wirahadie.com

Baca Buku 500 Halaman dalam 10 Menit, Siswi ini Luar Biasa!

Baca Buku 500 Halaman dalam 10 Menit, Siswi ini Luar Biasa!

Membaca merupakan suatu hal yang membosankan bagi orang yang tidak memiliki hobi dalam membaca. Tentu ini persepsi yang berbanding terbalik dengan orang yang memiliki hobi membaca. Bagi orang yang hobi, membaca merupakan suatu kegiatan yang sangat menyenangkan, selain untuk hobi, membaca bisa memberikan manfaat yang sangat luar biasa, yakni bisa menambah pengetahuan baru, memperluas wawasan dan memperdalam ilmu pengetahuan.

membaca-cepat
Bagi orang yang haus akan informasi dan ilmu pengetahuan baru, membaca merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan dan sudah menjadi rutinitasnya. Di Indonesia sendiri minat baca orang Indonesia masih rendah, meskipun banyak orang Indonesia yang memiliki hobi membaca tapi, lebih didominasi oleh orang yang kurang berminat dalam dunia membaca.

Kegiatan membaca tidak terlepas dengan kegiatan menulis, semakin sering orang membaca tentu dia akan mampu menulis, entah menulis berita, cerpen, artikel, dll.

Nah, kali ini ada berita yang sangat unik dan menarik untuk disimak. Di saat orang tidak suka membaca, justru bagi siswi SD ini mampu membaca 500 halaman dalam waktu 10 menit, super sekali! Siswi yang memiliki nama lengkap Azzahra Auril Yuninda, merupakan salah satu siswi kelas 5 SDN Wonokromo 3, Surabaya.

Gadis cilik yang satu ini memang memiliki kemampuan yang luar biasa dalam membaca, bukan karena sudah bakatnya. Auril mengaku dapat membaca cepat setelah mengikuti sebuah pelatihan membaca cepat dari Baca Cepat! WBA Speed Reading yang digelar di Jatim Expo (JX) Internasional, Surabaya.
“Kini saya bisa membaca dengan cepat, dan saya paham akan isi dari buku yang sudah saya baca,” jelas Auril. 

Keahlian membaca Auril memang didapat dari latihan yang tidak memakan waktu lama. Director WBA Speed Reading Nono Suparno menjelaskan soal metode yang memungkinkan seseorang bisa membaca ratusan halaman hanya dalam waktu 10 menit saja tersebut.
“Whole Brain Activation (WBA), jadi teknik membaca yang super cepat yang melibatkan seluruh bagian otak. Jadi kalau selama ini kita baca kan kebanyakan pakai otak kiri, sedangkan otak kiri punya sifat short-term memory, abis baca kemudian disuruh menjelaskan kadang lupa. Nah, di WBA kita menggunakan otak tengah, otak kanan, otak samping, dan otak-otak yang lain,” jelas Nono saat ditemui bintang.com di kantornya, Menara Kartika Candra, Jakarta Selatan, Selasa (27/2/2017).

Biasanya kalau membaca, atau metode baca kilat yang sudah banyak orang tahu itu dari kiri ke kanan atau sekali membaca dapat satu baris. Kalau di WBA, sekali membaca langsung satu halaman. Nah, bagaimana prosesnya? Semua memang ada prosesnya. 
“Pada tahap awal biasanya para murid bisa membaca 4000 sampai 5000 kata per menit. Kalau sudah mahir biasanya 100 sampai 500 halaman tiap 10 menit,” pungkas Nono.

Sekian dulu informasi yang dapat kami bagikan tentang siswi SD yang mampu membaca 500 halaman dalam waktu singkat yakni hanya membutuhkan waktu 10 menit. Semoga berita yang kami sampaikan ini bisa memberikan inspirasi dan motivasi bagi anda yang kurang hobi dalam membaca.

sumber referensi berita: bintang.com

Bagikan Artikel ini:

Komentar Anda

Terima kasih telah berkunjung di situs kami www.wirahadie.com, semoga artikel yang kami sajikan memberikan manfaat untuk anda.

Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan tuliskan di kolom komentar.

Terima kasih atas perhatiannya.

Copyright © 2015-2017. wirahadie.com - All Rights Reserved