wirahadie.com

Peluang Lolos SBMPTN Pilihan Kedua Semakin Tinggi

Peluang Lolos SBMPTN Pilihan Kedua Semakin Tinggi

Lolos SBMPTN Pilihan Kedua - Di SBMPTN kita sebenarnya bisa memilih sampai dengan tiga jurusan atau program studi. Tentunya seteklah mengetahui minat dan bakat kita terlebih dahulu, kita di wajibkan mengisi tiga pilihan program studi yang kita minati. 

Ketiga pilihan tersaebut dapat kamu pilih di pilihan perguruan tinggi negeri yang sama ataupun di PTN yang berbeda-beda. Semuanya tergantung pilihan kamu. Peserta yang gagal seleksi masuk pada pilihan pertama akan di lemparkan untuk lolos SBMPTN pilihan kedua. Jadi sangatlah penting untuk mempertimbangkan pilihan-pilihan program studi tersebut. 

Lolos SBMPTN Pilihan Kedua

Berikut tips memilih program studi SBMPTN:


1. Kenali minat dan bakat kamu

Mengenali minat bakat tentunya bukan sesuatu yang bisa di tentukan dalam 1 atau dua kali pertanyaan. Kamu terlebih dahulu harus mengenali “who you are”. 

Beberapa tes psikologi bisa kamu ikuti di berbagai lembaga psikologi. Di zaman sekarang ini telah banyak biro konsultan psikologi yang sengaja membuka jasa konsultasi untuk menentukan minat bakat siswa. Kamu bisa saja mengambil beberapa konsultasi untuk mengetahui minat bakat kamu.

Mengenali minat dan bakat juga bisa kita lakukan sendiri dengan mencari tahu apa yang paling kita sukai dan bagaimana kita akan menyukai bidang atau hal tersebut. Banyak berdiskusi dengan orang tua atau orang yang kamu anggap mengerti akan sangat membantu kamu.  

2. Passing grade

Passing grade atau tingkat kelulusan, ini juga perlu kamu pertimbangkan dengan matang. Passing grade pada tiap PTN dan tiap jurusan tentunya berbeda-beda. Jika kamu yakin akan dapat melewati passing grade atas pilihanmu, kamu bisa terus tetap mengejar impianmu. Kunci kesuksesan seseorang adalah dengan fokus pada tujuan. 

Daya tamping atau kuota penerimaan mahasiswa baru di sebuah PTN yang kamu minati juga menentukan seberapa besar peluang kamu untuk dapat diterima. Maka sebelumnya cari tahu lebih banyak tentang perguruan tinggi yang kamu minati. Jadi siswa paling kepo terhadap segala sesuatu tentang universitas tertentu juga tidak ada salahnya kok. Kamu juga bisa mencari teman atau bertanya-tanya pada senior mu yang telah sebelumnya lolos di universitas yang menjadi pilihan kamu.

3. Jalur Mandiri? SBMPTN? Atau SNMPTN?

Cek dulu segala sesuatu tentang pilihan jalur yang tersedia di perguruan tinggi yang kamu minati. Apakah perguruan tinggi itu memiliki jalur lain seperti Jalur Mandiri? 

Atau kamu memang ingin mutlak diterima SNMPTN atau SBMPTN di perguruan tinggi pilihan mu.
Kamu dapat menjadikan alternatif masuk kuliah kamu dengan Jalur Mandiri yang tersedia. Namun jika ITB adalah cita-citamu, maka kamu tidak bisa mengandalkan untuk lolos di seleksi Mandiri ya?! Karena perguruan ITB ini tidak membuka jalur seleksi Mandiri. 

4. Pertimbangan yang akurat!

Untuk menentukan sebuah urutan atas universitas yang kamu pilih, kamu perlu mempertimbangkannya matang-matang. Setelah mengetahui passing grade, kuota mahasiswa dan ketersediaan jalur masuk perguruan tinggi. Kamu perlu sekali lagi menentukan urutan pilihan kamu.

Lolos SBMPTN pilihan kedua akan menjadi alternatif yang cukup bagus buat kamu. Jadi, jatuhkan pilihan program studi kamu atas apa yang benar-benar kamu minati. Jangan sampai di tengah perkuliahan nanti kamu berhenti atau stuck karena sadar telah salah mengambil jurusan. Kan nggak banget?! 

Artkel Terkait : Cara Lulus SBMPTN 2018

Yang lain lagi yang perlu kamu pertimbangkan untuk kesempatan lolos SBMPTN pilihan kedua adalah mengenai biaya yang akan timbul di tengah masa perkuliahan kamu. Pertimbangkan dengan baik agar tidak membebani pikiran kamu dengan tingginya biaya kuliah yang akan kamu bayar nanti.

Quipper Video

Bagikan Artikel ini:

Komentar Anda

Copyright © 2015-2017. wirahadie.com - All Rights Reserved