wirahadie.com

Urutan Peringkat Perguruan Tinggi di NTB Skala Regional dan Nasional

Urutan Peringkat Perguruan Tinggi di NTB Skala Regional dan Nasional

Peringkat perguruan tinggi bidang umum di provinsi Nusa Tenggara Barat skala regional dan nasional

Perguruan Tinggi merupakan lembaga pendidikan yang paling berperan untuk menentukan masa depan mahasiswa. Masuk di Perguruan Tinggi atau Universitas favorit merupakan dambaan bagi calon mahasiswa, agar mampu meraih impian demi menuju gerbang kesuksesan. Tak ayal banyak para mahasiswa berlomba-lomba untuk masuk di Perguruan Tinggi nomor wahit yang berkelas dan kompeten demi tercapainya impian dan cita-cita mereka.

Justru sebaliknya masuk di Perguruan Tinggi yang tidak jelas statusnya, tentu mutu dan kualitas dari Perguruan Tinggi tersebut patut untuk dipertanyakan. Dan membuat masa depan kalian akan terpuruk pada jurang kegagalan alias menjadi sarjana pengangguran.

Bagi kalian yang berdomisili di wilayah provinsi Nusa Tenggara Barat dan sedang mencari Perguruan Tinggi yang berbobot dan ingin mengetahui peringkat dari Perguruan Tinggi tersebut baik skala regional maupun nasional, berikut kami berikan data yang sudah dikeluarkan  oleh Kementerian Riset Teknologi Dan Pendidikan Tinggi, melalui situs resminya ristekdikti.go.id berdasarkan peringkatnya.

Peringkat perguruan tinggi bidang umum di NTB

1. Universitas Mataram (UNRAM)

Universitas Mataram masih terdepan sebagai universitas yang paling berkualitas di NTB, tak heran Universitas Mataram menjadi primadona bagi kalangan mahasiswa. Universitas Mataram saat ini menduduki peringkat satu kampus terbaik di NTB dari segi kualitasnya, sedangkan peringkat nasional berada diurutan ke-36.

2. Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Muhammadiyah Bima

Sekolah Tinggi di bidang ilmu hukum yang ada di Bima ini menduduki peringkat kedua se-NTB dari segi bobot dan kualitasnya, sedangkan untuk urutan nasional berada di peringkat ke-156.

3. Akademi Pariwisata Mataram

Selanjutnya di peringkat ketiga skala regional adalah Akademi Pariwisata Mataram, sedangkat untuk urutan skala nasional berada di posisi ke-423.

4. STKIP Hamzanwadi

STKIP Hamzanwadi Selong saat ini mulai menjadi barometer NTB, menjadi kampus yang makin dilirik oleh para mahasiswa karena prestasi-prestasi yang semakin menonjol. Dengan prestasi-prestasi yang sudah ditorehkan sehingga STKIP Hamzanwadi masuk di peringkat ke-4 skala regional dan berada di peringkat ke-437 untuk skala nasional.

5. Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik (STISIP) Mbojo Bima

Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik (STISIP) yang berada di Bima ini masuk sebagai peringkat kelima terbaik untuk skala regional untuk wilayah provinsi NTB, dan berada pada urutan ke-473 untuk skala nasional.

6. Universitas Widya Mataram

Universitas Widya Mataram masuk diurutan ke-6 untuk skala regional dan berada di peringkat ke-502 untuk skala nasional.

7. STIKES Qamarul Huda

STIKES Qamarul Huda yang berada di Bagu kabupaten Lombok Tengah ini masuk diurutan ketujuh untuk skala nasional dan berada di posisi 646 untuk skala nasional.
Alamat : Jln.Turmuzi Badrudin, Praya, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

8. Akademi Sekretari dan Manajemen (ASM) Mataram

Akademi menajemen perkantoran ASM Mataram masuk diurutan kedelapan untuk skala regional, dan berada di posisi 693 pada skala nasional.

9. Universitas Islam Al-Azhar Mataram

Universitas Islam Al-Azhar Mataram masuk pada urutan kesembilan untuk skala regional NTB, sedangkan untuk urutan skala nasional berada di posisi ke-719.

10. Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIKOM) Mataram

AMIKOM Mataram masuk diurutan kesepuluh pada sakala regional dan berada di posisi 816 untuk skala nasional.

Baca juga : Daftar 10 Kampus Terbaik Indonesia

Untuk lebih jelas dan lengkapnya bisa dilihat pada tabel di bawah ini!

(!) Mohon maaf data pada screenshoot di bawah ini belum sempat kami perbaiki
peringkat universitas di NTB
 
Selengkapnya bisa dilihat di http://ristekdikti.go.id

Bagikan Artikel ini:

Komentar Anda

1 komentar:

Yth. Owner / Blogger

Mohon kiranya, berita di atas bisa diralat.
mengingat hal-hal berikut ini :
1) Jika mengacu pada perangkingan dari Menristekdikti, sebagaimana terlihat pada : http://ristekdikti.go.id/.../2016/02/klasifikasi20151.pdf.
yang juga Bapak/Saudara pakai sebagai refernsi dalam berita ini
: "Peringkat perguruan tinggi bidang umum di provinsi Nusa Tenggara Barat skala regional dan nasional"

maka :
SEKOLAH TINGGI ILMU SOSIAL DAN POLITIK (STISIP) MBOJO BIMA (kode Kampus : 83015) yang menempati posisi peringkat Nasional ke- 473.
Seharusnya berada pada peringkat ke 5 (LIMA) untuk posisi di Propinsis NTB. Di atas Universitas Widya Mataram yang hanya berada pada peringkat 502.
...
2) Bahkan, jika perangkingan didasarkan pada STATUS AKREDITASI. sebagaimana tertuang dalam ketetapan BAN-PT tahun 2016 (http://www.ban-pt-universitas.com/.../peringkat...) Posisi STISIP MBOJO BIMA merupakan salah satu dari hanya EMPAT perguruan tinggi di NTB yang memperoleh akreditasi B untuk INSTITUSINYA (bedakan dengan status akreditasi yang hanya untuk JURUSAN/PROGRAM studinya saja).

Demikian koreksi dari kami. mhon dapat diterima. Terima kasih banyak

Hormat Saya

Hadi Santoso, ST, MM
(Dosen STISIP Mbojo Bima // NIDN : 0812047804)

Terima kasih telah berkunjung di situs kami www.wirahadie.com, semoga artikel yang kami sajikan memberikan manfaat untuk anda.

Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan tuliskan di kolom komentar.

Terima kasih atas perhatiannya.

Copyright © 2015-2017. wirahadie.com - All Rights Reserved