunyai tanggung jawab untuk membimbing serta membina murid. Latar belakang pendidikan bagi guru dari guru lainnya tidak selalu sama dengan pengalaman pendidikan yang dimasuki dalam jangka waktu tertentu. Adanya perbedaan latar belakang pendidikan bisa mempengaruhi aktivitas seorang guru dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar. Namun, karena tidak sedikit guru yang diperlukan di madrasah maka latar belakang pendidikan seringkali tidak begitu dipedulikan.

guru-profesional

Kriteria untuk Menjadi Guru Profesional

1. Selalu Punya Energi untuk Siswanya

Mempunyai energi maksudnya adalah selalu bersemangat ketika mengajar di kelas. Guru harus bisa memberikan energi positif saat mengajar dan mendidik siswa. Misalkan ketika siswa tisak semangat untuk belajar guru harus mampu membangkitkan semangat belajar siswa, dan mampu menegeksplorasi masalah yang dialami oleh siswa tersebut.

Seorang guru yang baik menaruh perhatian pada siswa di setiap percakapan atau diskusi dengan mereka. Guru yang baik juga punya kemampuan mendengar dengan seksama

2. Punya Tujuan Jelas untuk Pelajaran

Seorang guru yang baik menetapkan tujuan yang jelas untuk setiap pelajaran dan bekerja untuk memenuhi tujuan tertentu dalam setiap kelas. Apapun pekerjaan yang kita lakukan tentu harus mempunyai tujuan yang jelas. begitu juga ketika seorang guru mengajar di kelas. Guru harus memiliki tujuan yang jelas, agar pelajaran yang diterima oleh peserta didik lebih bermakna dan bermanfaat bagi siswa.

3. Punya Keterampilan Manajemen Kelas yang Baik

Seorang guru yang baik memiliki keterampilan manajemen kelas yang baik dan dapat memastikan perilaku siswa yang baik, saat siswa belajar dan bekerja sama secara efektif, membiasakan menanamkan rasa hormat kepada seluruh komponen di dalam kelas.

Keterampilan manajemen kelas atau pengelolaan kelas sangat dibutuhkan bagi seorang guru, agar guru mampu mengatur peserta didiknya dengan baik. Misalkan ketika suasana kelas ribut, siswa tidak memperhatikan, disanalah keterampilan guru dibutuhkan untuk mengatur kelas agar tetap dalam suasana yang kondusip. Karena suasana belajar yang nyaman bisa membantu siswa lebih mudah menerima amteri pelajaran yang disampaikan oleh guru.

4. Punya Harapan yang Tinggi Pada Siswanya

Seorang guru yang baik memiliki harapan yang tinggi dari siswa dan mendorong semua siswa di kelasnya untuk selalu bekerja dan mengerahkan potensi terbaik mereka.

Guru harus mampu memotivasi para siswanya untuk mengeluarkan potensi terbaiknya, karena setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Di sinilah peran seorang guru untuk memaksimalkan potensi siswa agar mereka mampu menunjukkan prestasi. Siswa harus mampu percaya diri terhadap kemampuan yang dimilikinya. Dengan keyakinan semuanya bisa terjadi.

5. Pengetahuan Tentang Kurikulum

Seorang guru yang baik memiliki pengetahuan mendalam tentang kurikulum sekolah dan standar-standar lainnya. Mereka dengan sekuat tenaga memastikan pengajaran mereka memenuhi standar-standar itu.

Pengetahuan tentang kurikulum sangat dibutuhkan oleh guru, agar tahu bagaimana tujuan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum. Selain itu guru harus paham dan peka dengan perkembangan dunia kurikulum yangs sedang berkembang.

6. Pengetahuan Tentang Subyek yang Diajarkan

Seorang guru yang baik memiliki pengetahuan yang luar biasa dan antusiasme untuk subyek yang mereka ajarkan. Mereka siap untuk menjawab pertanyaan dan menyimpan bahan menarik bagi para siswa, bahkan bekerja sama dengan bidang studi lain demi pembelajaran yang kolaboratif.

Apa jadinya jika seorang guru kurang menguasai atau bahkan tidak paham tentang materi yang dijelaskan kepada peserta didik. Tentu siswa akan sulit memahami apa yang disampaikan oleh guru. Penguasaan materi yang baik sangat penting sekali bagi guru untuk menajdi guru yang profesional.

7. Selalu Memberikan yang Terbaik untuk Peserta Didik

Seorang guru yang baik bergairah mengajar dan bekerja dengan anak-anak. Mereka gembira bisa mempengaruhi siswa dalam kehidupan mereka dan memahami dampak atau pengaruh yang mereka miliki dalam kehidupan siswanya, sekarang dan nanti ketika siswanya sudah beranjak dewasa

Sekian dulu artikel tentang Kriteria untuk menjadi guru profesional semoga artikel yang kami sajikan bermanfaat untuk pembaca.


Quipper Video

Bagikan Artikel ini:

Komentar Anda

Copyright © 2015-2017. wirahadie.com - All Rights Reserved