wirahadie.com

Tips Memilih Universitas yang Baik dan Tepat

Tips Memilih Universitas yang Baik dan Tepat

Memilih Universitas yang baik dan tepat merupakan salah satu kunci keberhasilan karir kamu di masa mendatang. Memilih merupakan suatu hal yang terkadang bikin dilema, kenapa? Banyak calon mahasiswa atau siswa SMA yang baru tamat sekolah yang bingung pada masa ini.

Apa saja sih yang kadang bikin bingung dalam memilih Universitas yang baik dan tepat?

Tentu ada beberapa faktor, baik faktor internal maupun faktor eksternal itu sendiri. Kira-kir faktor yang internal dan eksternal itu seperti apa sih?

Faktor eksternal biasanya datang dari pengaruh lingkungan kamu sendiri, terkadang calon mahasiswa sering terpengaruh faktor ini, seperti terpengaruh ajakan teman untuk kuliah di sebuah Universitas yang terkadang tidak cocok dengan passionnya atau ikut-ikutan teman. Padahal setiap individu itu memiliki bakat dan minat yang berbeda lho.

tips-memilih-universitas

Jangan karena pingin kuliah sama teman sekolah gara-gara diajak teman satu sekolahan. Karena setiap siswa itu punya bakat dan minat yang berbeda, masih mending jika kalian memiliki hobi yang sama, tentu ini bukan jadi masalah dalam memilih universitas yang baik dan tepat.

Selain faktor ajakan teman sekolah. Ada juga faktor yang tak kalah berpengaruhnya yaitu, faktor dorongan orang tua. Sebenarnya hal ini harus diketahui oleh orang tua, agar orang tua tahu bakat dan minat anaknya dan bisa memasukkan anaknya di kampus atau Universitas terbaik sesuai bakat siswa.

Tapi, faktanya hanya sedikit orang tua yang mengerti tentang hal ini, biasanya orang tua sering kali mengajak anaknya untuk mengikuti karir orang tua. Padahal tidak semua anak memiliki bakat atau hobi yang sama dengan orang tuanya. Di sinilah orang tua harus pengertian, jangan sampai terlalu memaksakan kehendak, dan akhirnya anak yang jadi korban karena kurang berminat untuk masuk di Universitas yang direkomendasikan oleh orang tua.

Selai faktor eksternal, ada juga faktor internal yaitu faktor yang ada pada diri siswa atau calon mahasiswa tersebut.

Jika kalian bingung dalam memilih Universitas yang baik dan tepat, berikut ini kami uraikan beberapa tips untuk memilih Universitas yang tepat agar kamu bisa sukses kuliah dan akhirnya menggapai cita-cita sesuai impian.

Tips Memilih Universitas yang Baik dan Tepat

1. Tentukan Minat atau Passion Kamu

Minat merupakan faktor utama dalam memilih Universitas yang baik dan tepat. Kenapa? Coba kamu bayangkan jika kamu masuk Universitas yang tidak sesuai minat dan bakat kamu, tentu kamu bakal cepat bosan kuliah karena tidak menikmatinya, justru sebaliknya jika sesuai dengan minat maka kalian akan merasa senang melakukan aktivitas kuliah tersebut.

Banyak mahasiswa yang berhenti di tengah jalan gara-gara mereka salah memilih jurusan yang tepat karena tidak sesuai dengan passion mereka, mungkin bisa saja pengaruh dari ikut-ikutan teman sekolah, dan berbagai faktor lainnya.

Untuk memilih universitas yang tepat kamu harus tahu di bidang apa kamu berminat. Kalau minat kamu di mata pelajarn biologi, tentu kamu harus memilih jurusan yang relevan dengan minat kamu tersebut, misalnya masuk kampus kedokteran ataupun ke pertanian. 

Tapi, yang sering menjadi masalah adalah, terkadang siswa atau calon mahasiswa itu bingung dan bahkan tidak mengetahui bakat mereka sendiri, tentu ini hal yang sangat lucu. Untuk mengetahui bakat dan minat kamu, coba kamu tanyakan ke teman dekat kamu, atau ke saudara kamu atau keluarga dekat kamu yang kamu anggap care dengan kehidupan kamu. Biasanya teman dekat jauh lebih mengetahui karakter dan bakat kamu.

2. Biaya yang Tersedia atau Kemampuan Finansial Kamu

Bagi orang yang mampu tentu ini bukan menjadi masalah yang berarti, terutama anak-anak yang tinggal di kota besa, mungkin tidak akan mempernasalahkan tentang biaya, karena mayoritas masyarakat di kota adalah rata-rata dari golongan ekonomi menengah ke atas atau bisa dikatakan orang mampu untuk membiayai kuliah kamu, dan masalah biaya mungkin tidak menjadi masalah atau hambatan kamu meskipun memilih kampus yang elit dan mahal.

Tapi, bagaimana jika kamu terlahir dari kalangan keluarga dari golongan menegngah ke bawah. Tentu beda lagi ceritanya. Apalagi kamu tergolong orang yang tidak mampu dan hanya mengandalkan beasiswa untuk mahasiswa miskin. Jadi sebelum memilih Universitas yang baik dan tepat sesuaikanlah kemampuan finansial kamu, jangan sampai kemauan yang terlalu tinggi terus sampai membebani orang tua kamu yang sangat kesulitan dalam mencari biaya kuliah, kamu gak kepingin kan lihat orang tua kamu menderita, sampai minjam uang dimana-mana demi bayar spp kamu. So, sesuaikanlah dengan kemampuan finansial kamu, jangan sampai ikutan-ikutan teman.

3. Tentukan Universitas Tujuan Kamu

Kamu harus mengetahui kemana kamu melanjutkan. Universitas Indonesia , Unpad, UGM, Undip, Unair, ITB, ITS? Jadi, kamu harus pilih salah satu sesuai kategori keahlian kamu.

Setelah menentukan minat dan budget atau kemampuan finansial orang tua, tentu langkah selanjutnya adalah kamu harus memilih Universitas mana yang menurut kamu bagus, dan menjadi impian kamu untuk meraih cita-cita.

Sekali lagi saya tegaskan, pilihlah Universitas terbaik yang sesuai karakter atau keahlian dan bidang yang kamu kuasai atau minati, karena ini merupakan faktor terpenting dalam karirr kamu kelak dan faktor penting dalam menjalankan aktivitas kuliah itu sendiri.

4. Tentukan Kota Tujuan yang Sesuai

Ini yang paling penting, kenapa? Karena jika lokasi Universitas kamu jauh dari tempat tinggal kamu tentu kamu harus bisa beradaftasi denga lingkungan yang baru, harus mampu bersosialiasi dengan lingkungan baru, ini tidak mudah, butuh proses agar kamu bisa berinteraksi dengan masayarakat sekitar terlebih lagi kamu memiliki adat atau budaya yang berbeda. Jadi, kamu hasus siap untuk menerima berbagai resiko. Tentu ada nilai posistifnya juga mendapatkan lingkungan baru merupakan suatu hal yang dapat menambah pengalaman kamu dalam bergaul dengan lingkungan masyarakat yang berbeda.

Tapi, jika kamu memilih kampus atau Universitas terbaik yang ada di kota kamu, kamu gak perlu menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Karena sudah terbiasa dengan kondisi di lingkungan sekitar.
Dari segi biaya, tentu lebih mahal untuk di luar kota karena kamu harus menyiapkan tambahan biaya untuk sewa kos dan biaya lainnya.

5. Pilihlah Universitas yang Memiliki Kualitas Baik

Kualitas Universitas bisa dinilai dari lulusannya seperti apa, setelah kuliah apakah alumni mereka mudah mendapatkan pekerjaan dan faktor lainnya seperti nilai akreditasnya kira-kira seperti apa? Jangan sampai kalian memilih Universitas yang tidak jelas dengan legalitasnya.

Itulah beberapa tips dalam memilih Universitas terbaik yang tepat sesuai denga passion kamu, semoga tips yang kami bagikan bermanfaat buat kamu dalam menentuka Universitas terbaik yang sesuai keinginan kamu, dan yang terpenting adalah sesuai dengan cita-cita kamu kelak, setelah lulus atau selesai kuliah di Universitas terbaik yang menjadi impian kamu tersebut.
Quipper Video

Bagikan Artikel ini:

Komentar Anda

Copyright © 2015-2017. wirahadie.com - All Rights Reserved