wirahadie.com

Hentikan Kebiasaan Ini Jika Kamu Ingin Tumbuh Dewasa

Hentikan Kebiasaan Ini Jika Kamu Ingin Tumbuh Dewasa

Masa remaja merupakan masa yang penuh warna, karena di masa ini banyak sekali pengalaman hidup yang bakal kalian alami. Mulai dari merasakan jatuh cinta 💘 cie..cie yang baru jadian. 😃 hm..hm.. Berantem sama teman gara-gara gebetan, 😀wkwk. Ngumpul bareng teman yang bikin kamu hepi, apalagi punya kenangan terindah bersama si do'i bisa-bisa bikin baper gak ketulungan. Uhuk..uhuk..

Nah, paparan di atas merupakan contoh masa remaja yang penuh dengan masa keemasan atau bahasa krennya 'golden age', lah emang ada istilah golden age untuk masa remaja bro? Setahu saya masa keemasan itu masa anak kecil yang sedang suka bermain. Udah deh gak usah protes ya, wkwk.. 

Pada masa remaja, sebaiknya kamu harus mampu mengontrol pergaulan kamu, karena masa ini masa yang sangat rentan terjadinya hal-hal atau perilaku negatif yang menyimpang dari etika dan norma susila. Seperti contohnya yang sudah saya sebut di atas, mulai mengenal cinta atau pacaran, kenakalan remaja, dan tindakan lain yang menyimpang dari norma agama dan norma susila. Yang jelas bukan Norman Kamaru ya? wkwk..Itu tu..mantan polisi yang pernah nyanyiin cele caiya..caiya....dst. wkwkk

Jika kamu ingin tumbuh dewasa, melepas masa remaja yang penuh dilema dan dinamika merupakan suatu tindakan yang sangat bijaksana, namun untuk tumbuh dewasa tidaklah semudah ucapan. Butuh pengalaman dan banyak mendapatkan masalah yang berarti sehingga kamu bisa tumbuh dengan dewasa secara alami.

Untuk melepas masa remaja dan tumbuh dewasa setidaknya kamu harus berani meninggalkan perilaku-perilaku remaja dan berubah menjadi dewasa seperti pada ulasan berikut.


1. Belum Bisa Hidup Mandiri

Mandiri merupakan salah satu sikap orang dewasa. Dengan kemandirian kamu akan tumbuh dewasa dan lebih mengetahui arti dari sebuah kehidupan yang sebenarnya, tanpa bantuan atau dimanjakan oleh orang tua kamu. Misalnya, belajar nyuci baju sendiri, nyetrika sendiri, dan 'mandi sendiri'. Lha, emangnya kamu masih dimandiin sama Ibu? Wkwk, Jadi, jangan jadi anak mami, belajarlah untuk mandiri mulai dari hal-hal kecil di atas. Jangan mentang-mentang punya asisten pembantu rumah tangga kamu jadi malas melakukan hal kecil di atas ya.


2. Berhentilah Malas-Malasan

Kuranngilah sifat malas kamu, agar kamu bisa meraih cita-cita yang kamu impikan. Malas-malasan merupakan salah satu perilaku anak muda remaja yang belum memikirkan arti dari sebuah tanggung jawab dalam kehidupan. Dengan berhenti malas-malasan kamu akan tumbuh dewasa, jika dirasa sulit, stidaknya kamu bisa meminimalisir atau mengurangi sifat malas tersebut.


3. Berhentilah Narsis-Narsisan

Nah, yang satu ini pasti lho banget khan? Ayo ngaku? Haha...Narsis memang salah satu perilaku anak muda remaja. Dikit-dikit pingin selfie, mau makan difoto dulu, apalagi makannya di tempat yang keren, bukannya baca do'a dulu sebelum makan, malah difoto, wkwk..

Narsis sih boleh-boleh saja, asal jangan berlebihan. Dikit-dikit selfie, kasian hape kamu yang diajak selfie, 😀 hi..h...

4. Hilangkan Egois Kamu

Egois merupakan salah satu sifat anak muda yang wajib kamu hilangkan jika ingin menjadi pribadi yang dewasa. Rasa egois itu menunjukkan bahwa kamu masih ABG labil yang mau menang sendiri. Mencobalah bersikap untuk dewasa dengan tidak mau menang sendiri. Mencoba untuk bisa mengalah, mengalah itu bukan berarti kamu lemah. Tapi, kamu adalah orang yang tumbuh dewasa dengan perilaku yang indah.


5. Kurangi Waktu untuk Melakukan Aktivitas yang Tidak Bermanfaat

Anak muda sangat hobi bersenang-senang. Tidak terasa banyak waktu yang terbuag dengan si-sia tanpa melakukan aktivitas yang lebih bermanfaat. Seperti, terlalu banyak waktu untuk bermain game, media sosial, nonton tv, dll. Aturlah waktu bermain dan belajar kamu dengan baik agar waktu yang kamu gunakan dalam keseharian bisa lebih bermanfaat.

Itulah kebiasaan yang harus kamu hentikan jika ingin tumbuh menjadi pribadi yang dewasa. Semoga artikel kali ini bermanfaat buat kalian sebagai bahan referensi untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan tentunya tumbuh dewasa dengan baik.

Bagikan Artikel ini:

Komentar Anda

Terima kasih telah berkunjung di situs kami www.wirahadie.com, semoga artikel yang kami sajikan memberikan manfaat untuk anda.

Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan tuliskan di kolom komentar.

Terima kasih atas perhatiannya.

Copyright © 2015-2017. wirahadie.com - All Rights Reserved