wirahadie.com

Belajar Saja Tidak Cukup untuk Lulus Ujian!

Belajar Saja Tidak Cukup untuk Lulus Ujian!

Berdasarkan hasil survey terdapat 2 faktor utama yang menentukan keberhasilan lulus ujian. Faktor tersebut ialah faktor non teknis. Yang termasuk faktor teknis adalah belajar, tahap belajar ini meliputi serangkaian proses seperti, membaca, menghafal, memahami, berlatih, dsb.

Kunci Lulus

Akan tetapi, tahukah anda faktor teknis hanya 75% dari syarat agar bisa lulus ujian. Sisa 25% adalah faktor non teknis meliputi, persiapan mental, pemilihan alat tulis yang sesuai dengan standar ujian, ketelitian, dsb.

Berikut ini beberapa tips sederhana dan bermanfaat yang perlu diperhatikan untuk mendukung faktor non teknis ketika menghadapi ujian.

1. Persiapkan Fisik Anda

Konseentrasi prima sangat dibutuhkan ketika mengerjakan soal  ujian, agar bisa berkonsentrasi secara berkesinambungan, maka diperlukan fisik yang sehat dengan mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna dan dianjurkan berolahraga secara teratur. Selain itu tidurlah minimal 8 jam menjelang ujian agar tidak mengantuk ketika mengerjakan soal ujian.

Banyak yang mengabaikan hal sepele ini, akibatnya banyak siswa yang tidak bisa mengikuti ujian dikarenakan mereka sakit di saat menjelang atau hari ujian. Tentu kamu tidak ingin masalah fatal ini menimpa diri kamu. Oleh karena itu, jagalah kesehatan fisik kalian dengan sebaik mungkin agar kalian tetap sehat dan bugar saat Ujian Nasional berlangsung.

2. Lakukan Persiapan Mental

Tidak kalah penting ialah persiapan mental. Aturlah emosi agar  tetap tenang, hindari perasaan tegang, cemas, khawatir sebab jika tidak mampu mengatur perasaan tersebut, maka akan mengganggu konsentrasi dan memberikan dampak negatif. Salah satu cara untuk  mengendalikan emosi adalah dengan berdo'a.

3. Peralatan Ujian

Peralatan ujian yang umum adalah ballpen, pensil, penggaris, penghapus, dsb. Untuk Ujian Akhir Nasional peralatan yang dibutuhkan adalah :
  • Gunakan pensil dengan grade kehitaman 2B dan yang telah lulus OMR (Optical Mark Reader) dan DMR (Digital Mark Reader) tes.
  • Gunakan pensil yang mempunyai diameter inti pensil paling besar sehingga membuat pensil lebih kokoh dan tidak mudah patah.
  • Pilih pensil dengan inti pensil yang llembut sehingga tidak akan merusak permukaan atas.
  • Gunakan penghapus khusus EBTA atau SPMB karena penghapus ini diformulasikan khusus untuk kertas LJK. Penghapus ini sangat lembut dan tidak meninggalkan debu sehingga tidak akan merusak kertas dan juga tidak mengganggu proses koreksi/scanning.
  • Rautan dengan pisau yang tajam.
  • Penggaris EBTA dan SPMB. Untuk mempermudah ketika menyilang dan melingkari jawaban agar hasilnya lebih rapi.
  • Bawalah papan alas agar lembar jawaban tetap rapi dan menghindari kertas jawaban sobek akibat permukaan meja tidak rata.
  • Pilihlah papan alas yang rata, tidak mudah melengkung, dan licin. Dianjurkan menggunakan papan acrylic untuk hasil maksimal.

4. Perikas Soal

Periksa kelengkapan soal dan kertas jawaban anda. Perikasalah kertas jawaban anda. Kertas jawaban harus diterima dalam kondisi bersih, rapi, dan tidak boleh terlipat. Mintalah kertas jawaban baru kepada pengawas apabila kondisinya kotor, rusak dan terlipat.

5. Baca Perintah Ujian

Bacalah perintah ujian dengan baik dan teliti, sebab seringkali mengabaikan perintah menjawab soal membuat anda salah dalam memberi atau memilih jawaban.

6. Kerjakan Soal dari yang Termudah

Kerjakan soal dari yang anda anggap paling mudah terlebih dahulu, lalu teruskan ke tingkat yang lebih sulit. Kerjakan soal-soal yang ada dengan tenang dan tidak terburu-buru. Untuk soal pilihan ganda, berhati-hatilah ketika melingkari, jangan sampai satu nomor terisi dua kali. Untuk soal ujian esai pikirkan dulu jawaban sebelum menjawab, langsung jawab ke point utama  sehingga jawaban tidak bertele-tele. Buat kerangka singkat dengan mencatat beberapa ide yang ingin kamu tulis.

7. Sisihkan 5% dari Total Waktu untuk Periksa Kembali Jawaban.

Periksa kembali seluruh jawabanmu mulai dari kolom identitas, nomor ujian, dan jawaban. Jangan terpengaruh oleh teman yang sudah lebih dahulu keluar. Pastikan lembar jawaban anda bersih, tidak ada bekas coretan dan serbuk penghapus yang tertinggal.

8. Tutuplah dengan Do'a

Ucapkan rasa terima kasih karena sudah membimbing anda selama proses ujian.

Nah, itulah tips lulus Ujian Nasional secara non teknis. Semoga artikel kali ini bisa memberikan pencerahan tentang bagaimana cara kamu mempersiapkan diri menjelang Ujian Nasional. Sehingga ujian kamu berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan. Semoga klaian lulus ya. Selamat belajar.
Quipper Video

Bagikan Artikel ini:

Komentar Anda

Copyright © 2015-2017. wirahadie.com - All Rights Reserved