wirahadie.com

Persiapan Lolos SBMPTN Kedokteran 100% Berhasil!

Persiapan Lolos SBMPTN Kedokteran 100% Berhasil!

Lolos SBMPTN kedokteran mungkin menjadi banyak incaran para siswa, apalagi jurusan ini memang banyak peminatnya. Baik yang sudah ada di jalur MIPA maupun bagi yang lintas jurusan. Menjadi jurusan paling popular di antara jurusan yang lainnya, bagi kamu yang mengincar fakultas kedokteran ini tentunya harus lebih mempersiapkan segala sesuatunya yang berkaitan dengan jalur SBMPTN kedokteran ini. 

lolos-sbmptn-kedokteran

Tingkat persaingan sudah pasti lebih ketat di banding jurusan yang lain. Nah sejauh mana persiapan kamu untuk lolos SBMPTN kedokteran di Perguruan Tinggi Negeri pilihan kamu?



Berikut beberapa persiapan SBMPTN fakultas kedokteran yang dapat kamu ikuti mulai dari sekarang!

1. Mempelajari Segala Hal Tentang MIPA

Menguasai materi MIPA adalah syarat utama untuk kamu bisa lolos di fakultas kedokteran. Kamu harusnya lebih berkonsentrasi pada mata pelajaran seperti biologi, fisika, kimia dan matematika. Eh, tak lupa mata pelajaran bahasa inggris yang juga merupakan prasyarat untuk dapat lulus ujian nasional.

Mata pelajaran bahasa inggris terkadang juga menjadi salah satu syarat di beberapa PTN loh, sama kan dengan UN.

2. Self Reminder

Dengan mempunyai motivasi yang tinggi maka kamu akan lebih bersemangat untuk menggapai cita-cita kamu. Beberapa hal yang sempat di praktikkan oleh para pendahulu kamu adalah memasang self reminder berupa catatan kecil atau bahkan poster buatan sendiri yang lebih menegaskan poin kesuksesan yang ingin kamu raih. 

Pasang atau tempelkan goal-goal kamu di setiap sisi ruangan yang sering kamu kunjungi. Contohnya di tembok dekat meja belajar kamu. Ini terbukti dapat meningkatkan semangat belajar dan memperkuat motivasi diri sendiri. 

3. Latihan Soal Tes SBMPTN

Berlatih mengerjakan contoh soal-soal SBMPTN akan sangat membantu kamu untuk mengenal berbagai macam model soal. Kamu bisa saja kok membeli contoh-contoh soal tes SBMPTN di banyak toko buku terdekat kamu. Mereka umumnya mencetak lengkap dengan jawaban dan pembahasan yang sekaligus dapat kamu pelajari juga. 

4. Belajar Kelompok

Untuk meningkatkan mionat belajar kamu, kamu juga dapat membentuk kelompok belajar yang kamu khususkan untuk persiapan tes SBMPTN. Tentu saja banyak yang berminat akan hal ini. Selain pembelajaran lebih mudah karena dikerjakan secara berkelompok, kamu juga akan mendapatkan momen tukar pikiran yang tentu saja membantu kamu untuk mengembangkan diri lebih jauh. 

5. Mulai Kepo!

Mulai kepo dengan jurusan di Perguruan Tinggi Negeri yang kamu incar. Sifat kepo ini ternyata memberikan kita lebih banyak manfaat., apalagi jika dilakukan untuk suatu hal yang positif! Tidak hanya ke poin kegiatan pacar ya… hehehehe. 

Kamu bisa mulai mencari tahu tentang seluk beluk Perguruan Tinggi yang kamu incar, mulai dari histori sebuah universitas, ketersediaan jurusan yang kamu minati, dan juga passing grade di setiap jurusan yang kamu inginkan. 

6. Gali Lebih Jauh Tentang Minat Dan Bakat

Minat dan bakat ini juga penting yah ternyata. Kamu perlu lebih dulu mengetahui minat dan bakat kamu. Sekarang kamu telah menemukan intinya. Fakultas kedokteran adalah incaran kamu. Tapi perlu kamu ketahui bahwa fakultas kedokteran saja memilik banyak pilihan jurusan seperti kedokteran gigi, kesehatan masyarakat, dokter spesialis dan sebagainya.

Nah yang mana yang sesuai dengan minat dan bakat kamu? 

Setelah mengetahui beberapa poin penting tentang persiapan lolos SBMPTN kedokteran, tentunya sekarang kamu menjadi selangkah lebih siap bukan?! Nah sisanya… ayo lanjutkan perjuangan kamu dengan ke enam tips di atas! Semangat ya!

Quipper Video

Bagikan Artikel ini:

Komentar Anda

Copyright © 2015-2017. wirahadie.com - All Rights Reserved