wirahadie.com

Belajar Matematika Sederhana 40 + 40 x 0 + 1 = ? 1 atau 41 ?

Belajar Matematika Sederhana 40 + 40 x 0 + 1 = ? 1 atau 41 ?

Belajar Matematika Sederhana - Banyak siswa yang menganggap pelajaran Matematika itu pelajaran yang sangat sulit, memang tidak bisa kita pungkiri Matematika adalah pelajaran yang sangat sulit bagi siswa khususnya yang tidak suka dengan pelajaran hitungan, namun banyak juga dari kalangan siswa yang menyukai pelajaran hitungan atau Matematika, karena setiap orang memiliki minat dan bakat yang berbeda-beda, ada yang lebih menyukai pelajaran yang sifatnya hafalan seperti pelajaran IPS, dan ada juga yang senang dengan pelajaran hitungan seperti mata pelajaran IPA dan Matematika.


Pada suatu hari saya menemukan soal matematika diberanda facebook, yang diupload oleh akun facebook yang bernama Malla Sahempa dan bentuk soalnya seperti ini : 40 + 40 x 0 + 1 = ? 1 atau 41 ?. Begitulah bunyi soalnya, sepintas mungkin soalnya terlihat sangat sederhana namun jika anda tidak memahami teori / konsep dasar dalam pengoperasian bilangan pada pelajaran Matematika maka akan menimbulkan perdebatan karena menimbulkan pemahaman setiap orang akan berbeda-beda, jika kita tidak memahami teori dalam perhitungan bilangan tersebut.


Dari jawaban para facebooker muncul jawaban berbeda-beda dan terjadi diskusi dan perdebatan dari para facebooker karena kesalah pahaman atau mungkin mereka belum mengetahui konsep dasar cara menghitung bilangan pada Matematika, berikut beberapa komentar dari jawaban para facebooker :

Dari jawaban para komentator facebooker, seperti yang saya utarakan diatas jika kita tidak memahami teori atau konsep dasar dalam ilmu Matematika maka akan menimbulkan jawaban yang beraneka ragam, seperti komenatar dari para facebooker ada yang menjawab 1, 41, dan bahkan ada juga yang menjawab 81, yang manakah jawaban yang benar diantara jawaban yang diberikan oleh para komentator facebook?? padahal didalam ilmu matematika harus ada 1 jawaban, karena Matematika adalah ilmu pasti tidak bisa dijawab dengan akal-akalan atau dengan pemahaman masing-masing tanpa mengetahui teori dasarnya.

Untuk mengetahui jawaban yang benar anda harus benar-benar mengetahui konsep dasar dalam pengoperasian / penghitungan pada bilangan campuran, seperti pada contoh kasus soal diatas, karena adanya tanda perkalian dan penjumlahan dalam operasi hitung. Terus bilangan yang manakah yang harus didahulukan? Untuk bisa menjawab soal di atas dengan benar silahkan anda baca teori dasarnya dibawah ini, maka anda akan mengetahui jawabannya dengan benar dan tanpa mengada-ada.

Urutan dalam operasi matematika adalah:

  1. Jika ada tanda kurung maka dahulukan operasi matematika dalam tanda kurung
  2. Perkalian atau pembagian menjadi fungsi operasi yang didahulukan dengan urutan bilangan kiri ke kanan
  3. Penjumlahan  atau pengurangan menjadi fungsi operasi setelah perkalian dan pembagian dengan urutan yang sama
  4. Jika ada tanda pangkat maka bilangan dengan tanda pangkat harus dibulatkan dahulu menjadi angka numerik dengan pola bilangan yang sebelah kiri didahulukan misalkan kasus 5^2x4^3 maka angka 5^2 harus didahulukan sebelum pemangkatan angka 4 
 
Maka jawaban yang benar jika kita mengacu pada teori dalam matematika adalah 40 + 40 x 0 + 1 = 41 , bagaimana cara menghitungnya?. Seperti pada teori diatas yang harus didahulukan adalah mengoperasikan bilangan perkalian dari kiri ke kanan, sehingga hasilnya akan seperti ini 40 + 40 x 0 + 1= .....? => 40 + 0 + 1=....? => 40 + 1= 41.

Semoga penjelasan singkat tentang Belajar Matematika Sederhana ini bisa memberikan ilmu dan pengetahuan baru bagi anda yang belum atau mungkin sudah lupa dengan konsep dasar pengoperasian bilangan pada mata pelajaran Matematika.
Quipper Video

Bagikan Artikel ini:

Komentar Anda

Copyright © 2015-2017. wirahadie.com - All Rights Reserved