wirahadie.com

7 Penyebab Sariawan pada Bibir

7 Penyebab Sariawan pada Bibir

7 Penyebab Sariawan pada Bibir - Jika setiap bulan Anda mengalami sariawan, kemungkinan Anda sedang mengalami sariawan kambuhan atau recurrent apthous stomatitis (RAS).

Lebih jauh, drg Citra Kusumasari, SpKG, seorang ahli ilmu karies, estetik kedokteran gigi, dan perawatan syaraf gigi di Nice Dental Care Ciputra Medical Center mengungkapkan, RAS merupakan penyakit yang ditandai oleh sariawan yang berulang dalam mukosa mulut tanpa adanya penyakit penyerta lainnya.

Sariawan yang Anda alami saat ini, kemungkinan berada dalam kategori RAS mayor. RAS mayor memiliki diameter lebih besar dari 1 sentimeter, berlangsung selama 4 minggu atau lebih, dan lebih sering kambuh. Pada saat penyembuhan, RAS mayor akan membentuk jaringan parut.


Sampai saat ini, dilansir kompas.com, penyebab RAS masih belum diketahui secara pasti.

Namun beberapa faktor yang diyakini sebagai pemicunya, antara lain:

  1. Trauma fisik seperti tergigit, terkena sikat gigi, luka karena makanan atau pada pasien yang menggunakan kawat gigi.
  2. Pada wanita, perubahan hormonal seperti saat menstruasi dapat mempengaruhi. Sekelompok RAS sering terlihat di masa pra menstrual. Keadaan ini diduga berhubungan dengan faktor hormonal antara lain hormon estrogen dan progesteron.
  3. Defisiensi zat gizi seperti kekurangan vitamin B12, zat besi dan asam folat.
  4. Pada beberapa orang, dapat disebabkan oleh stres.
  5. Faktor herediter atau turunan.
  6. Efek samping pengobatan, seperti ibuprofen dan aspirin.
  7. Beberapa mikroorganisme di dalam rongga mulut diduga juga berperan penting dalam patogenesis RAS, terutama golongan Streptococcus.

Bagikan Artikel ini:

Komentar Anda

Terima kasih telah berkunjung di situs kami www.wirahadie.com, semoga artikel yang kami sajikan memberikan manfaat untuk anda.

Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan tuliskan di kolom komentar.

Terima kasih atas perhatiannya.

Copyright © 2015-2017. wirahadie.com - All Rights Reserved