wirahadie.com

Hati-Hati Lolos SNMPTN Belum Tentu Diterima PTN

Hati-Hati Lolos SNMPTN Belum Tentu Diterima PTN

Lolos SNMPTN Belum Tentu Diterima PTN - Tahun ini 2017 siswa yang Lolos SNMPTN Belum Tentu Diterima PTN, menurut sumber hasil SNMPTN telah diumumkan, namun para peserta calon PTN ini dapat dikatakan belum sepenuhnya diterima oleh PTN. Mereka wajib mengumpulkan data administratif yang akan diverifikasi dan wajib membuktikan kebenaran data diri yang di unggah pada saat pendaftaran SNMPTN Online dilakukan. 

Dilansir dari media, tahun 2017 ini terdaftar sekitar 6000-an siswa di salah satu universitas Islam Surabaya, namun wakil rektor tersebut mengkonfirmasi bahwa hanya akan lolos 661 siswa saja dari pendaftar SNMPTN tersebut. Nah bagi kamu yang sedang mempersiapkan SNPTN di tahun 2018 nanti, kamu bisa lebih mempersiapkan detail pendaftaran jauh-jauh hari sebelum pendaftaran resmi dibuka ya. 

Lolos-SNMPTN-Belum-Tentu-Diterima-PTN

Pengenalan tentang SNMPTN

Kamu harus terlebih dahulu tahu apa kah jalur SNMPTN itu? 

Jalur SNMPTN adalah jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Jalur ini khusus disiapkan bagi para siswa SMA, SMK, Madrasah atau sederajat yang memiliki prestasi unggul untuk dapat menempuh Pendidikan Perguruan Tinggi Negeri. 

Jalur ini mewajibkan pesertanya memiliki rapor dengan minimal masa Pendidikan 5 semester atau 3 tahun dengan prestasi akademik unggulan mereka.

 Lolos SNMPTN Belum Tentu Diterima PTN

 

Apa saja yang bisa kamu siapkan untuk pendaftaran SNMPTN tahun 2018 ini?

1. Belajar!

Ini adalah bentuk persiapan diri yang dapat kamu mulai tahun 2017 ini. Tentunya, nilai prestasi yang tinggi akan sangat menentukan lolos atau tidaknya kamu dalam seleksi SNMPTN nanti.
Sesuai dengan nama jalurnya, jalur ini memang di khususkan bagi siswa berprestasi.

2.  Direktori File

Poin kedua ini dapat dikatakan antara perlu dan tidak perlu, namun akan lebih baik jika kamu mengikuti untuk membuat direktori file yang juga akan mendisiplinkan kamu terhadap data-data Pendidikan dan pribadi kamu. 

Mulailah mengelompokkan semua rapor dari kelas 1 sampai sekarang, Karena ini juga termasuk persyaratan utama untuk dapat di terima di SNMPTN nanti. 

Nantinya ini akan memudahkan kamu juga untuk menyimpan Surat tanda Kelulusan kamu. 

3. Pantau terus PTN yang kamu ingin ikuti

Karena di setiap PTN mempunyai syarat administratif yang berbeda-beda. Hal ini juga telah di himbau oleh Ravik Karsidi Ketua Panitia SNMPTN dan SBMPTN pusat tahun 2017 lalu. 

4. Lolos SNMPTN Belum Tentu Diterima PTN loh, kenapa? 

Ravik Karsidi juga menghimbau bahwa jika telah lolos tahap verifikasi data, maka pendaftar SNMPTN akan berubah statusnya sebagai Calon Mahasiswa, namun perlu di verifikasi lagi keseluruhan datanya terutama bagi peserta yang ikut jalur Bidikmisi maka masing-masing PTN akan terlebih dahulu memeriksa data ekonomi keluarga kamu. 

5. Memahami tahapan Seleksi SNMPTN di PTN yang kamu incar

Setiap PTN memiliki kualifikasi yang berbeda-beda. Untuk itu kamu perlu tahu betul apa yang PTN kamu inginkan. Tahapan seleksi biasanya dimulai dengan pendaftaran seleksi di setiap PTN termasuk pilihan pertama yang kamu jadikan untuk pilihan program studi, kemudian pilihan kedua PTN yang memungkinkan jika kamu tidak lolos dalam pilihan pertama kamu tetap memiliki peluang untuk diterima di pilihan kedua (sesuai dengan daya tamping PTN).

6. Lakukan pengecekan secara rutin

Pengecekan yang terakhir ini adalah pengecekan saat kamu sudah terdaftar menjadi peserta SNMPTN, kamu wajib mengecek secara berkala tentang apakah nama kamu masih berada dalam urutan daya tampung yang aman atau tidak. 

Kembali mengingatkan, bahwa hal yang perlu kamu ingat adalah setiap PTN memiliki kualifikasi yang berbeda-beda. Maka dari itu Lolos SNMPTN Belum Tentu Diterima PTN jika kamu tidak melengkapi syarat-syarat yang berbeda dari masing-masing PTN yang kamu daftarkan.
Quipper Video

Bagikan Artikel ini:

Komentar Anda

Copyright © 2015-2017. wirahadie.com - All Rights Reserved