wirahadie.com

Cara Membuat Miniatur Planet dengan Kertas Bekas “Paper Mache”

Cara Membuat Miniatur Planet dengan Kertas Bekas “Paper Mache”

Cara Membuat Miniatur Planet dengan Kertas Bekas | Kertas bekas banyak kita temukan di lingkungan sekitar, daripada hanya jadi sampah yang tidak berguna. Alangkah baiknya kita jadikan sebagai barang yang bermanfaat, dengan membuat karya seni yang memiliki nilai jual. Asalkan kita punya kemauan untuk mengembangkan kreatifitas kita. Kertas bekas yang sudah tidak berguna bisa kita sulap menjadi barang yang berharga penuh dengan nilai seni yang lebih memberikan manfaat. Salah satunya yaitu membuat miniatur planet dengan menggunakan kertas koran bekas, teknik yang bisa kita gunakan untuk membuat karya seni dengan memanfaatkan kertas bekas ini adalah dengan teknik paper mache. Apa itu paper mache?  
Paper mache adalah teknik membuat karya seni dengan menggunakan kertas, dengan membuatkan polanya terlebih dahulu, sesuai keinginan kita. Misalnya jika membuat miniatur planet hanya menggunakan balon sebagai kerangkanya.

Jika anda berminat untuk membuat karya seni dengan memanfaatkan kertas bekas dengan teknik paper mache, silahkan anda simak penjelasan berikut :

Sebelum memulai, langkah pertama yang harus kita siapkan adalah, menyiapkan alat dan bahan.

Alat dan bahan yang digunakan dalam membuat paper mache ini adalah :


Cara Membuat Miniatur Planet
1. Kertas koran bekas, atau bisa menggunakan kertas apa saja yang penting kertas
2. Lem kayu, atau lem rajawali yang sering digunakan oleh tukang meubel untuk membuat furnitur
3. Air secukupnya
4. Balon
5. Cat air untuk mewarnai, lengkap dengan kuas dan wadah tempat meletakkan cat sebelum dicampurkan

Langkar kerja pembuatan paper mache :

1.  Siapkan kertas terlebih dahulu,
2. Robeklah kertas berbentuk memanjang,, menggunakan tangan secara manual, jangan menggunakan gunting. Tujuannya agar sobekan ketas tidak beraturan dan ada serabut bekas sobekan di setiap sobekan, ini yang memperkuat daya rekat kertas saat pengeleman.

Cara Membuat Miniatur Planet

3. Campurkan lem kayu (rajawali) dengan air secukupnya. Dengan perbandingan 1 : 2 atau 1 : 3. Misalnya lemnya 1 terus airnya 2 atau 3 gelas (jika anda menggunakan gelas sebagai alat takaran).

Cara Membuat Miniatur Planet

4. Tiuplan balon sesuai bentuk bola planet yang akan dibuat, jangan lupa diikat agar tidak mengempes saat pembuatan. Usahan balon diperiksa terlebih dahulu agar tidak bocor, jika balon dalam keadaan bocor sebaiknya jangan anda gunakan. Karena akan merusak dari minitaur yang akan anda buat nantinya.

Cara Membuat Miniatur Planet

5. Jika sudah siap semuanya. Celupkan permukaan kertas ke dalam campuran air dengan lem.
6. Kemudian, tempelkan di permukaan balon satu per satu hingga merata.

Cara Membuat Miniatur Planet

7. Susunlah denga teratur agar bola planet yang akan anda buat terlihat rapi dan menarik.
8. Dalam menempel kertas yang perlu diperhatikan adalah, bagaimana menempel kertas agar setiap permukaan tertutupi secara merata.
9. Susun kertas secara menyilang, misalnya lapisan pertama disusun horizontal, untuk susunan yang kedua disusun sebaliknya, yaitu secara vertikal. Begitu selanjutnya. Tujuannya agar daya rekat kertas semakin bagus dan erat.
10. Tempel kertas hingga tertutup rata dan terasa lapisannya menebal, minimal 5 lapisan atau lebih agar lebih kuat dan awet.

Cara Membuat Miniatur Planet

11.  Jika semuanya sudah tertutupi, jemurlah di bawah sinar matahari hingga kering.
12.  Kalau sudah kering, lanjutkan ke pengecatan dengan cat air.
13. Sebelum melakukan pengecatan, lukislah terlebih dahulu pola yang akan digambar, misalnya anda mau membuat bumi, buatlah pulau-pulau dan benua secara detail agar terlihat realistis. Gunakan pensil terlebih dahulu agar hasilnya bagus.

Cara Membuat Miniatur Planet

14. Langkah selanjutnya adalah, membuatkan media tempel jika dijadikan sebagai poster 3D, dan dipasang berdiri jika menggunakan stiroform.
  • Jika dijadikan sebagai poster 3D, gunakan kertas karton/kardus bekas yang dilapisi dengan kertas manila. Untuk pemilihan kertas manila bisa menggunakan kertas warna biru atau warna hitam. Warna biru memberi kesan warna langit pada pagi hari, sedangkan warna hitam menggambarkan langit pada malam hari. Untuk cara menempel planet di kertas karton, gunakan benang agar melekat erat. Jika anda menggunakan lem untuk menempel, sepertinya agak susah karena bentuknya yang bulat dan susah menempel dengan erat, sebaiknya anda menggunakan benang. Berikut hasilnya jika ditempel menyerupai poster 3D!
Miniatur Planet

  • Jika anda menggunakan stiroform dan dipasang berdiri. Cara pembuatannya, planet dipasangkan kayu rautan dari bambu, kemudian planet ditusuk dan dipasang berdiri atau menancap di stiroform. Pada saat memasang kayu di stiroform agar kayu melekat erat karena tekstur dari striform yang lunak, tidak terlalu kuat menahan berat. Gunakan lem bakar/glue gun, saat memasang kayu ke stiroform. Sehingga hasil akhirnya akan seperti ini!
Miniatur Planet
15. Jika semuanya sudah selesai, maka hasil karyamu sudah siap dipajang atau diperkenalkan ke teman-teman kamu. Jangan lupa berbagi pengetahuan bersama teman-teman kamu ya agar ilmu yang kamu dapatkan bisa bermanfaat buat orang lain.
16. Selamat mencoba.
Lihat versi videonya di sini  Cara membuat miniatur planet dengan kertas bekas
Nah, itulah tahapan cara membuat miniatur planet dengan teknik paper mache, yaitu memanfaatkan kertas bekas yang sudah tidak digunakan lagi. Semoga artikel yang kami bagikan bisa bermanfaat untuk anda.
Quipper Video

Bagikan Artikel ini:

Komentar Anda

Copyright © 2015-2017. wirahadie.com - All Rights Reserved