wirahadie.com

Perbedaan Quipper dengan Zenius

Perbedaan Quipper dengan Zenius

Lagi bingung nih mikirin dua bimbel online yang sedang tren di Indonesia? Mau ikut Quipper apa Zenius sih? Mungkin itu pertanyaan yang selalu membayangi kamu saat ini. Atau mungkin kalian lagi butuh informasi tentang kedua startup belajar online tersebut sebagai bahan perbandingan sebelum memilih salah satunya.

Kedua startup ini memfasilitasi kamu yang ingin belajar online untuk mempersiapkan diri untuk lulus ujian nasional dan pastinya bisa masuk ke Perguruan Tinggi atau Universitas yang kalian impikan. Memang kedua startup ini mungkin sudah familiar di telinga kamu, entah kalian dapat informasinya dari teman ataukah kalian pernah lihat iklannya di TV.


perbedaan-quipper-dengan-zenius
 Quipper vs Zenius

Oke deh, gak usah hawatir mau ikut Quipper atau Zenius? Itu pilihan kamu. Jika kamu masih bingung memilih dua bimbel online antara Quipper dan Zenius. Berikut ini kami akan mencoba memberikan gambaran tentang Quipper dan Zenius. Perlu anda ketahui bahwa, kedua startup ini sama-sama menyajikan konten belajar online melalui video yang berbayar. Mari kita ulas sedikit agar bisa memberikan pencerahan buat kamu yang sedang bingung memilihnya.
(!) Ulasan pada artikel ini hanya sekadar memberikan informasi buat kamu yang belum tahu apa itu Quipper dan Zenius. Perbandingan yang kami buat di sini sebagai bahan referensi dan bukan untuk menilai mana yang terbaik dan lebih baik dari kedua startup tersebut.

Berikut perbedaan antara Quipper dengan Zenius

1. Asal kedua startup tersebut

  • Quipper, berasal dari London dan didirikan sejak tahun 2010, dan mulai masuk ke Indonesia sejak 2014. Bisa dibilang baru di Indonesia .
  • Zenius, berasal dari Indonesia dan didirikan sejak tahun 2007. Bisa dibilang lumayan sudah lama berdiri, jadi tidak heran kalau orang lebih dulu mengenal Zenius ketimbang Quipper.

2. Dari segi tampilan website

  • Quipper : Tampilan websitenya terlihat menarik, yang didominasi dengan warna biru muda atau biru turkis yang menjadi ciri khasnya. Dan sesuai dengan target pasar mereka, yaitu anak-anak siswa sekolah yang mayoritasnya anak muda. Situs utama: https://quipper.com situs untuk mengakses Quipper Video : https://video.quipper.com
  • Zenius : Tampilan websitenya standar dengan warna dominan hitam putih. Situs https://zenius.net

3. Dari segi konten yang disajikan

  • Quipper : Konten di Quipper masih terbatas yang tersedia hanya untuk siswa SMP dan SMA, karena mungkin mereka baru hadir di Indonesia sehingga  masih dalam tahap pengembangan, mungkin ke depannya sudah tersedia materi untuk semua jenjang. Materi pelajaran dan soal latihan disajikan secara gratis di Quipper School, yang berbayar hanya Quipper Video. Quipper Video merupakan produk dari Quipper yang menyajikan materi belajar menggunakan video online.
  • Zenius : Dari segi konten sudah lengkap dari jenjang SD, SMP, dan SMA. Sama dengan Quipper, Zenius juga mempunyai konten gratis dan berbayar, yang gratis konten videonya sangat terbatas bila dibandingkan dengan yang berbayar.

4.    Dari segi tampilan video

  • Quipper : Video yang disajikan berupa tampilan seorang guru yang mengajar di depan kelas, sehingga suasana kelas terasa lebih hidup, layaknya kelas beneran. Untuk melihat kegiatan belajar atau konten video dari Quipper bisa anda lihat di Quipper Video-Demo-Fisika-Dinamika Rotasi
  • Zenius : Tampilan video saat mengajar berupa video penjelasan dengan menulis di papan digital, dengan audio yang sangat jelas. Penyampaian materi lebih mengedepankan pemahaman konsep. Untuk contoh konten belajar dari zenius bisa anda lihat di sini Zenius-Identitas Trigonometri

5.    Dari segi popularitas

  • Dari segi popularitas, kedua startup belajar online ini sama-sama populer baik Quipper maupun Zenius. Kalau dilihat tren sekarang memang Quipper lebih unggul dari Zenius. Ini dikarenakan Quipper menerapkan strategi marketing yang sangat efektif karena mereka langsung memperkenalkan Quipper ke sekolah-sekolah dan mengajak guru untuk menggunakan Quipper dalam kegiatan belajar. Selain itu juga Quipper berani mengeluarkan budget yang cukup besar untuk kebutuhan promosi. 
Seperti ada beberapa iklan mereka yang muncul di TV dan iklan online mereka juga banyak yang muncul di google ads. Dan mereka sangat berani membayar bintang iklan untuk kebutuhan promosi. Seperti yang kita lihat sekarang ini iklan mereka dibintangi oleh salah satu artis terkenal yaitu Maudi Ayunda. Untuk melihat nama artis yang menjadi bintang iklan Quipper Video bisa anda lihat di Nama Artis Bintang Iklan Quipper Video
  • Zenius juga tidak kalah populer dengan Quipper, malah lebih dulu terkenal ketimbang Quipper. Karena mereka lebih dulu hadir sebagai bimbel online terbaik di Indonesia sejak tahun 2007 yang didirikan oleh Medy Suharta dan Sabda PS. Dan mereka juga sudah memiliki partner yang menyebar di seluruh Indonesia untuk marketing produk digital dari Zenius dan mempermudah bagi siswa untuk membeli dan menggunakan produk dari Zenius. Zenius bisa digunakan sebagai media belajar online maupun offline karena video materi belajar Zenius ada yang dalam bentuk VCD. 

6. Dari segi harga paket berlangganan

  • Quipper mematok harga yang lumayan mahal yaitu seharga Rp 790.000/tahun pelajaran. Dulu, saat pertama kali lauching produk Quipper Video pada akhir tahun 2015, harga yang ditawarkan sangat terjangkau yaitu seharga Rp 380.000/6 bulan. Namun, paket ini sudah tidak tersedia lagi. Mungkin seiring dengan popularitas mereka di Indonesia sehingga mereka menaikkan harga yang begitu signifikan.
Harga Quipper Video
Harga Paket Bimbel Quipper
  • Zenius harga lebih murah dari Quipper dan sangat terjangkau bagi kalian yang memiliki budget terbatas. Harga Pembelian paket belajar di Zenius menggunakan voucher. Jadi, anda akan membeli paket voucher sesuai kebutuhan. Kamu bisa memilih paket yang kamu inginkan karena pilihan paket belajar yang ditawarkan Zenius sangat beragam mulai dari harga untuk 1 bulan hingga 12 bulan atau 1 tahun. Untuk harga paket belajar Zenius bisa kamu lihat tabel di bawah ini!
Harga Paket Bimbel Zenius

    7.  Kekurangan dan kelebihan

    a. Quipper

    • Kekurangan : 
    1. Materi yang tersedia hanya terbatas, untuk SMP, SMA dan materi SBMPTN (untuk saat ini)
    2. Dari segi konten video,  terkadang tulisan di papan tulis kurang jelas terbaca saat penjelasan yang ditulis dengan ukuran kecil dan dengan materi sangat banyak, seperti saat penulisan materi Matematika, karena pengambilan gambar video hanya menggunakan satu kamera saja. Tapi, materi yang dijelaskan di dalam video sudah disiapkan dalam bentuk file PDF yang bisa didownload. Kualitas audio terkadang ada video  yang suaranya tidak terlalu besar, dan untuk memaksimalkan suara dari tutor yang menjelaskan harus menggunakan headshet atau headphone, agar audio terdengar lebih jelas.
    3. Harga paket berlangganan sangat mahal bila dibandingkan dengan paket yang ditawarkan oleh Zenius.
    4. Video pembelajaran hanya bisa diakses secara online dan tidak bisa secara offline. Karena video yang disajikan tidak bisa untuk didownload.
    • Kelebihan :
    1. Materi disesuaikan dengan kurikulum yang berkembang di Indonesia.
    2. Video yang disajikan lebih interaktif karena siswa bisa melihat guru mengajar layaknya kelas beneran. Berikut Nama-Nama Tutor di Quipper Video
    3. Konten soal yang disajikan sangat menarik seperti bermain game, sehingga tidak membosankan. Dan saat menjawab soal menggunakan sistem poin, poin ini bisa dikumpulkan dan digunakan untuk mengganti background dari akun kalian di Quipper. 
    4. Sering mengadakan kompetisi antar sekolah tiap tahun, dalam program Quipper Video Challenge, Quipper tak tanggung-tanggung memberikan hadiah puluhan juta rupiah untuk para pemenang, dan bahkan untuk tahun ini mereka sudah membuka kompetisi Quipper Video Challenge untuk tahun 2017 dengan total hadiah ratusan juta rupiah. Untuk melihat para pememang dan total hadiah dari Quipper Video bisa anda lihat di Pengumuman Pemenang Quipper Video Challenge 2016. 
    Untuk lebih jelasnya tentang kekurangan dan kelebihan Quipper Video silahkan anda membaca artikel: Kelebihan dan Kekuranagn Quipper Video

    b. Zenius

    • Kekurangan :
    1. Website masih tampilan standar dengan warna dominan hitam putih.
    2. Video yang disajikan masih berupa video penjelasan dengan menggunakan papan digital, sehingga interaksi antara siswa dengan guru kurang, karena tutor yang mengajar tidak terlihat.
    3. Jarang mengadakan kompetisi untuk para pengguna Zenius.
    • Kelebihan :
    1. Materi disesuaikan dengan kurikulum yang berkembang di Indonesia.
    2. Materi yang disajikan sangat lengkap mulai dari jenjang SD, SMP, SMA dan materi SBMPTN.
    3. Materi video terlihat sangat jelas, karena menggunakan papan digital, sehingga tulisan pada materi pelajaran yang disampaikan bisa terbaca dengan baik. Kualitas audio atau suara narator yang menjelaskan materi terdengar sangat jelas dan menarik untuk disimak, tidak membosankan, dan mudah dipahami.
    4. Harga yang ditawarkan sangat terjangkau bagi siswa yang memiliki dana atau budget yang terbatas. Sangat cocok bagi kamu yang ingin mendapatkan pembelajar berkualitas namun memiliki budget terbatas.  Meskipun harga paket berlangganan yang ditawarkan oleh Zenius lebih murah bukan berarti kualitas pembelajaran yang disajikan kalah dengan Quipper.

       Kesimpulan :

      Perbedaan yang paling menonjol dari kedua startup belajar online ini adalah dari segi harga dan konten video yang disajikan. Jika Quipper menyajikan kegiatan belajar seperti kelas pada umumnya sedangkan Zenius hanya menyajikan pembelajaran menggunakan video penjelasan menggunakan papan digital. Apakah anda ingin belajar seperti layaknya di kelas ataukah hanya belajar dari papan digital? Sekarang anda bisa memilih sesuai budget atau dana dan kebutuhan anda. Jika anda miliki dana terbatas pakailah Zenius dan jika anda menginginkan belajar yang lebih interaktif gunakan Quipper Video. Kalau masalah kualitas saya rasa keduanya memberikan kualitas yang baik tidak perlu diragukan lagi. Karena tutor dari Quipper dan Zenius sama-sama kompeten. Mereka menyeleksi tutor dengan ketat.
      Jika Anda masih belum puas dengan informasi perbedaan dari Quipper dengan Zenius yang kami sajikan ini, Anda bisa membaca  Review Quipper vs Zenius untuk mendapatkan tambahan informasi  atau testimoni langsung dari para pengguna baik Quipper maupun Zenius.

      Artikel terkait: Review Quipper vs Zenius

      Itulah sedikit informasi yang dapat kami sampaikan tentang perbedaan antara Quipper dengan Zenius. Informasi yang kami sajikan berdasarkan pengamatan kami. Informasi ini akan kami perbaharui/update berdasarkan informasi baru yang kami dapatkan.

      Artikel yang kami buat bukan maksud untuk memberikan penilaian mana yang terbaik antara kedua startup tersebut. Untuk masalah penilaian kami serahkan kepada pembaca, apakah anda akan memilih Quipper atau Zenius? Ataukah ingin menggunakan keduanya sebagai bahan perbandingan? Silahkan dicoba.

      Terima kasih sudah membaca artikel kami, selamat belajar. Semoga anda sukses untuk meraih impian dan cita-cita anda.

      Bagikan Artikel ini:

      Komentar Anda

      Terima kasih telah berkunjung di situs kami www.wirahadie.com, semoga artikel yang kami sajikan memberikan manfaat untuk anda.

      Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan tuliskan di kolom komentar.

      Terima kasih atas perhatiannya.

      Copyright © 2015-2017. wirahadie.com - All Rights Reserved