wirahadie.com

Tips Jitu Agar Lolos SBMPTN 2018

Tips Jitu Agar Lolos SBMPTN 2018

Agar Lolos SBMPTN - Bagaimana agar lolos SBMPTN? Walaupun SBMPTN 2018 masih jauh di depan mata, tidak berarti kamu bisa santai-santai kan ya?! Persiapkan dirimu mulai dari sekarang! Persiapan yang di mulai lebih dahulu sama dengan memberanikan diri kamu untuk menang. Menang? Iya. Ini SBMPTN ini memang seakan-akan menjadi sebuah ajang perlombaan bagi remaja seusia kita. 

Ada yang pernah bilang pada saya bahwa “Ambillah kesempatan selagi ada” dan ada juga yang menimpali bahwa kesempatan yang hadir saat ada kesiapan akan berbeda hasilnya. Maka mempersiapkan diri sebelum berperang itu juga merupakan sikap yang paling bijak untuk dilakukan.

tips-lolos-sbmptn

Berikut beberapa poin persiapan yang dapat kamu tempuh agar lolos SBMPTN:

1. Set your goal!

Tulis tujuan dan target kamu dalam secarik kertas putih, kemudian tempel baik-baik di area kamar atau ruang belajar yang sering kamu kunjungi. Ini akan membantu kamu untuk tetap mengingat akan keinginan mu sendiri. Target kan apakah kamu ingin lolos PTN atau ikut SBMPTN, SNMPTN atau seleksi mandiri? 

Atau bisa juga kamu menyeting goal yang tinggi seperti lolos PTS atau beasiswa. Tulis besar-besar agar kamu mudah melihatnya. 


2.  Sering membaca

Sering membaca juga akan membuat pikiran kamu lebih terbuka. Ini akan membantu kamu untuk dapat menentukan pilihan jurusan yang akan kamu ambil di perkuliahan kelak.


3. Nyaman

Masih berada di bangku SMA bukan berarti kamu bisa santai. Kamu tetap harus kerja keras untuk tercapainya tujuan kamu bukan?! Belajar setiap hari di luar jam sekolah tidak menjamin kamu lulus SBMPTN. Yang paling tepat kamu lakukan adalah belajar senyaman mungkin. Bisa saja kamu membentuk sebuah kelompok belajar usai jam pelajaran sekolah. Tenang tidak melulu belajar itu harus kamu kok. kamu bahkan bisa nongkrong sambal belajar kelompok di salah satu kafe favorit kalian kan?!

4. Mengerjakan soal kisi-kisi SBMPTN

Setelah menemukan pilihan jurusan yang sekiranya tepat untuk kamu, kamu bisa mulai lebih rajin mengerjakan soal-soal tes SBMPTN. Kamu bisa mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan soal kisi-kisi penerimaan SBMPTN yang dapat kamu cari di internet, kelompok belajar kamu hanya tinggal membahasnya menjadi bahasan yang ringan dengan metode penjawaban kelompok.

5. Mentor atau guru privat?

Poin ke empat ini opsional. Kamu bisa hanya memilih kelompok belajar dengan beranggotakan hanya teman-teman terdekat. Namun akan lebih baik jika kamu mempunyai mentor. Mentor ini dapat kamu pilih sesuai kebutuhan kamu dan kelompok. Bisa juga kamu mengonsultasikan soal yang menurut kamu dan kelompok kamu sulit dengan guru kamu loh. Itu pasti akan lebih menghemat budget bukan?!

6.  Berusaha terbaik dalam MID tes sekolah kamu

Walaupun ini belum menjadi peperangan yang sesungguhnya. Namun mid test ini akan sangat mengambil peran untuk segala kesiapan kamu menuju jenjang yang lebih tinggi. dengan adanya mid test ini kamu akan jadi lebih tahu yang mana dan apa yang menjadi kekurangan kamu. Kamu bisa mengoreksi setiap kekurangan kamu dalam hal belajar jika hasil mid test mu kurang memuaskan. 

7.  Cek dan Re-check

Cek dan cek ulang peluang kompetisi dalam jurusan yang kamu telah mantapkan sebelumnya. Jika kamu yakin untuk mengambil jurusan yang kamu minati, kamu juga harus konsekuen dengan usaha yang harus kamu lewati. 

Nah sekarang akan lebih mudah bukan untuk menatap masa depan jika kamu telah mempersiapkan semuanya dengan matang? Ibarat sedia payung sebelum hujan, toh kalau tidak hujan payungnya bisa juga kamu gunakan untuk melindungi kamu dari panasnya matahari. Sekian beberapa tips dan persiapan agar lolos SBMPTN dari kami. Semoga sukses!

Quipper Video

Bagikan Artikel ini:

Komentar Anda

Copyright © 2015-2017. wirahadie.com - All Rights Reserved