wirahadie.com

Cara Membuat Pistol Keren dari Kertas Warna

Cara Membuat Pistol Keren dari Kertas Warna

Cara Membuat Pistol Keren dari Kertas Warna- Dalam postingan kali ini kami menghadirkan sebuah kreatifitas sains yang sangat menarik untuk anda coba di rumah. Alat dan bahan sangat mudah anda temukan. Pistol ini terbuat dari kertas warna/bufallo, yang digulung memanjang kemudian dipotong dan disusun membentuk seperti pistol.

Pistol Kertas

Pistol kertas ini bisa digunakan untuk mainan anak-anak, karena mampu menembak layaknya pistol sungguhan. Pelurunya pun terbuat dari gulungan kertas yang dipotong dengan ukuran kecil. Pistol kertas ini salah satu mainan yang edukatif untuk anak-anak. Bisa digunakan sebagai bahan ajar untuk siswa sebagai  kreasi sains dan menghibur. Pistol kertas ini pun bisa anda jadikan sebagai bahan tugas sains, karena berkaitan dengan mata pelajaran IPA khususnya materi tentang GAYA yang dipelajari pada siswa kelas 8 atau kelas 2 SMP. 

Pembuatan pistol kertas ini sebagai bentuk penerapan dari Hukum III Newton ( Hukum Newton yang ke-3), yang menyatakan bahwa.
Gaya aksi akan berlawanan dengan gaya reaksi, contohnya pada pistol, ketapel, roket yang meluncur, dan banyak lagi contohnya di dalam kehidupan sehari-hari.

Jika kalian tertarik untuk membuat pistol kertas ini, silahkan baca panduan berikut tentang cara membuat pistol keren dari kertas warna:


Alat dan Bahan:
  1. Gunting/Pisau cutter
  2. Penggaris
  3. Lem bakar ( Glue Gun)
  4. Lem Alteko
  5. Selotif
  6. Karet Gelang 2 buah
  7. Kertas warna/bufallo 2 lembar
  8. Kertas HVS atau kertas Fotokopi 4 lembar
 Pistol Kertas
Langhah Kerja:

1. Sebelum memulai, persiapkan alat dan bahan terlebih dahulu

2. Gulung kertas HVS dari ujung dengan bentuk gulungan menyilang atau dimiringkan.

3. Jika sudah tergulung, rekatkan dengan selotif atau isolasi bening.

4. Kemudian gulung kertas bufallo atau kertas warna, jangan lupa masukkan gulungan kertas HVS yang tadi sebelum menggulung kertas warna. Ingat! untuk penggulungan kertas warna harus lurus, tidak sama dengan langkah ke-2.
Pistol Kertas

5. Kemudian lakukan pengeleman dengan selotif

4. Langkah selanjutnya, potonglah kertas  menjadi 3 jenis ukuran
  • 15 cm 1 buah
  • 7 cm 1 buah
  • 5 cm untuk 6 buah
6. Jika sudah dipotong dengan rapi, kemudian lakukan pengeleman untuk merekatkan potongan kertas tadi dengan lem bakar atau lem tembak/ glue gun.

Pistol Kertas

7. Jika sudah tersusun dengan rapi, kemudian ambil gulungan kertas HVS tadi dan buatlah bingkai pada bagian pinggir pistol. Lihat gambar untuk lebih jelasnya!

8. Langkah selanjutnya, buatlah pelatuk dari gulungan kertas HVS.

9. Pasang karet gelang pada bagian kertas yang akan dijadikan sebagai pendorong peluru, dengan mengaitkannya pada bagian depan pistol, lihat gambar di bawah untuk lebih jelasnya!

Jangan lupa buatkan peluru dengan gulungan kertas dengan bentuk seperti model peluru pada pistol beneran.
Pistol Kertas


Untuk lebih jelasnya silahkan lihat panduan versi video berikut ini!



Selamat mencoba, semoga berhasil ya..
Quipper Video

Bagikan Artikel ini:

Komentar Anda

Copyright © 2015-2017. wirahadie.com - All Rights Reserved