wirahadie.com

Pengalaman Lolos SBMPTN ITB yang Mengagumkan

Pengalaman Lolos SBMPTN ITB yang Mengagumkan

 Pengalaman Lolos SBMPTN ITB - Apakah ITB jadi tujuan kamu di jenjang perkuliahan nanti?! Seberapa jauh persiapan kamu untuk mengejar impian kamu lolos SBMPTN ITB? Pengalaman lolos SBMPTN ITB tentunya akan menjadi pengalaman tak terlupakan buat kamu. 

Mengingat SBMPTN yang kini sudah seperti ajang-ajang kenamaan, kamu tahu kan bagaimana ajang-ajang itu berkompetisi? Maka kamu harus benar-benar mempersiapkan dirimu untuk berlomba memenangkan tes SBMPTN pilihan kamu. 

Pengalaman Lolos SBMPTN ITB

Melakukan persiapan-persiapan yang dapat kamu lakukan sembari masa sekolahmu yang belum selesai, sebenarnya bisa saja kok kamu lakukan. Justru semakin cepat persiapan-persiapan yang kamu lakukan, akan semakin matang juga kamunya. 


Persiapan dini untuk SBMPTN 2018


1.  Kelas X

Persiapan SBMPTN mulai dari kelas x? Di kelas X Ini mungkin banyak siswa yang belum atau bahkan sama sekali tidak memikirkan bagaimana dan akan apa saat SBMPTN nanti. Namun sebaiknya kamu mulai mengetahui dulu minat dan bakat mu mulai dari kelas ini. 

Banyak yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui minat dan bakat mu. Kamu bisa mulai mengikuti beberapa kelompok belajar yang sebenarnya akan banyak menginspirasi kamu loh!

Dengan banyak masuk ke kelompok belajar, kamu akan lebih bersosialisasi dengan teman sebayamu. Di sini kamu juga akan mendapatkan bimbingan dari mentor di bimbingan belajar kamu. 

2. Kelas XI

Di tahun kedua ini kamu pastinya jadi lebih mengerti mana yang menjadi minat dan bakatmu bukan?! Nah di tahun kedua ini sebaiknya kamu mulai fokus dengan apa yang kamu anggap sebagai minat bakat yang kamu ingini. 

Kamu bisa lebih mengasah minat dan bakatmu dengan sebelumnya berkonsultasi ke Bimbingan Konseling (BK) yang ada di sekolahmu. Jangan salah loh, mereka kerjaannya bukan cuma menghukum anak-anak yang nakal. Guru-guru BK mempunyai lebih banyak pengalaman dan melihat dari psikologi siswa/i. Bisa dikatakan mereka adalah ahli psikologi yang bisa kamu andalkan untuk membantu kamu menentukan pilihan.

3. Kelas XII

Nah sekarang di tahun ke tiga ini, ini adalah tahun-tahun sibuk sekaligus mendebarkan buat kamu. Di tahun inilah semua beban kelas x, XI dan XII bercampur menjadi satu. Namun bagi kamu yang sudah benar-benar mempersiapkannya sejak kelas X ini akan menjadi lebih mudah. 

Di semester pertama kelas XII kamu bisa mulai mencari tahu tentang jalur-jalur terkait dengan penerimaan mahasiswa baru seperti SBMPTN, SNMPTN atau Jalur Mandiri. (ini buat kamu yang ingin diterima di PERGURUAN TINGGI NEGERI). 

Seperti yang sudah kami jelaskan, seleksi penerimaan mahasiswa baru di PERGURUAN TINGGI NEGERI memang akan lebih ketat dan penuh kompetisi. Namun dengan persiapan yang penuh dengan strategi pintar, yakin kok kamu akan bisa melewatinya dengan baik. 

Semester kedua di kelas XII ini kamu akan menjadi super sibuk, banyaknya jam pelajaran yang ditambah dari sekolah saja sudah membuat mu pusing tujuh keliling. Namun mantapkan hatimu bahwa kamu tetap harus fokus untuk penerimaan SBMPTN kelak. 


Tenang, kamu masih bisa melakukan banyak hal yang menyenangkan kok! Ubah mindset kamu bahwa belajar adalah hal yang menyenangkan. Belajar dengan metode berkelompok sambal sharing dan nongkrong di kafe?! Bisa saja kok! Kamu bisa menambahkan aktivitas mengerjakan contoh soal-soal SBMPTN dengan metode tanya jawab, ini akan menjadi super menyenangkan ketika kamu dikoreksi atau saling mengoreksi kesalahan teman. 

Belajar adalah harga mati memang, tapi jika kamu melakukannya dengan tanpa beban ini akan memberikan mu pengalaman lolos SBMPTN ITB yang cukup memuaskan.
Quipper Video

Bagikan Artikel ini:

Komentar Anda

Copyright © 2015-2017. wirahadie.com - All Rights Reserved