wirahadie.com

Tips Dan Cara Lulus SBMPTN 2018

Tips Dan Cara Lulus SBMPTN 2018

Cara Lulus SBMPTN - SBMPTN 2018 memang masih lama, tapi apa salahnya mempersiapkan diri  dari sekarang? Justru dengan mempersiapkannya sedini mungkin berarti kamu akan lebih dahulu siap dari pada kompetitor kamu yang lainnya bukan?! 

Ini memang bisa dikatakan mencuri start, namun ini mencuri dalam hal kebaikan ya. Tidak ada salahnya kamu mengambil langkah lebih awal. Karena selain melangkah lebih dahulu, kamu juga akan memiliki waktu yang lebih untuk mengoreksi segala kesalahan kamu sebelum benar-benar bertempur. 

Cara-Lulus-SBMPTN

Berikut beberapa tips untuk Cara Lulus SBMPTN 2018 yang bisa kamu persiapkan dari sekarang.


Cara Lulus SBMPTN 2018

1.  Belajar materi tes SBMPTN mulai dari sekarang

Materi SBMPTN bisa dikatakan sedikit berbeda dengan materi tes ujian nasional atau pun ujian sekolah. Materi yang di olah menjadi pertanyaan dan jawaban soal-soal tes SBMPTN lebih banyak membutuhkan pemahaman yang detail. 

Jangan patah semangat dulu ya?! Kamu bisa saja kok mencari contoh-contoh soal SBMPTN dari internet atau bahkan di toko-toko buku terdekat kamu. Latihan mengerjakan soal-soal itu tentunya akan lebih membuat kamu paham akan segala bentuk soal dan jawaban yang sering di putar balikkan. Belajar dengan praktik secara langsung juga merupakan cara yang paling efisien. 

2. Manajemen waktu

Hari-hari kamu di kelas 12 tidak sepanjang waktu sebelum kamu diwajibkan memikirkan tentang segala kerumitan SBMPTN. Di kelas 12 ini kamu benar-benar harus pintar dalam mengelola waktu sempit yang kamu miliki. 

Mulai kurangi kegiatan ekstra kurikuler dari sekarang. Ekstra kurikuler mungkin sudah menjadi sebuah hobi yang kamu tekuni sekarang. Namun apa salahnya untuk berhenti sejenak. Kamu tidak akan memiliki waktu yang luas saat seperti kamu di kelas 10 atau 11 loh. Kamu yang saat ini adalah kamu yang di karbit untuk siap meluncur dengan roket SBMPTN untuk menuju ke planet lain yaitu masa perkuliahan. 

3. Tidak berharap pada jalur undangan

Bagi kamu siswa yang berprestasi tentunya jalur SNMPTN sudah kamu jadikan incaran juga, namun jangan terlalu berharap! Jalur undangan ini lebih sempit lagi jalannya. Bia-bisa tidak muat untuk kamu yang tidak memili persiapan yang cukup. Umumnya siswa yang tidak lolo SNMPTN kan beralih haluan ke SBMPTN nah namun kamu tidak memiliki lagi banyak waktu Karena jarak pengumuman SNMPTN dan dibukanya ujian SBMPTN biasanya hanya dalam hitungan hari atau minggu. 

4. Analisa tujuan kamu

Loh bukannya tujuanmu sudah jelas? Untuk lolos SBMPTN kan? Itu salah! Jurusan yang kamu pilih lah yang harus kamu Analisa terlebih dahulu. Periksa secara menyeluruh, passing grade atau tingkat persaingan, lokasi perkuliahan, biaya dan kalau perlu metode belajarnya. 

Mengenali minat dan bakat kamu terlebih dahulu bisa menjadi solusi dalam hal ini. Kamu harus mengerti akan hal apa yang benar-benar ingin kamu capai sekaligus ingin kamu tempuh. Jangan sampai kamu terlalu memaksakan diri jika kamu sudah mengetahui tingkat persaingan di PTN yang kamu minati akan terlalu susah untuk kamu gapai. Bukan berati menyerah sebelum berperang. Namun perlu kamu ketahui bahwa tingkat persaingan SBMPTN saja memang sudah cukup tinggi, apalagi di sebuah PTN yang memang notabene berisi mahasiswa-mahasiswa yang kompetitif. 


Atikel Terkait: 5 Tips Lolos SBMPTN FK
 
Nah bagaimana? Sudah kah kamu siap untuk bertempur di SBMPTN tahu depan? Pelajari Cara Lulus SBMPTN yang tepat. Praktikkan tips-tips dan saran yang kamu dapat. Sekali lagi, semoga sukses esok ya?!
Quipper Video

Bagikan Artikel ini:

Komentar Anda

Copyright © 2015-2017. wirahadie.com - All Rights Reserved