wirahadie.com

Tips Jitu Saat Menghadapi Ujian Nasional

Tips Jitu Saat Menghadapi Ujian Nasional

Tips Jitu Saat Menghadapi Ujian Nasional- Ujian Nasional memang selalu menarik untuk dibahas, apalagi bagi siswa yang akan mengahadapi Ujian Nasional pasti merasakan sedikit gangguan dalam ketenangan karena masih dihantui oleh pikiran lulus atau tidak lulus. Tidak bisa dipungkiri memang itu sifat yang manusiawi yang harus dirasakan dan dialami oleh orang yang akan menghadapi ujian.


Kemarin kami sudah mempublikasikan artikel yang berjudul Tip Sukses Ujian Nasional 2016 dengan Nilai Memuaskan. Dan kali ini kami akan membahas tentang tips jitu saat menghadapi Ujian Nasional. Selain persiapan mental, penguasaan materi, dan kesehatan fisik juga salah satu kunci sukses menghadapi Ujian Nasional. Banyak orang yang menyepelekan masalah kesehatan fisik padahal jika anda sakit atau kurang sehat saat Ujian Nasional berlangsung otomatis kesuksesan anda untuk menghadapi Ujian Nasional sedikit terganggu meskipun ada ujian susulan. Untuk lebih jelasnya silahkan anda baca Hal yang perlu disiapkan sebelum menghadapi Ujian Nasional.

Berikut kami ulas tentang tips jitu saat menghadapi Ujian Nasional

1. Datang tepat waktu

Saat berlangsungnya Ujian Nasional jangan sampai kalian telat, usahakan tepat waktu minimal 15 menit sebelum mulai ujian kalian sudah berada di lokasi ujian, agar konsentrasi kamu dalam menjawab soal tidak terganggu. Karena, jika kita terlambat sehebat apapun persiapan yang sudah kita lakukan maka akan hilang begitu saja karena panik dan merasa tegang, jika kita terlambat masuk. Kamu tidak mau kan hal seperti ini terjadi menimpa kamu.

2. Bacalah do'a sebelum menjawab

Sebelum mulai menjawab soal, bacalah do'a terlebih dahulu agar kalian merasa tenang dan nyaman saat menghadapi Ujian Nasional. Jangan terburu-buru untuk menjawab soal. Karena dengan suasana hati yang tenang dan nyaman maka kamu akan merasa lebih mudah untuk menjawab soal dengan baik, dan bisa menambah percaya diri kamu dalam menjawab soal.

3. Mengisi biodata dengan lengkap

Isi biodata kamu dengan lengkap, jangan sampai kalian melewati hal yang sederhana ini karena seringkali siswa langsung menjawab soal dan lupa untuk mengisi biodata. Jika hal ini sampai terlewatkan maka otomatis hasil lembar jawaban kamu tidak akan terbaca oleh scanner komputer sehingga nilai kamu tidak akan muncul pada saat diperiksa oleh komputer. Ini hal yang paling mendasar jangan sampai kalian melewatkannya.

4. Bacalah soal dengan teliti 

Ketika kamu menjawab soal, bacalah soal dengan teliti agar kamu tidak terlalu sering mengulang soal yang itu saja, sehingga akan banyak menyita waktu untuk mengerjakan soal yang lain. Dan jangan kalian fokus dengan satu soal, jika kalian merasa kesulitan sebaiknya dilompati saja agar tidak memakan waktu karena, waktu yang tersedia saat Ujian Nasional sangat terbatas.

5. Manfaatkan waktu dengan baik

Usahakan membawa arloji atau jam tangan, agar kamu bisa melihat waktu setiap saat dan bisa mengatur ritme dalam menjawab soal. Jangan sampai kalian kehabisan waktu sementara masih banyak soal yang belum terselesaikan. Ini yang sering terjadi pada peserta ujian, karena tidak mampu mengatur waktu dengan baik. Usahakan 15 menit sebelum waktu berakhir kalian harus mengecek jawaban minimal 90% soal sudah terselesaikan, sehingga ketika bel peringatan waktu tinggal 5 menit berakhir kalian sudah selesai menjawab.

Sekian dulu artikel kali ini tentang tips jitu saat menghadapi Ujian Nasional, semoga kamu lulus dengan nilai yang memuaskan. Jangan lupa belajar dan berdo'a agar bisa meraih kesuksesan saat menghadapi Ujian Nasional.

Bagikan Artikel ini:

Komentar Anda

Terima kasih telah berkunjung di situs kami www.wirahadie.com, semoga artikel yang kami sajikan memberikan manfaat untuk anda.

Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan tuliskan di kolom komentar.

Terima kasih atas perhatiannya.

Copyright © 2015-2017. wirahadie.com - All Rights Reserved