wirahadie.com

Cara Membuat Gambar Animasi dengan Aplikasi PhotoScape

Cara Membuat Gambar Animasi dengan Aplikasi PhotoScape

Assalamualaikum sobat pembaca, semoga anda semua dalam keadaan sehat tidak kurang satu apapun.Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang sebuah tutorial Cara membuat gambar animasi dengan aplikasi PhotoSchape. Gambar animasi merupakan suatu gambar bergerak yang sangat menarik bila dibandingkan dengan gambar biasa, gambar animasi berbentuk format gif, beda halnya dengan jenis file gambar biasa yang bentuk formatnya jfg, bmp, dan lain sebagainya.

Banyak software yang bertebaran diluar sana yang memiliki beraneka macam kualitas dalam membuat gambar animasi. Tapi pada kesempatan ini saya akan mencoba mengulas sebuah panduan singkat tentang cara membuat gambar animasi dengan aplikasi PhotoScape, aplikasi ini bisa dikatakan sangat sederhana, jadi tutorial ini sangat cocok untuk pemula yang ingin mencoba membuat gambar animasi.

Berikut contoh gambar animasi sederhana yang akan Kita buat dengan aplikasi PhotoScape ini,
Lihat gambar dibawah !

Tutorial ini tidak cocok untuk anda yang sudah mahir membuat gambar animasi apalagi yang sudah jago mengoperasikan aplikasi Photoshop, Coreldraw, dan aplikasi sejenis lainnya. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk mengedit gambar, membuat screenshot dll, selain itu ternyata aplikasi ini bisa kita gunakan untuk membuat gambar animasi.


Apakah anda tertarik untuk membuatnya? Jika anda tertarik silahkan anda lanjutkan membaca panduan yang akan saya sajikan berikut, dilengkapi dengan gambar yang akan memudahkan anda untuk memahami apa yang akan kami jelaskan  :

Jika anda belum memiliki software ini silahkan anda download terlebih dahulu .

 

Langkah-langkah dalam membuat gambar animasi dengan aplikasi photoscape:

#Langkah Pertama dalam Membuat Gambar Animasi

Membuat atau mengedit gambar terlebih dahulu untuk dijadikan gambar animasi, tahap-tahapnya adalah :

  1. Langkah pertama, pastikan anda menginstal aplikasi PhotoScape di PC atau Laptop anda, jika anda belum memiliki software ini silahkan anda download di link yang sudah kami sediakan diatas.
  2. Jika anda sudah menginstal aplikasi tersebut di PC anda, silahkan anda membukanya terlebih dahulu
  3. Sebelum anda mulai mengoperasikan aplikasi PhotoSchape pastikan anda sudah menyediakan gambar yang akan anda gunakan untuk membuat gambar animasi tersebut, sediakan 3 gambar yang sejenis, jika anda hanya memiliki 1 gambar silhkan anda duplikat saja menjadi 3 buah dengan menekan ctrl+c (untuk meng-copy file) kemudian mempastenya dengan ctrl+v, contoh nya seperti pada gambar dibawah  ini !
Membuat Gambar Animasi

#Langkah Kedua dalam Membuat Gambar Animasi

Langkah selanjutnya adalah mengedit ketiga gambar tersebut agar terlihat berbeda, pada tahap ini kita hanya menambahkan sebuah tulisan pada masing-masing gambar dengan memberikan efek balon, persis seperti sebuah komik, efek balon ini kita gunakan agar gambar terlihat lebih hidup, langkah yang harus anda perhatikan pada tahap ini adalah memasukkan gambar yang akan anda edit, lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya !

Membuat Gambar Animasi

#Langkah Ketiga dalam Membuat Gambar Animasi

Langkah selanjutnya, pilih ikon seperti gambar balon pada bagian bawah lembar kerja, jika sudah akan terbuka pop up untuk mengatur model, jenis tulisan, ukuran dan bentuknya (sesuaikan dengan selera anda). Lihat gambar untuk lebih jelasnya.
Membuat Gambar Animasi

#Langkah Keempat dalam Membuat Gambar Animasi

Langkah selanjutnya, membuat tulisan; silahkan anda buat tulisan sesuai keinginan anda. Buat tulisan ketiga gambar tersebut dengan kata-kata yang berbeda, silahkan anda lihat contohnya dibawah ini !
Membuat Gambar Animasi

#Langkah Kelima dalam Membuat Gambar Animasi

 Langkah selanjutnya, jika sudah selesai mengedit ketiga gambar tersebut, silahkan anda atur waktu gerakan/slide pada gambar animasi yang akan anda buat. Pilih ubah waktu kemudian sesuaikan jika sudah tekan "ok"
Membuat Gambar Animasi

#Langkah Keenam dalam Membuat Gambar Animasi

Langkah selanjutnya, membuat efek pada gambar agar terlihat seperti animasi, untuk penjelasannya lihat dibawah ya.

Membuat Gambar Animasi
Pada tahap ini kita akan menyesuaikan efek untuk animasi gambar, caranya dengan memilih menu ubah efek kemudian akan muncul pop up seperti tampilan pada gambar, jika anda ingin membuat animasi seperti yang kami buat anda hanya memilih “tidak ada efek perubahan”,

Catatan:
Anda bisa juga memilih efek yang lain seuai dengan selera dan kebutuhan anda.
Jika sudah selesai silahkan anda klik simpan, maka gambar animasi yang anda buat sudah siap untuk digunakan.

Sekian dulu penjelasan tentang Cara membuat gambar animasi dengan PhotoScape

Bagaimana apakah anda sudah paham tentang panduan cara membuat gambar animasi dengan aplikasi PhotoScape yang sudah Kami jelaskan diatas? Pastikan anda sudah paham dan mengerti karena tutorial ini sangat mudah untuk dijalankan bagi pemula yang ingin belajar membuat gambar animasi.



Quipper Video

Bagikan Artikel ini:

Komentar Anda

Copyright © 2015-2017. wirahadie.com - All Rights Reserved
Tag pemasaran ulang mungkin tidak dikaitkan dengan informasi identitas pribadi atau ditempatkan di laman yang terkait dengan kategori sensitif. Lihat informasi selengkapnya tentang cara menyiapkan tag di: http://google.com/ads/remarketingsetup Remarketing tags may not be associated with personally identifiable information or placed on pages related to sensitive categories. See more information and instructions on how to setup the tag on: http://google.com/ads/remarketingsetup --------------------------------------------------->