wirahadie.com

Tips Sukses untuk Lolos SBMPTN

Tips Sukses untuk Lolos SBMPTN

Tips Sukses untuk Lolos SBMPTN - Mengukir sejarah untuk lolos SBMPTN juga pastinya menjadi tujuan kamu bukan?! Tak terasa semester awal di medan pertempuran ini sudah berakhir ya?! Medan pertempuran? Ya, memang seolah-olah momen kelas xii ini bikin hati kita para murid deg-deg-serr berasa seperti sedang bertempur. Sebentar lagi SNMPTN, SBMPTN dan jalur-jalur masuk Perguruan Tinggi lainnya jadi tantangan yang berbeda pula. 

tips-sukses-untuk-lolos-sbmptn

Sebelum kamu benar-benar memasuki persiapan tes SBMPTN kamu harus tahu beberapa alasan yang membuat banyak orang gagal dalam mengukir sejarah untuk  lolos SBMPTN.

Tips Sukses untuk Lolos SBMPTN

1. Terlalu berharap pada Jalur Undangan!

Boleh jadi kamu memang pintar! Segala medali perlombaan Olimpiade matematika, fisika, kimia dan yang lain-lainnya pernah kamu raih. Nilai rapor kamu aduhai dengan rentetan nilai a, a, a dan a ternyata akan kalah dengan faktor luck! Tidak 100% luck, namun bisa jasa gegara ambisi kamu untuk terlalu fokus pada Jalur Undangan ternyata membawa kesalahan besar seperti kurangnya syarat administrasi dan lain-lain. 

Perlu di ingat persentase penerimaan jalur SNMPTN itu hanya di bawah 20% dari para pelamar yang jumlahnya membludak! Lihat seberapa banyak saingan kamu. 

Pengumuman SNMPTN dan tes SBMPTN sangatlah mepet waktunya, kamu tidak cukup hanya mempersiapkan SBMPTN setelah mengetahui kamu tidak menerima undangan SNMPTN kan?! 

2. Persiapan yang asal-asalan

Persiapan SBMPTN memang harusnya lebih di siapkan matang-matang. Mungkin kamu terlalu pede dengan track record kamu yang merupakan siswa unggulan, tapi sebaiknya kamu lebih berhati-hati karena banyak yang tadinya di bawah kamu tetapi mereka menyiapkannya dengan baik.

Persiapan yang perlu kamu lakukan meliputi; persiapan mental, administrasi, penguasaan materi, dan fisik yang harus terjaga untuk tetap sehat. 

3. Kesiapan fisik

Banyak di antara calon mahasiswa terdahulu harus gagal karena tidak dapat hadir dalam hari besar tes penerimaan jalur SBMPTN hanya karena sakit! So, kamu harus lebih hati-hati dalam menjaga kesehatan kamu, siapa yang tahu nanti akan ada virus-virus berbahaya yang membawa sumber penyakit yang tidak bisa kamu tolak. Apalagi dengan tubuh yang rentan akan terserang penyakit karena telah ter forsir belajar. 

4. Administrasi

Sebagian besar siswa juga banyak yang gagal sebelum bertarung karena syarat administrasi yang kurang lengkap. Sebaiknya kamu menyiapkan direktori file yang benar-benar rapi agar mengurangi tingkat kesalahan dalam poin ini ya?!

Sebaiknya ini kamu siapkan jauh-jauh hari sebelum SBMPTN dibuka, siapkan satu wadah semacam stop map khusus untuk file-file administrasi penerimaan SBMPTN kamu. Simpan dengan baik dan gunakan pada waktunya!

5. Penguasaan materi

Materi tes yang disuguhkan di penerimaan mahasiswa di jalur SBMPTN akan jauh lebih susah ketimbang soal-soal tes ujian nasional loh, kamu perlu lebih banyak berlatih dengan mengerjakan soal-soal contoh tes penerimaan di jalur SBMPTN kamu. Dengan banyak mengerjakan soal-soal latihan, kamu juga sebenarnya belajar kok untuk mengerjakan soal ujian nasional yang ternyata jauh lebih mudah. Nah bagaimana? Sambil menyelam minum air bukan namanya?!

6. Pilihan jurusan

Pilihan jurusan juga sering jadi kendala gagalnya kamu dalam mengukir prestasi cerita lolos SBMPTN. Kamu sebaiknya lebih mencari-cari tahu dulu tentang jurusan apa yang memiliki peluang yang besar, tentunya yang sesuai dengan minat dan bakat kamu ya?! 

Mencari info tentang passing grade di setiap universitas yang kamu minati adalah cara pertama yang dapat kamu tempuh. Mengetahui passing grade akan membuat kamu lebih mempertimbangkan akan kesempatan yang tersedia disana. 

Nah dari ke enam poin di atas, yang mana yang belum kamu persiapkan dengan baik? Ayo persiapkan SBMPTN mulai dari sekarang agar kamu dapat share tips untuk lolos SBMPTN dengan adik-adik kelas kamu yang sama-sama akan berjuang kelak!
Quipper Video

Bagikan Artikel ini:

Komentar Anda

Copyright © 2015-2017. wirahadie.com - All Rights Reserved