wirahadie.com

Kisah Inspiratif BJ Habibie Menciptakan Pesawat Terbang

Kisah Inspiratif BJ Habibie Menciptakan Pesawat Terbang

Kisah BJ. Habibie - Bacharuddin Jusuf Habibie atau singkatan dari BJ. Habibie adalah tokoh yang dikenal sangat jenius tidak hanya di Indoneisa namun, di luar negeri pun beliau sangat dikagumi dan diakui kejeniusannya yang mampu menciptakan pesawat terbang dengan konsep dari ide-idenya yang begitu brilian.  BJ. Habibie merupakan tokoh inspiratif dan sangat memotivasi bagi masyarakat Indonesia khusunya bagi anak muda yang ingin sukses menggapai impian dan cita-cita. BJ. Habibie patut kamu jadikan tokoh yang inspiratif.

Tidak hanya prestasinya yang gemilang, namun kisah cibtanya dengan pujaan hati beliau yaitu almarhumah Ainun Habibie patut dicontoh juga untuk kalangan anak muda, penuh dengan inspirasi.

BJ Habibie

Tahukah anda bagaimana, ide pertama Pak Habibie dalam membuat pesawat terbang?

Ide pertama Pak Habibie untuk menciptakan kapal terbang adalah, terinspirasi saat beliau melakukan perjalanan menggunakan kapal laut saat berangkat ke Jakarta dari Makasar, selama lima hari perjalanan.

Di dalam perjalanan beliau memperhatikan burung yang terbang. Di tengah laut atau samudra yang luas burung tidak ada yang muncul atau terlihat berterbangan justru burung ini banyak bermunculan saat di bibir pantai, atau saat mendekati pantai.

Fenomena tersebut yang merangsang beliau untuk berpikir bagaimana untuk menciptakan pesawat terbang.

Inilah pesawat pertama buatan BJ Habibie yaitu pesawat N250 yang begitu melegenda dalam karir beliau. Pesawat ini dibuat pada masa pemerintahan presiden Soeharto, pada tahun 90-an. Namun sayangnya perusahaan pesawat Indonesia yang pada saat itu bernama PT Dirgantara Indonesia harus ditutup paksa karena masalah ekonomi bangsa yang saat itu sedang terpuruk atau mengalami krisis moneter. Sehingga jalan-jalan satu-satunya untuk menyelamatkan bangsa dari hutang di IMF, harus mengorbankan perusahaan pesawat terbang yang kala itu sedang naik daun.

Berikut pesawat N250 karya yang paling fenomenal dari BJ. Habibie.
 
Pesawat N250

Beberapa Fakta Unik dan Prestasi dari BJ Habibie

  • Sebuah situs opishposh.com 10 manusia dengan IQ tertinggi:
  1. BJ Habibie IQ 200
  2. Isaac Newton IQ 190
  3. Galileo Galilei IQ 165
  4. Albert Einstein IQ 160
  • Sebagai pemilik 46 hak paten di dibidang aeronautika (bidang penerbangan)
  • Omset pribadinya ratusan miliar perbulan dari royalti yang didapat dari perusahaan di seluruh dunia.
  • Acara televisi yang menjadi kesukaannya adalah menonton Hafidz Cilik Indonesia di RCTI dan mengundang 10 peserta terbaik ke rumah pribadinya di Patra Kuninggan
  • Menikahi teman SMA-nya, Ibu Hasri Ainun Besari pada tahun 1962
  • 10 tahun menyelesaikan studi S1-S3 di Aachen-Jerman
  • Mendapat gelar Doktor Ingenieur (Doktor Teknik) dengan indeks prestasi summa cumlaude
  • Pada masanya menjabat jadi presiden UU otonomi daerah disyahkan
  • Habibie menyumbang berbagai hasil penelitian dan sejumlah teori untuk ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Thermodinamika, Konstruksi dan Aerodinamika
  • Beberapa rumusan teorinya dikenal dalam dunia pesawat terbang seperti "Habibie Factor", "Habibie Theorem" dan "Habibie Method"."Faktor Habibie" karena bisa menghitung keretakan atau crack propagation on random sampai ke atom-atom pesawat terbang sehingga ia dijuluki sebagai "Mr. Crack".
  • Sekitar 40 Insinyur Indonesia akhirnya bekerja di MBB atas rekomendasi Pak Habibie. Kejeniusan dan prestasi inilah yang mengantarkan Habibie diakui lembaga internasional diantaranya, Gesselschaft fuer Luft und Raumfahrt (Lembaga Penerbangan dan Angkasa Luar) Jerman, The Royal Aeoronautical Society London (Inggris)
  • Penghargaan lainnya The Royal Swedish Academy of Enginering Science (Swedia), The Academie Nationale de I'Air et de I'Espace (Prancs) dan The US Academy of Engineering (Amerika Serikat)

Sekian dulu kisah inspiratif dari mantan presiden ketiga RI yang begitu jenius, dan patut kita jadikan sosok yang inspiratif dan memotivasi kita untuk meraih kesuksesan. Jika bermanfaat yuk, bagikan ke teman-teman yang lain di media sosial. Karena berbagi kebaikan adalah hal yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Bagikan Artikel ini:

Komentar Anda

Terima kasih telah berkunjung di situs kami www.wirahadie.com, semoga artikel yang kami sajikan memberikan manfaat untuk anda.

Jika ada hal yang ingin ditanyakan, silahkan tuliskan di kolom komentar.

Terima kasih atas perhatiannya.

Copyright © 2015-2017. wirahadie.com - All Rights Reserved