wirahadie.com

Tips Menyusun Perencanaan di Tahun Baru

Tips Menyusun Perencanaan di Tahun Baru

Momen pergantian tahun baru merupakan peristiwa yang sangat dinanti-nanti oleh anak muda. Tapi sayangnya masih banyak anak muda yang menyalahgunakan moment istimewa ini untuk kegiatan-kegiatan hal yang sifatnya negatif dan tidak mendidik. Misalnya, ngumpul bersama teman mereka untuk pesta narkoba, mabuk-mabukan, kencan bersama pacar di tempa-tempat yang terlarang dan perilaku penyimpangan lainnya yang bersipat negatif.
Selamat Tahun Baru 2017

Anak muda yang berpendidikan seharusnya tidak perlu meniru tindakan-tindakan tersebut. Jangan hanya ingin dibilang sebagai anak gaul yang kekinian sehingga rela menghalalkan segala cara untuk merayakan tahun baru bersama pacar seperti, datang ke kafe, nginap di kos-kosan teman, atau nginap di hotel bersama pacar. Astagfirullahhalazim, mau dibawa kemana nasip bangsa ini jika mayoritas anak mudanya berperilaku seperti itu.


Agar tahun baru kalian lebih bermanfaat dan bermakna sebaiknya kamu gunakan untuk introspeksi diri tentang apa saja yang sudah kamu lakukan di tahun sebelumnya. Cara ini lebih baik dan elegan daripada hanya membuang waktu untuk melakukan tindakan yang tidak terpuji.

Berikut tips agar tahun baru kamu lebih bermanfaat dan bermakna

1. Ajak teman-teman kamu untuk melakukan tindakan yang positif

Lakukan hal positif untuk perayaan tahun baru misalnya, dengan menggelar acara yasinan bersama di rumah. Cara ini jauh lebih baik ketimbang hanya membuang-buang waktu untuk melakukan perilaku negatif.

2. Tulis kembali apa saja prestasi yang sudah kamu raih di tahun sebelumnya

Tulislah pada buku harian/diary kamu tentang prestasi apa yang sudah kamu raih pada tahun sebelumnya. Buatlah sejenis resume atau ringkasan dari kegiatan baik pengalaman dan prestasi yang sudah kamu raih. Misalnya kamu pernah ikut lomba dapat juara, atau Cuma masuk final, pengalaman tersebut juga bisa kamu tulis sebagai bahan acuan untuk meningkatkan prestasi di masa mendatang.

Membuat catatan prsetasi ini bertujuan sebagai bahan untuk introspeksi diri sejauhmana kiprah atau prestasi yang sudah kamu dapatkan. Tidak mesti tentang prestasi saja yang bisa kamu tulis, bisa saja kamu tulis pengalaman hidup yang paling berkesan, atau pernah mendapatkan masalah berat, jadi pengalaman positif dan negatif pun perlu anda tulis. Misalnya pernah diputusin sama paca,r dll.

3. Tulis rencana yang akan kamu raih menjelang tahun baru

Jika akamu sudah menulis pemetaan tentang catatan prestasi di masa lalu, saatnya untuk menulis rencana yang ingin kamu raih di tahun baru atau di masa mendatang. 

Buatlah rincian yang ingin kamu capai. Buat sebanyak mungkin dan tempelkan catatan tersebut di kamar atau mading pribadimu agar kamu tetap melihatnya agar kamu terus termotivasi untuk meraihnya kelak. Misalkan kamu ingin meraih juara kelas, menjuarai olimpiade, dsb.

4. Konsisten dengan rencana yang sudah kamu tulis

Mencobalah untuk tetap fokus dan konsisten terhadap tujuan tersebut dan melaksanakan semua resolusi atau rencana tersebut, agar apa yang kamu target tercapai dengan baik di masa mendatang.

Dalam menjalani target tersebut pasti kamu akan mendapatkan banyak tantangan dan cobaan, disinilah kamu harus tetap fokus dan konsisten terhadap tujuan tersebut. Jika tidak, kamu tidak akan mendapatkan hasil yang positif di masa mendatang.

5. Di akhir tahun silahkan lihat kembali sejauh mana rencana itu tercapai

Jika sudah berjalan satu tahun, lihat kembali catatan tersebut sejauh mana impian dan harapan yang sudah kamu tulis dan poin-poin mana yang sudah tercapai selama satu tahun berjalan. 

Hitunglah persentasenya kira-kira dari sekian banyak rencana, berapa persen yang sudah tercapai. Minimal harus ada yang teraih dan ada peningkatan dari tahun sebelumnya. Lakukan hal positif tersebut setiap kali berganti tahun agar kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik, dan tentunya akan berdampak pada kesuksesan kamu di masa mendatang.


Sekian dulu tips mempersiapkan rencana untuk tahun baru, semoga artikel yang kami bagikan bisa memberikan manfaat untuk kamu ya. “Selamat tahun baru” semoga kamu bisa meraih impian dan harapan yang sudah kamu buat.
Quipper Video

Bagikan Artikel ini:

Komentar Anda

Copyright © 2015-2017. wirahadie.com - All Rights Reserved