wirahadie.com

Miniatur Pembangkit Listrik Sederhana dari Barang Bekas

Miniatur Pembangkit Listrik Sederhana dari Barang Bekas

Pembangkit listrik merupakan alat yang berfungsi untuk menghasilkan energi listrik. Pada materi IPA kelas 9, materi tentang pembangkit listrik sederhana ini juga dibahas pada materi induksi elektromagnetik. 

Induksi elektromagnetik mengemukakan konsep bagaiman timbulnya energi listrik karena adanya interaksi antara gaya magnet yang ditimbulkan oleh magnet dan kumparan atau lilitan kawat tembaga.

Interaksi antara magnet dan kumparan ini akan menghasilkan gaya gerak listrik atau sering disebut sebagai GGL induksi, kemudian akan menghasilkan energi listrik yang didistribusikan mealui kabel tembaga yang dihubungkan dengan bola lampu led, sehingga lampu led akan menyala seperti halnya saat menggunakan baterai.

Komponen utama yang kita gunakan dalam membuat pembangkit listrik sederhana ini adalah sebuah dinamo ukuran kecil atau sering disebut sebagai dinamo tamiya. Dinamo tamiya sangat mudah ditemukan dari barang-barang bekas seperti bekas mobil mainan, bekas dvd, bekas stik play station (PS), dll. 

Berikut ini kamu sajikan aneka kreasi dalam membuat miniatur pembangkit listrik sederhana dari berbagai kreasi siswa. 

Siswa membuat pembangkit listrik sederhana berdasarkan ide dan siswa bebas mengembangkan kreatifitasnya dalam membuat pembangkit listrik sederhan. Ada yang membuat miniatur rumah-rumahan dan lampu rumahnya dinyalakan oleh hasil dari pembangkit listrik sederhana, dan beberapa karya menarik lainnya.

Berikut beberapa karya menarik tentang miniatur pembangkit listrik sederhana buatan siswa.

1. Miniatur rumah-rumahan
miniatur-listrik

2. Miniatur perahu layar yang disertai lampu

miniatur-listrik

Itulah beberapa hasil karya siswa tentang miniatur pembangkit listrik sederhana dalam penerapan dari konsep induksi elektromagnetik. Semoga bisa membarikan manfaat bagi pembaca khsusnya bagi siswa yang memiliki tugas dalam membuat miniatur pembangkit listrik sederhan, dan bisa anda jadikan sebagai bagan inspirasi untuk mebuat karya-karya menarik lainnya yang lebih baik.
Quipper Video

Bagikan Artikel ini:

Komentar Anda

Copyright © 2015-2017. wirahadie.com - All Rights Reserved