wirahadie.com

Cara Mudah untuk Mengetahui Kekuatan Gaya Magnet

Cara Mudah untuk Mengetahui Kekuatan Gaya Magnet

Magnet merupakan benda yang bisa menarik bahan yang terbuat dari besi, baja, nikel, logam, tembaga, dan lain-lain. Magnet memiliki dua kutub yaitu, kutub utara (U), dan kutub selatan (S). Pernahkah Anda berpikir bagaimana cara mengetahui kekuatan gaya magnet atau medan magnet? Memang ada alat khusus yang digunakan untuk mengetahui kekuatan gaya magnet tersebut yaitu, Teslameter. Tapi, kali ini Saya tidak akan menjelaskan Anda tentang cara mengetahui kekuatan medan atau gaya magnet menggunakan Teslameter. Karena alat ini sangat jarang ditemukan kecuali ditempat-tempat tertentu, seperti di laboratorium sekolah.
Mengetahui Kekuatan Magnet

Nah, pada kesempatan kali ini kami mencoba berbagi kepada pembaca tentang cara mudah dan sederhana untuk mengetahui kekuatan gaya atau medan magnet dengan cara yang sangat sederhana, Anda tidak perlu membutuhkan alat apapun untuk mengetahuinya, cukup menerapkan eksperimen sederhana ini Anda pasti bisa melakukannya.

Alat dan bahan yang Anda siapkan dalam eksperimen sederhana ini agar bisa membuktikan bahwa setiap sisi magnet memiliki kekuatan yang sangat berbeda. Misalnya bagian tengan dan samping atau ujung kutub akan memiliki kekuatan yang sangat berbeda. Apa yang menyebabkan ini bisa terjadi demikian? Dengan ekperimen sederhana ini akan menjawab semua pertanyaan Anda, mulai dari cara mengetahui kekuatan gaya magnet, dan mengetahui gaya magnet yang dimiliki disetiap sisi magnet tersebut, mulai dari pusat atau tengah sampai di ujung kutub.

Berikut alat dan bahan yang dibutuhkan untuk mengetahui cara mudah dan sederhana untuk mengetahui kekuatan gaya magnet
  • Siapkan magnet yang berbentuk batang atau bentuk magnet yang lain,
  • Penjepit kertas atau klip, atau bisa Anda menggunakan paku ukuran kecil.
Mengetahui Kekuatan Magnet

Langkah yang harus dilakukan untuk mengetahui kekuatan magnet

  • Susunlah klip atau penjepit kertas pada bagian tengah magnet
  • Susun juga magnet pada ujungnya. Dan lihat perbedaan jumlah klip atau penjepit kertas yang menempel.
  • Jika kamu melakukannya dengan benar maka akan terbentuk seperti gambar di bawah ini! Pada ujung magnet memiliki gaya tarik magnet yang lebih kuat.

Mengetahui Kekuatan Magnet
  • Kenapa terjadi demikian? Karena pada bagian ujung magnet memiliki garis gaya magnet yang lebih rapat bila dibandingkan dengan pada posisi bagian tengah. Sesuai dengan bentuk dari garis khayal pada magnet tersebut, seperti pada gambar di bawah ini!

Garis Gaya Magnet
  • Apa yang dimaksud dengan garis khayal? Garis yang menunjukkan kekuatan pada magnet. Namun, tidak bisa diamati secara langsung atau hanya khayalan sehingga disebut dengan garis khayal.

  • Bagaimana cara mengetahui garis khayal pada magnet? Kita bisa melakukan percobaan sederhana dengan menggunakan selembar kertas dan serbuk besi. Dengan menaburkan serbuk besi pada selembar kertas dan menaburkan serbuk besi pada bagian permukaan kertas. Dan meletakkan magnet di bagian bawah kertas. Sehingga garis khayal ini akan bisa nampak seperti pada gambar di bawah ini!
Garis Khayal Magnet

 Tonton versi videonya klik di sini>>

Kesimpulan :

Gaya magnet pada ujung kutub magnet lebih kuat bila dibandingkan pada bagian tengah. Ini disebabkan karena garis gaya magnet pada ujung kutub magnet memiliki garis gaya magnet yang lebih rapat bila dibandingkan bagian magnet yang di tengah.

Itulah percobaan sederhana tentang cara mengetahui kekuatan gaya magnet. Semoga penjelasan singkat bisa kalian pahami dan bisa menambah pengetahuan kalian tentang IPA khususnya materi tentag magnet.
Quipper Video

Bagikan Artikel ini:

Komentar Anda

Copyright © 2015-2017. wirahadie.com - All Rights Reserved