wirahadie.com

Kuku Jari Tangan Lebih Cepat Tumbuh daripada Jari Kaki

Kuku Jari Tangan Lebih Cepat Tumbuh daripada Jari Kaki

Fakta Sains Tentang Kuku - Kuku merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang terdapat pada ujung jari tangan maupun ujung jari kaki. Kuku juga tumbuh pada ujung jari tangan dan ujung jari kaki. Seperti halnya tulang dan gigi, kuku termasuk dalam bagian terkeras dari tubuh manusia. Hal ini dikarenakan kuku, tulang, dan gigi memiliki kandungan air yang sedikit. Kuku ini memiliki fungsi untuk melindungi ujung jari yang lembut dan penuh saraf, serta mempertinggi daya sentuh. 
fakta-sains

Pada kulit yang tepat dibagian bawah kuku berwarna kemerah – merahan, hal ini dikarenakan banyak pembuluh kapiler darah yang memiliki supplay darah kuat. Kuku manusia terbentuk dari protein keratin yang banyak mengandung belerang (S). Keratin adalah salah satu protein yang bersifat keras dan biasanya terdapat pada kulit dan rambut manusia. Keratin ini terbentuk dari aktivitas sel – sel kulit jari yang mati sebagai efek metabolisme tubuh, dan pengerasan sel – sel mati tersebut mengandung belerang (S). 

Kuku manusia terdiri dari beberapa bagian yaitu nail plate (bagian kuku yang terlihat oleh mata), nail bed (kulit dibawah nail plate), kutikula (jaringan yang melapisi plate dan bagian dasar kuku), nail fold (lipatan kulit yang membentuk kuku dan mendukung kuku dari tiga sisi), lunula (bagian kuku yang berwarna keputih-putihan berbentuk seperti bulan sabit dibagian bawah kuku), dan matriks (bagian kuku yang tersembunyi dibawah kutikula).

Sedangkan pertumbuhan kuku manusia dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya yaitu fektor nutrisi. Semakin baik nutrisi yang kita konsumsi, maka semakin cepat pertumbuhan kuku dan juga semakin sehat. Begitu pula sebaliknya, jika kita kekurangan nutrisi maka kuku semakin lambat untuk tumbuh dan juga kurang sehat. Selain itu juga dipengaruhi oleh suhu, kesehatan, dll. Kuku jari tangan lebih cepat tumbuh daripada kuku jari kaki. 

Mengapa demikian? 

Berikut jawabannya berdasarkan fakta sains tentang kuku: 

  1. Kuku jari tangan 3x lebih cepat tumbuh daripada kuku jari kaki. Para ahli dermatologist mengatakan bahwa pertumbuhan kuku sepanjang 0,1 mm perhari. Namun, pada kuku jari tangan pertumbuhannya dalam satu minggu mecapai 0,5-1,5 mm. Sehingga, kuku jari tangan tumbuh 3x lebih cepat daripada kuku jari kaki. 
  2. Kuku jari tangan lebih sering terkena paparan sinar matahari, sedangkan kuku jari kaki lebih sering tertutup. Paparan sinar matahari akan merangsang pertumbuhan sel lebih cepat, maka dari itu kuku jari tangan lebih cepat panjang dari pada kuku jari kaki yang sering tertutup dari sinar matahari karena memakai kaos kaki dan sepatu. 
  3. Kuku jari tangan sistem sirkulasinya lebih baik daripada kuku jari kaki. Karena jari tangan terletak dengan jantung, sehingga sistem sirkulasinya lebih baik daripada jari kaki. Sehingga, aktivitas metabolisme lebih cepat dan sel lebih cepat berkembang yang mengakibatkan kuku jari tangan lebih cepat tumbuh. 
  4. Kuku jari tangan tumbuh dari bagian matriks sel. Kuku tumbuh dari keratin, keratin adalah protein yang bersifat keras dan terdapat pada kulit dan rambut. Sebagai sel yang baru tumbuh di dalam matriks, sel yang lama dipaksa untuk keluar dan kemudian melalui proses hingga terbentuklah kuku. 

Fakta Sains yang lain mengenai kuku yaitu kuku laki – laki lebih cepat tumbuh daripada kuku perempuan. Hal ini dikarenakan laki – laki beraktivitas lebih berat daripada perempuan. Sehingga, sistem regulasi dan sistem metabolisme sel meningkat dan mengakibatkan pertumbuhan sel lebih cepat. Fakta lain yang kita ketahui tentang kuku yaitu kuku jari kaki 2x lebih tebal daripada kuku jari tangan. 

Demikianlah Fakta Sains mengenai kuku manusia. Meskipun pertumbuhan kuku dipengaruhi oleh banyak faktor, kuku juga perlu untuk dirawat agar tetap sehat dan terlihat indah. Baik itu kuku jari tangan maupun kuku jari kaki, memerlukan perawatan yang sama. 
Selamat Membaca... Semoga Bermanfaat. 😊

Quipper Video

Bagikan Artikel ini:

Komentar Anda

Copyright © 2015-2017. wirahadie.com - All Rights Reserved