wirahadie.com

Cara Membuat Soal Interaktif dengan Powerpoint

Cara Membuat Soal Interaktif dengan Powerpoint

PowerPoint lebih familiar sebagai software yang sering digunakan untuk kebutuhan presentasi. Baik untuk presentasi dalam acara workshop, ataupun dalam presentasi di kelas yang saring dilakukan oleh guru sebagai media pembelajaran yang interaktif dan menarik bagi siswa. 

Media belajar berbasis digital memang selalu menarik untuk dicoba, terlebih lagi dalam kebutuhan belajar mengajar di sekolah. Minat dan antusias siswa akan tercuri oleh grafis dan desain powerpoint yang powerful dan elegan.
Aplikasi Powerpoint
Microsoft Powerpoint

Selain sebagai software pembuat media presentasi ternyata Powerpoint memiliki banyak fitur yang tersembunyi yang jarang digunakan oleh sebagain besar pengguna Powerpoint, karena keterbatasan pengetahuan, sehingga banyak yang menganggap powerpoint hanya sebatas sebagai media presentasi. Namun, lebih dari itu Microsoft Powerpoint bisa digunakan untuk membuat soal pilihan ganda yang interaktif.




Untuk membuat soal pilihan ganda pada program presentasi Microsoft PowerPoint dengan menggunakan trigger, langkah‐langkahnya adalah sebagai berikut :

Cara Membuat Soal Interaktif dengan Powerpoint

1. Bukalah Microsoft PowerPoint dan isikan slide pertama dengan Tulisan “SOAL LATIHAN”

2. Buatlah slide baru (Ctrl+M) dan pilihlah lay out Blank.

Membuat Soal dengan Powerpoint

3. Buatlah Text Box dan tuliskan soal.

Membuat Soal dengan Powerpoint

4. Dengan cara yang sama seperti di atas, buatlah juga pilihan jawaban (A, B, C, D dan E) masing‐ masing menggunakan kotak teks.

5. Buatlah Text Box dan tuliskan teks “Jawaban Benar” (aturlah posisi di bawah pilihan jawaban A, B, C, D dan E).

6. Buatlah Text Box dan tuliskan teks “Jawaban Salah” (aturlah posisi di bawah pilihan jawaban A, B, C, D dan E), sehingga akan terlihat seperti gmbar berikut:
Membuat Soal dengan Powerpoint

7. Misalkan kita tentukan pilihan jawaban A adalah jawaban yang benar dan pilihan jawaban B, C, D dan E adalah jawaban yang salah.

8.  Aktifkan pilihan animasinya dengan klik menubar Slide Show, lalu klik Custom Animation.

Membuat Soal dengan Powerpoint

9. Klik teks “Jawaban Benar”, lalu klik Add Effect pilih Entrance, lalu pilih More Effects… lalu klik Appear lalu klik OK.
Membuat Soal dengan Powerpoint

10. Berikan efek animasi yang sama untuk kotak teks “Jawaban salah”. Berikan efek animasi sebanyak 4 kali.

Memberikan efek animasi sudah, sekarang lanjutkan dengan memberikan fungsi tombol Trigger, tentunya Anda sudah mengetahui pilihan jawaban yang benar adalah A dan pilihan jawaban yang salah adalah B, C, D dan E.

11. Klik efek animasi teks “Jawaban Benar” yang pertama, lalu klik tanda panah di samping lalu muncul pilihan, silahkan pilih “Timing“

Membuat Soal dengan Powerpoint


12. Setelah muncul kotak dialog Timing, silahkan klik Triggers dan klik lingkaran ke dua “Start effect on click of“ lalu klik Text Box 3: A. Produksi, lalu klik OK.
Membuat Soal dengan Powerpoint

13. Selanjutnya pilihlah efek animasi teks “Jawaban Salah”, lalu klik tanda panah di samping lalu muncul pilihan, silahkan pilih “Timing“

14. Setelah muncul kotak dialog Timing, silahkan klik Triggers dan klik lingkaran ke dua “Start effect on click of“

15. Silahkan cari kotak teks jawaban B, karena B adalah pilihan jawaban yang salah dan akhiri dengan klik Ok.

16. Ulangi langkah tersebut sebanyak 3 kali (karena pilihan jawaban C, D dan E adalah jawaban salah).

17. Selesai, silahkan uji coba dulu dengan menekan F5 dan silahkan klik jawaban‐jawabannya dan perhatikan apakah teks “Jawaban salah” muncul jika diklik jawaban yang salah atau muncul teks “Jawaban benar” jika diklik jawaban yang benar.

Masalahnya, semua teguran jawaban muncul sehingga membingungkan mana jawaban yang benar atau salah, untuk menghilangkan teguran “Jawaban salah” jika sudah menemukan yang benar sehingga hanya teguran “Jawaban benar” yang tampil, sebaiknya ditambahkan efek animasi keluar (Exit,lalu klik Fade) dengan cara berikut ini:




18. Berikan efek animasi pada kotak teks “Jawaban Benar”, lalu berikan efek animasi Exit, lalu klik Fade (cukup satu saja)

19. Berikan efek animasi pada kotak teks “Jawaban salah” lalu berikan efek animasi Exit, lalu klik Fade (sebanyak 4 kali)

20. Perhatikan pada kotak dialog efek animasi di situ terdapat 5 efek animasi Exit, lalu klik Fade

21. Pilihlah efek animasi teks “Jawaban Benar” yang pertama, lalu klik tanda panah di samping lalu muncul pilihan, silahkan pilih “Timing“

22. Setelah muncul kotak dialog Timing, Klik Start dan pilih After Previous, isikan 2 pada Delay, klik Triggers dan klik lingkaran ke dua “Start effect on click of“, silahkan cari kotak teks jawaban A, karena A adalah pilihan jawaban yang benar dan akhiri dengan klik Ok.
Membuat Soal dengan Powerpoint

23. Lakukan hal yang sama untuk animasi teks “Jawaban Salah”, lalu klik tanda panah di samping lalu muncul pilihan, silahkan pilih “Timing“

24. Setelah muncul kotak dialog Timing, isikan 2 pada kotak Delay, lalu klik Triggers dan klik lingkaran ke dua “Start effect on click of“. Silahkan cari kotak teks jawaban B, karena B adalah pilihan jawaban yang salah dan akhiri dengan klik Ok.

25. Ulangi langkah tersebut sebanyak 3 kali (karena pilihan jawaban C, D dan E adalah jawaban salah).

26. Selesai dan jalankan aplikasi PowerPoint‐nya dengan menekan tombol F5.

Semoga Anda dapat memahami langkah demi langkah yang sudah dijelaskan di atas dalam membuat soal interaktif dengan Powerpoint. 

Sekian dulu panduan tentang cara membuat soal pilihan ganda yang interaktif dengan microsoft Powerpoint. Semoga artikel ini bermanfaat. Yuk, bagikan ke rekan-rekan yang lain agar mereka juga mengetahui ilmu yang menarik ini. Berbagi ilmu bermanfaat adalah salah satu bentuk kebaikan untuk terlebih lagi berbagi ilmu.
Anda bisa mendownload file tutorial ini dalam bentuk PDF di sini: DOWNLOAD
Quipper Video

Bagikan Artikel ini:

Komentar Anda

Copyright © 2015-2017. wirahadie.com - All Rights Reserved