wirahadie.com

Keajaiban Menulis di Sebuah Blog!

Keajaiban Menulis di Sebuah Blog!

Ngeblog merupakan kegiatan tulis-menulis atau mengekspresikan pikiran, pengalaman, dan pengetahuan dalam bentuk tulisan. Orang yang aktif menulis di blog disebut dengan blogger. Menjadi blogger dengan niat berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada pembaca di internet adalah suatu kebanggaan tersendiri bisa memberikan manfaat buat orang lain.

Lalu Umar Wirahadi Kusuma

Saya masih terkesan dengan pesan yang sering disampaikan oleh salah satu tokoh penggagas Komunitas Sejuta Guru Ngeblog yaitu pak Wijaya Kusumah, yang akrab disapa dengan panggilan Om Jay. Beliau banyak menginspirasi rekan-rekan guru diseluruh Indonesia untuk berkarya dengan memulai menulis di sebuah blog. Dengan prestasi beliau yang kian meroket dan semakin dikenal oleh publik, dan kini beliau sudah sering muncul di layar kaca berkat prestasi dan ide brilian beliau untuk membuat Komunitas yang  sangat luar biasa yaitu Komunitas Sejuta Guru Ngeblog. Salah satu mantra andalan beliau yang mampu menyihir saya adalah :  
"Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi!"
Kalimat yang begitu singkat. Namun, sungguh memberikan semangat bagi saya untuk belajar ngeblog, agar terbiasa menulis. Cerita beliau yang sangat menginspirasi yaitu, kegiatan rutinitas beliau menulis di sebuah blog dengan niat mulia yaitu ingin berbagi pengalaman kepada pembaca, yang berbuah manis dengan berujung diterbitkannya dalam sebuah karya yaitu berbetuk buku. Dan kini beliau semakin banyak dikenal oleh rekan-rekan guru di seluruh Indonesia.
Sejak itu pun saya mencoba belajar ngeblog mulai dari nol, tanpa bantuan siapapun. Cukup dengan bantuan sang raksasa internet yaitu Google. Belajar secara otodidak sungguh melelahkan, membingungkan, menguras tenaga dan pikiran. Apalagi saya tidak mempunyai latar belakang ilmu IT yang mumpuni. Benar-benar belajar sendiri, browsing sana-sini. Cari ilmu dan informasi di lautan samudra sekelas Google, sangat menguras tenaga apalagi jika anda tidak fokus terhadap suatu informasi yang akan anda cari, maka anda akan tenggelam di lautan ilmu dari Google, karena banyaknya informasi dan ilmu yang tersedia.

Cerita lengkap saat mulai mengenal dunia blogging bisa dibaca di sini : Ekkspedisi Menjadi Guru Blogger

Bagi anda yang ingin mencoba belajar menulis, memulai menulis di blog adalah pilihan yang sangat tepat, selain gratis anda bebas mengekspresikan isi pikiran anda dalam sebuah tulisan. Mengabadikan momen berharga dalam hidup anda dalam bentuk tulisan yang tak lekang oleh waktu. Berkarya melalui tulisan adalah suatu investasi untuk masa depan anda. Ketika anda sudah tiada, karya anda akan dikenang karena sudah memberikan banyak manfaat buat orang lain yang sudah membaca tulisan anda. Jadi, tulisan bisa dijadikan sebagai amal jariyah anda kelak.

Saya ingin bercerita sedikit tentang  pengalaman nyata saya setelah mengenal dunia blog dan rajin mengisinya dengan konten yang memang sesuai dengan pengalaman yang saya alami, yaitu profesi saya menjadi guru di sebuah sekolah swasta di Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Saya adalah seorang guru yang berasal dari kampung yang tinggal di sebuah desa. Meskipun saya orang kampung saya tidak mau untuk berpikir kampungan dan berusaha berpikir modern dan  menjadi guru era digital yang melek IT (Informasi dan Tekhnlologi). Meskipun hanya belajar sendiri, dan berusaha menjadi guru pembelajar yang keluar dari zona nyaman.

Berikut manfaat menulis di sebuah blog sesuai pengalaman pribadi saya:

#1. Sebagai Sarana Belajar Menulis 

Blog biasanya berisi dengan konten yang berupa tulisan atau kumpulan artikel yang bermanfaat untuk pembaca. Selama ini kita hanya bisa browsing mencari informasi di internet. Jika kita bisa memberikan informasi atau berbagi informasi kepada orang lain melalui blog, kenapa tidak kita lakukan? Manfaat menulis di blog adalah kita belajar menulis. Menulis merupakan kegiatan yang begitu sulit jika tidak membiasakan diri. Sejak awal saya mulai menulis di blog, saya mengalami sedikit perubahan dalam hal kemampuan menulis, meskipun dari kualitas tulisan mungkin belum baik. Tapi,  saya sudah merasakan manfaat ngeblog yaitu bisa menulis dengan lancar. Dulu awal mencoba ngeblog saya masih merasa malu-malu untuk mengekspresikan diri dalam bentuk tulisan. Mungkin bagi yang belum terbiasa sering merasa kurang pede, jika tulisan kita dibaca oleh orang lain. Menulis satu kalimat saja rasanya menulis satu paragraf. Karena belum terbiasa. Tapi, jika anda membiasakan diri untuk menulis, seiring berjalannya waktu anda akan bisa dengan sendirinya.
Semenjak menulis di blog, saya mulai ikut lomba menulis di berbagai ajang perlombaan. Tujuan saya adalah untuk mengetahui sejauh mana kualitas tulisan saya. Meskipun masih jauh dari kata "baik" dari segi penulisan, tapi saya sangat senang saat mengikuti lomba. Tulisan saya masuk 50 besar saat mengikuti lomba menulis cerpen. Dan yang paling membuat saya senang dan bangga adalah cerpen yang masuk 50 besar tersebut akan diterbitkan dalam sebuah buku. Ini merupakan salah satu manfaat dari ngeblog. Ini pengalaman pertama saya ikut lomba, semoga ke depannya saya bisa lebih baik lagi dalam kualitas tulisan sehingga mampu membuat buku sendiri sebagaimana para guru blogger yang sudah sukses.

#2. Sebagai Sumber Income atau Penghasilan

Siapa sangka jika ngeblog bisa menghasilkan income. Bukan menjadi rahasia umum lagi untuk menghasilkan uang di internet. Hampir semua orang yang bergelut di dunia maya, sudah mengetahui bahwa internet adalah sumber untuk menghasilkan uang. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang di internet salah satunya dengan menulis/membuat blog. Yaitu, bisa mendaftarkan diri sebagai publisher agar blog yang kita kelola bisa menampilkan iklan, sehingga ketika ada pengunjung yang hadir membaca tulisan kita dan mereka melihat iklan dan megklik iklan yang tayang maka kita akan diberikan upah sesuai ketentuan. Tapi, jika anda baru belajar ngeblog jangan pernah memprioritaskan masalah hasil (uang), maka produktivitas anda untuk berkarya melalui blog akan terhambat. Lebih baik anda fokus untuk menghadirkan konten yang berkualitas dan bermanfaat untuk pembaca, kalau masalah hasil akan datang dengan sendirinya.

Berikut saya cerita sedikit pengalaman saya sejak menekuni ngeblog ini. Saya mulai menekuni dunia blogging ini sejak satu tahun yang lalu, tepatnya di bulan Januari 2015. Setelah satu tahun ngeblog saya banyak merasakan manfaatnya, seperti yang sudah saya tulis di atas adalah salah satunya yaitu bisa menulis dengan lancar dan salah satu manfaat yang tak pernah saya pikirkan sebelumnya adalah ngeblog bisa menhasilkan uang.

Manfaat Ngeblog

Di blog ini saya sudah banyak membuat panduan tentang Quipper School, yaitu sebuah sistem pembelajaran online atau paling familiar disebut e-learning. Untuk lebih jelasnya tentang Quipper School silahkan anda pilih menu navigasi tentang Quipper School yang sudah saya pasang di blog ini. Sejak membuat panduan tentang Quipper blog saya semakin ramai dikunjungi oleh para siswa dan guru. Mungkin banyak dari berbagai sekolah yang sudah menerapkan e-learning dari Quipper. Alhamdulillah saya sangat senang blog yang saya bangun ini sudah banyak memberikan manfaat untuk para pengunjung. Seiring dengan popularitas Quipper, blog saya pun semakin ramai. Saat saya mendaftar jadi Quipper Supoorter (Orang mempromosikan produk Quipper yaitu Quipper Video).

Banyak orang yang mendaftar dari kode promosi yang saya tuliskan di salah satu panduan Quipper Video, dan secara mengejutkan dari 300 lebih guru yang mendaftar menjadi Quipper Supporter, saya meraih peringkat I se-Nasional dalam Quipper Supporter yaitu dengan total jumlah siswa yang mendaftar hingga 200 lebih, dan yang melakukan pembayaran lebih dari 50 orang. Ini merupakan keajaiban dari ngeblog. Kalau masalah honor dari Quipper Video bisa dibilang sangat lumayan bagi saya yang baru mengenal blog. Tapi, yang membuat saya senang bukan masalah income semata. Namun, pengetahuan dan ilmu yang saya dapatkan dari ngeblog jauh lebih berharga daripada uang.

Quipper Video

 Berikut hasil ngeblog, saya ambil screenshot  pembayaran dari Quipper Video

Dengan jumlah nominal yang sangat lumayan banyak bagi saya yang baru belajar ngeblog yaitu berjumlah, Rp 11.900.000,00. (*hanya untuk memotivasi, bukan untuk pamer)
Hasil Ngeblog

Mungkin itulah sedikit cerita saya tentang manfaat ngeblog yang saya alami selama ini. Semoga cerita saya bisa memberikan motivasi dan inspirasi bagi anda yang baru belajar  menulis dan membuat blog. Akhir kata saya ucapkan terima kasih banyak untuk anda yang sudah sudi meluangkan waktu  untuk membaca kisah saya yang sangat sederhana ini. Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih banyak. Semoga saya terus bisa berkarya dan memberikan manfaat untuk pembaca.
Pesan yang sudah disampaikan oleh Pak Wijaya Kusumah sudah terbukti bagi Saya. Kini giliran Anda yang akan membuktikannya. Jangan menunda waktu untuk memulai, mulailah dari sekarang! "Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi."
Quipper Video

Bagikan Artikel ini:

Komentar Anda

Copyright © 2015-2017. wirahadie.com - All Rights Reserved