wirahadie.com

Acara Maulid di Ponpes Nahdlatus Shaufiah Wanasaba

Acara Maulid di Ponpes Nahdlatus Shaufiah Wanasaba

Peringatan maulid Nabi Muhmmad SAW yang dilaksanakan pada tahun 2016 tepatnya pada hari minggu tanggal 18 Desember tahun 2016 di ponpes Yayasan Nahdlatus Shaufiah desa Wanasaba. Maulid Nabi merupakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada tanggal 12 Rabiul awal pada kalender Hijriyah.

Menurut situs wikipedia.org:
Maulid Nabi Muhammad SAW kadang-kadang Maulid Nabi atau Maulud saja (bahasa Arab: مولد النبي‎, mawlid an-nabī), adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW, yang di Indonesia perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Kata maulid atau milad dalam bahasa Arab berarti hari lahir. Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad SAW wafat. Secara subtansi, peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad.
Maulid di Ponpes YNS
Kegiatan acara maulid YNS

Acara maulid di ponpes Yayasan Nahdlatus Shaufiah ini seperti biasanya diawali dengan acara hitananan massal dan cukuran massal bagi anak-anak. Kemudian sambutan penyelenggara dan para tokoh agama atau pemerintah terkait yang diundang. Dan selanjutnya acara pengajian maulid, setelah kegiatan penutup dengan do'a, seperti biasanya para tamu undangan disuguhkan sajian makanan khas masyarakat sekitar yang dibuat dan disajikan dalam sebuah wadah atau bahasa lokalnya adalah 'nare' (nare : tempat meletakkan sajian). Di dalam nare ini terdapat beraneka jenis makanan seperti opor ayam, sayur santan, sop, gulai ayam, gulai kambing, buah-buahan, dll.

Para tamu undangan dipersilahkan memilih tempat untuk menyantap makanan. Biasanya di setiap ruangan sudah dipenuhi dengan sajian makanan oleh para masyarakat sekitar yang dikontrol dan dikelola oleh masing-masing pengurus ranting.

Acara kegiatan maulid di ponpes Nahdlatus Shaufiah desa Wanasaba ini, sudah menjadi agenda tahunan. Acara perayaan maulid seperti ini biasanya diadakan saat acara puncak, sebelum acara puncak diadakan lomba dalam memperingati acara maulid tersebut. Lomba yang diadakan biasanya yang bernuansa islami, seperti lomba tahfiz tingkat anak-anak, lomba kasidah modern, lomba rabana kasidah, lomba pidato, dll.

Sedangkan setelah acara puncak biasanya diadakan lomba panjat pinang bagi anak laki-laki yang hobi memanjat. Panjat pinang ini paling disukai anak-anak dan sangat menarik untuk ditonton karena lomba panjat pinang begitu menarik.

Bagikan Artikel ini:

Komentar Anda

Terima kasih telah berkunjung di situs kami www.wirahadie.com, semoga artikel yang kami sajikan memberikan manfaat untuk anda.

Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan tuliskan di kolom komentar.

Terima kasih atas perhatiannya.

Copyright © 2015-2017. wirahadie.com - All Rights Reserved