wirahadie.com

Jenis-Jenis Dinamo Tamiya yang Original

Jenis-Jenis Dinamo Tamiya yang Original

Dinamo tamiya banyak kita temukan pada mobil-mobilan mainan anak-anak. Fungsi dinamo tamiya pada mobil-mobilan adalah sebagai motor penggerak. Sehingga mobil mainan tersebut akan bisa berjalan layaknya mobil sungguhan. Dinamo merupakan salah satu bentuk penerapan dari konsep induksi elektromagnetik. Dimana komponen penyusun dari dinamo tamiya adalah terdisri dari susunan magnet dan lilitan kumparan atau kawat tembaga. Sehingga ketika kumparan pada struktur penyusun dinamo ini bergerak akan menghasilkan energi.

Dinamo Tamiya Original
Mesin pada dinamo tamiya original diperlukan untuk event kelas STO (Standart Original). Kecepatan mesin tamiya original ditentukan dari kecepatan putaran per menit / RPM dan torsi dari mesin tamiya original tersebut. Pabrikan tamiya mengeluarkan beberapa tipe mesin dinamo, sesuai keperluan.

Jenis-Jenis Dinamo Tamiya yang Original

  • Touch Dash
  • Torque Tuned Dangun
  • Torque Tuned
  • Atomic Tuned Dangun
  • Atomic Tuned
  • Rev Tuned
  • Rev Tuned Dangun
  • Light Dash
  • Hyper Dash 2
  • Hyper Dash 3
  • Power Dash
  • Mach Dash
  • Jet Dash
  • Sprint Dash
  • Ultra Dash
  • Plasma Dash

Spesifikasi Mesin Dinamo Tamiya Original

Beberapa spesifikasi teknis yang perlu diperhatikan adalah kecepatan putaran rotor mesin dan torsi mesin dinamo tamiya tersebut. Berikut beberapa tipe mesin atau dinamo tamiya original dengan sesifikasinya.

Dinamo tamiya bisa anda beli secara online di Tokopedia: Dinamo Tamiya 

Jenis-Jenis Dinamo Tamiya yang Original

1. Touch Dash

Touch Dash merupakan tipe mesin dinamo tamiya dengan spesifikasi kecepatan putaran mesin 11200 RPM – 15000 RPM dan memiliki torsi sebesar 1,5 – 2 mN-m. Tipe mesin touch dash ini dapat dipilih untuk event dengan rintangan yang cukup rumit dan harus menggunakan kecepatan mobil yang rendah.

2. Torque Tuned Dangun

Torque Tuned Dangun merupakan dinamo tamiya original yang memiliki kecepatan putaran 12000 – 13600 RPM dengan torsi 1,5 – 2 mN-m.  Tipe dinamo tamiya torque tuned memiliki tenaga atau torsi yang besar sehingga cocok untuk lintasan dengan banyak belokan atau lintasan dengan rintangan.

3. Torque Tuned

Pada tipe mesin tamiya tipe torque tuned ini memiliki kecepatan putaran mesin 12000 – 14300 RPM dengan torsi 1,5 – 2 mN-m. Perbedaan mesin torque tuned dengan torque tuned dangun adalah pada keceptapan putaran mesin maksimalnya yaitu 14300 RPM.

4. Atomic Tuned Dangun

Tipe motor atau dinamo tamiya original atomic tuned dangun adalah mesin yang cocok untuk event dengan kategori taktis. Mesin tamiya ori tipe atomic tuned dangun memiliki spesifikasi teknis kecepatan putaran mesin 13700 – 15700 RPM dengan torsi 1,3 – 1,8 mN-m. Kecepatan mesin ori tamiya atomic tuned ini sedang dan cukup untuk track yang membutuhkan mesin yang tidak terlalu laju di lintasan.

5. Atomic Tuned

Atomic tuned adalah mesin atau dinamo tamiya original yang karakternya hampir sama dengan tipe atomic tuned dangun. Kecepatan putaran mesin dinamo tamiya tipe atomic tuned adalah 13700 – 16200 RPM dengan torsi 1,3 1,8 mN-m. Sama dengan tipe atomic tuned dangun, para racer mini 4wd juga memilih dinamo tamiya tipe ini untuk lintasan taktis yang membutuhkan kecepatan sedang.

6. Rev Tuned

Rev tuned memiliki kecepatan putaran mesin tanpa beban 17400 RPM dan kecepatan putaran mesin dengan beban 14300 RPM. Torsi atau tenaga mesin tamiya ori tipe rev tuned adalah 1 – 1,3 mN-m. Mesin atau dinamo tamiya ori tipe rev tuned pada umumnya digunakan untuk lintasan taktis, dimana diperlukan mesin dengan kecepatan sedang.

7. Rev Tuned Dangun

Mesin dinamo tamiya rev tuned dangun memiliki kecepatan putaran mesin minimum 14300 RPM dan maksimum 17600 RPM. Kecepatan putaran mesin minimal adalah kecepatan mesin pada saat diberi beban, dan maksimum adalah saat mesin tanpa beban. Torsi atau tenaga mesin tamiya ori rev tuned dangun ini memiliki torsi 1 – 1,3 n\mN-m.

8. Light Dash

Light dash adalah mesin tamiya original yang memiliki spesifikasi kecepatan putaran mesin dari 14600 – 17800 RPM dengan torsi 1,3 mN-m. Nilai kecepatan 14600 RPM merupakan kecepatan maksimum dengan beban dan nilai 17800 adalah nilai kecepatan maksimum mesin dengan beban. Mesin tamiya tipe light dash termasuk mesin tamiya dengan kecepatan sedang, sehingga dapat kita gunakan untuk lintasan taktis.

9. Hyper Dash 2

Hyper dash 2 merupakan dinamo ori atau mesin tamiya original dengan yang memiliki karakteristik kecepatan putaran mesin tanpa beban 21200 RPM dan kecepatan maskimum mesin dengan beban 17200 RPM. Tenaga yang dimiliki mesin tamiya ori tipe hyper dash 2 ini adalah 1,3 – 1,7 mN-m. Mesin tamiya tipe hyper dash 2 ini termasuk mesin dengan kecepatan cukup tinggi.

10. Hyper Dash 3

Hyper Dash 3Mesin tamiya tipe hyper dash 3 ini memiliki karakteristik keceptan putaran mesin dengan beban 17200 RPM dan tanpa beban 21200 RPM dan torsi atau tanaga yang dimiliki mesin hyper dash 3 adalah 1,4 – 1,9 mN-m. Mesin tamiya tipe hyper dash 3 ini memiliki karakter yang mirip dengan tipe hyper dash 2.

11. Power Dash

Power dash merupakan dinamo tamiya yang memiliki karakter kecepatan mesin dengan beban sebesar 19900 RPM dan kecepatan mesin maksimal tanpa beban 23600 RPM dan memiliki torsi atau tenaga sebesar 1,5 – 2 mN-m. Mesin power dash termasuk mesin dengan kecepatan tinggi sehingga perlu diperhatikan stabilitas mobil mini4wd dengan lebih teliti.

12. Mach Dash

Tipe mach dash adalah mesin tamiya dengan kategori mesin berkecepatan tinggi. Mesin tamiya tipe mach dash ini memiliki karakteristik kecepatan maksimal dengan beban 20800 RPM dan kecepatan maksimum tanpa beban 23400 RPM dengan tenaga atau torsi yang dimiliki 1,3 – 1,8 mN-m.

14. Sprint Dash

Sprint dash merupakan mesin yang dibuat spesial untuk lintasan dengan banyak linatasn lurusnya dasri pada belokannya. Mesin tamiya original tipe sprint dash memiliki karakteristik mesin dengan kecepatan putaran maksimal dengan beban 20700 dan kecepatan maksimal tanpa beban 27200 RPM. Tenag yang dimiliki mesin tamiya ori tipe sprint dash adalah 1,3 – 1,8 mN-m.

15. Jet dash

Jet dash merupakan mesin tamiya yang sudah langka dan banyak diminati para racer STO karena memiliki karakterik berkecepatan tinggi. spesifikasi teknis mesin tamiya tipe jet dash yaitu berkecepatan maksimal dengan beban 23000 RPM dan kecepatan maksimal tanpa beban 27500 RPM dengan torsi atau tenaga yang dimiliki 1,4 – 1,9 mN-m. Mesin tamiya tipe jet dash merupakan tipe mesin dengan kecepatan tinggi, oleh karena itu perlu diperhatikan kestabilan mobil apabila menggunakan mesin jet dash.

16. Ultra Dash

Mesin tamiya ori tipe ultra dash memiliki karakteristik kecepatan putaran mesin dengan beban sebesar 24000 RPM dan kecepatan maksimal mesin tanp beban sebesar 27500 RPM dan memilik torsi atau tenaga sebesar 1,4 – 1,9 mN-m. Mesin atau dinamo tamiya ori tipe ultra dash merupakan mesin yang banyak diminati racer mini4wd kelas STO karena memiliki kecepatan yang tinggi.

17. Plasma Dash

Mesin atau dinamo tamiya tipe plasma dash merupakan mesin ori yang diproduksi tamiya dengan spesifikasi teknis paling tinggi. Karakteristik mesin tamiya tipe plasma dash memiliki kecepatan maksimal dengan beban sebesar 25000 RPM dan kecepatan mesin maksimal tanpa beban 2800 RPM, kemudian tenaga atau torsi yang dimiliki mesin ori tamiya tipe plasma dash adalah 1,4 – 1,9 mN-m.
Semakin laju kecepatan mesin maka semakin tinggi resiko keluar lintasan pada saat melewati rintangan. Oleh karena itu diperlukan pemilihan mesin yang sesuai dengan karakter mobil mini4wd dan lintasan yang digunakan. Untuk memilih mesin yang tepat adalah harus mengetahui kemampuan mobil dan rintangan lintasan balap dan mengetahui kemapuan lawan, sehingga kita bisa tepat memilih mesin tamiya original yang digunakan.
Itulah ulasan tentang jenis-jenis dinamo tamiya. Semoga bermanfaat untuk para penggemar mobil tamiya.


Referensi : mini4wd.web.id
Quipper Video

Bagikan Artikel ini:

Komentar Anda

Copyright © 2015-2017. wirahadie.com - All Rights Reserved