wirahadie.com

Ingin Lulus Seleksi Beasiswa? Baca Ini!

Ingin Lulus Seleksi Beasiswa? Baca Ini!

Lulus Seleksi Beasiswa -Mendapatkan beasiswa saat menempuh pendidikan di bangku kuliah merupakan impian dari semua mahasiswa. Karena dengan mendapatkan beasiswa kita bisa kuliah secara gratis artinya tanpa harus mengeluarkan uang pribadi untuk membiayai keliah. Tentu bukan sekedar ngin mendapatkan biaya kuliah yang gratis, tapi lebih dari itu. Dengan mendapatkan beasiswa kamu akan merasa sedikit bangga karena untuk mendapatkan beasiswa tidaklah mudah karena harus dilalui dengan penuh pengorbanan.

Siapa yang tidak mau kuliah gratis karena beasiswa? Tapi, biasanya banyak yang berpikir untuk mendapatkan beasiswa itu hal yang sulit. Apalagi beasiswa itu ditujukan untuk jurusan tertentu sehingga kamu yang merasa bukan di jurusan populer sering berpikir tak ada beasiswa untuk jurusan kamu.

beasiswa

Beberapa anggapan di atas itu lumrah ada di dalam benak mahasiswa dan calon mahasiswa. Sebenarnya untuk mendapatkan beasiswa tidak terlalu rumit jika kamu mengetahui caranya dan mempersiapkan apa saja yang menjadi pertimbangan untuk lulus seleksi beasiswa.

Beasiswa tidak bisa didapatkan dengan mudah? Kalian hanya menyiapkan langkah-langkah penting ini!

#Mencari informasi selengkap mungkin

Kamu harus mengetahui bagaimana proses seleksinya. Biasanya tiap lowongan beasiswa memiliki sistem yang berbeda pada proses seleksinya. Ada yang membutuhkan proses hanya dengan data administrasi lalu ke proses wawancara dan adapula yang membutuhkan kamu untuk membuat sesuatu untuk dipresentasikan saat wawancara.

Kamu bisa mencari informasi perihal proses seleksi suatu beasiswa dengan mengikuti berbagai macam forum beasiswa. Informasi yang harus kamu cari ialah proses tahapan seleksinya , seperti ada beberapa tahapan, poin apa saja yang dinilai dari prasyaratnya, dan bagaimana cara penilaian wawancaranya.

Untuk beasiswa yang mengharuskan kamu menulis, kamu perlu mencari bagaimana jenis tulisan yang akan membantu kamu lulus. Biasanya pada sebuah lowongan beasiswa yang mengharuskan penyertaan tulisan, kamu akan diberikan beberapa tema yang harus kamu tulis dalam sebuah artikel atau esai.

#Aktiflah berorganisasi

Keaktifan kamu berorganisasi pastinya membantu kamu saat sesi wawancara. Karena, kamu pastinya tidak akan merasa gugup selama wawancara. Pasalnya seorang yang aktif berorganisasi pastinya mampu bertindak dan berpikir cepat dalam kondisi apapun. Hal itu disebabkan, dalam berprganisasi, seseorang dakan dihadapkan situasi dan kondisi yang kadang di luar dari perencanaan awal.

Kemampuan itu akan menjadi bahan pertimbangan pemberi beasiswa. Jadi, kamu bisa mulai aktif berkegiatan dan berorganisasi agar dapat menjadi modal kamu nanti ketika mengajukan beasiswa.

#Mengasah kemampuan berbahasa asing

Kemampuan berbahasa asing wajib kamu miliki jika ingin lulus dalam seleksi penerimaan beasiswa. Pentingnya kamu memiliki kemampuan itu ialah pemberi beasiswa ingin menjadikan kamu sebagai brand ambasador bagi lembaga atau perusahaannya. Sebagai brand ambasador, kamu akan memiliki tugas menjadi perwakilan lembaga atau perusahaan untuk beberapa bidang tertentu bergantung beasiswa yang kamu terima. Saat menjadi perwakilan itu, pastinya kamu akan bertemu dengan pihak-pihak tertentu yang berasal dari luar negeri.

#Jangan terpatok pada syarat utama jurusan

Biasanya, dalam pengumuman lowongan beasiswa tertera syarat jurusan yang bisa mengikutinya. Hal ini biasanya akan membuat kamu berpikir dua kali untuk mengajukan beasiswa itu.

Sebenarnya, syarat minimum jurusan itu untuk mempermudah pemberi beasiswa mencari individu yang sesuai dan mereka butuhkan untuk menerima beasiswa. Namun, adakalanya, pemberi beasiswa juga mempertimbangkan kualitas dari data administrasi kamu meski kamu tidak berasal dari jurusan yang mereka butuhkan.

#Pertahankan dan tingkatkan prestasi akdemik

Pastinya, setiap pemberi beasiswa akan melihat prestasi kademik kamu. Karena, prestasi akademik kamu akan menjadi acuan dasar seleksi secara administrasi. Dengan begitu, penyeleksian penerima beasiswa jadi lebih ketat dan lebih tepat sampai.

Akan lebih baik bila kamu mencapai indeks prestasi (IP) di atas 3,25. Dengan begitu, secara administrasi kamu akan mudah masuk ke dalam kriteria penerima beasiswa. Biasanya pemberi beasiswa memberikan syarat minimum IP sebesar 3,0 untuk mendaftar seleksi beasiswa. Dengan kamu memiliki IP di atas 3,25 maka kemungkinan kamu lulus seleksi administrasi lebih besar.

Selain itu, dengan IP yang tinggi, setidaknya kamu memberikan kesan positif kepada pemberi beasiswa. Adapun, hal itu akan mempermudah kamu melaju ke fase seleksi selanjutnya.

Poin-poin itu adalah hal penting yang harus kamu siapkan agar memuluskan kamu untuk menerima beasiswa.

Sekian dulu artikel tentang tips agar lulus seleksi beasiswa, semoga bermanfaat buat kamu yang sedang berusaha mendapatkan beasiswa. Jika artikel ini bermanfaat yuk, bagikan ke teman-teman kamu di facebook.

Source: Buku Quippersity
Quipper Video

Bagikan Artikel ini:

Komentar Anda

Copyright © 2015-2017. wirahadie.com - All Rights Reserved