wirahadie.com

Cara Membuat Barcode dengan QR Code Generator

Cara Membuat Barcode dengan QR Code Generator

Cara Membuat Barcode | Barcode merupakan bentuk kode batang yang mampu mempermudah pekerjaan manusia dalam pengklasifikasian barang atau untuk menyimpan data spesifikasi suatu barang.Perkembangan dunia teknologi dan informasi dewasa kian menghadirkan berbagai inovasi dalam penggunaan QR Code. Awalnya kode QR digunakan untuk pelacakan kendaraan, namun kini kode QR digunakan dalam konteks yang lebih luas.

Apa Fungsi dari Barcode?

Dengan adanya QR Code kita bisa menyimpan data kontak, dan dimanfaatkan sebagai alat untuk mempermudah penginventarisir barang-barang yang jumlahnya banyak. Sehingga akan mempermudah dalam pengontrolan kondisi dan ketersedian barang tersebut. Contohnya pegawai perpustakaan, QR Code dapat dimanfaatkan untuk mengklasifikasikan buku untuk mempermudah pengontrolan kondisi barang tersebut. Dan bisa juga dimanfaatkan untuk kegiatan pembelajaran di sekolah. Tergantung kreatifitas kita bagaimana memanfaatkan QR Code ini untuk berbagai keperluan. Kemudian kode tersebut bisa dipindai/scan dengan menggunakan smartphone yang menyediakan fasilitas pemindai QR Code.

 Apasih Barcode Itu?

Berikut kutipan penjelasan tentang Barcode dan QR Code dari situs Wikipedia.org 
Kode QR atau biasa dikenal dengan istilah QR Code adalah bentuk evolusi kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi. Penggunaan kode QR sudah sangat lazim di Jepang Hal ini dikarenakan kemampuannya menyimpan data yang lebih besar dari pada kode batang sehingga mampu mengkodekan informasi dalam bahasa Jepang sebab dapat menampung huruf kanji. Kode QR telah mendapatkan standardisasi internasional dan standardisasi dari Jepang berupa ISO/IEC18004 dan JIS-X-0510 dan telah digunakan secara luas melalui ponsel di Jepang.

Sejarah Terbentuknya Barcode 

Awalnya kode QR digunakan untuk pelacakan kendaraan bagian di manufaktur, namun kini kode QR digunakan dalam konteks yang lebih luas, termasuk aplikasi komersial dan kemudahan pelacakan aplikasi berorientasi yang ditujukan untuk pengguna telepon selular. Di Jepang, penggunaan kode QR sangat populer, hampir semua jenis ponsel di Jepang bisa membaca kode QR sebab sebagian besar pengusaha di sana telah memilih kode QR sebagai alat tambahan dalam program promosi produknya, baik yang bergerak dalam perdagangan maupun dalam bidang jasa. Pada umumnya kode QR digunakan untuk menanamkan informasi alamat situs suatu perusahaan. Di Indonesia, kode QR pertama kali diperkenalkan oleh KOMPAS. Dengan adanya kode QR pada koran harian di Indonesia ini, pembaca mampu mengakses berita melalui ponselnya bahkan bisa memberi masukan atau opini ke reporter atau editor surat kabar tersebut.

Cara Membuat Barcode dengan QR Code Generator

Pada Tutorial Membuat Barcode ini kita menggunakan situs online dari http://www.barcode-generator.org/

2. Pilih menu "Text"
3. Kemudian ketik tulisan yang ingin dijadikan barcode pada kolom "Plain Text"
4. Kemudian pilih "Create QR Code"
Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini!

Cara Membuat Barcode

5. Kemudian klik download pada bagian samping halaman.

Cara Membuat Barcode

6. Maka hasilnya akan seperti di bawah ini!

 Selain situs di atas anda juga bisa mengunjungi situs berikut untuk membuat QR Code :

  • https://www.the-qrcode-generator.com
  • http://goqr.me
  • http://qrcode.kaywa.com
  • http://www.qr-code-generator.com
Sekian dulu tutorial tentang cara membuat barcode dengan aplikasi QR Code. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang sedang mencari informasi tentang Cara Membuat Barcode dengan QR Code.
Quipper Video

Bagikan Artikel ini:

Komentar Anda

Copyright © 2015-2017. wirahadie.com - All Rights Reserved