wirahadie.com

Ide Dekorasi Kelas Tema Wayang dan Tips Dekorasinya

Ide Dekorasi Kelas Tema Wayang dan Tips Dekorasinya

Dekorasi Kelas Tema Wayang Pernah kepikiran tentang dekorasi kelas tema wayang? Dekorasi kelas adalah kegiatan yang biasa dilakukan di sekolah. Apalagi jika hal itu bertujuan untuk menyambut hari-hari besar nasional. Misalnya, dalam rangka menyambut hari kemerdekaan RI, hari raya Idul Fitri, dan perayaan natal. Kelas biasanya didekorasi dengan konsep yang sesuai dengan tema peringatan hari-hari tersebut. 

Sebagai contoh, sebuah sekolah mewajibkan seluruh siswanya untuk mendekorasi kelas dengan tema merah putih untuk menyambut hari kemerdekaan. Namun, bagaimana jadinya jika Dekorasi Kelas Tema Wayang? Pernahkah kamu berpikir untuk menerapkan tema ini ke dalam kelas kamu? Selain unik, tema wayang juga sangat Indonesia jadi kamu sekaligus bisa ikut melestarikan budaya bangsa ini. Nah tulisan kali ini akan memberikan beberapa tips dekorasi yang bisa kamu jadikan inspirasi.

dekorasi-kelas

Mengapa Memilih Tema Wayang?


Sebenarnya ada beragam tema dan konsep yang bisa kamu gunakan untuk mendekor kelas. Namun memilih Dekorasi Kelas Tema Wayang ternyata memiliki kelebihan yang menjadikannya lebih unggul. 

Yuk disimak beberapa kelebihan berikut ini:

1. Bernilai seni

Dalam sebuah dekorasi, nilai seni sangat penting. Apalagi jika konsep yang diterapkan itu memang memiliki nilai seni yang tinggi. Hal ini akan memberikan kesan yang lebih indah daripada biasanya.

2. Melestarikan budaya

Sebagaimana yang kita ketahui, wayang adalah kesenian asli dari pulau Jawa. Hal tersebut merupakan salah satu kebudayaan yang patut dilestarikan. Sebagai anak bangsa, cara sederhana yang dapat dilakukan untuk ikut melestarikannya yaitu dengan menerapkan tema wayang dalam dekorasi kelas

3. Pesan moral

Di dalam pewayangan, terdapat banyak lakon wayang yang sarat akan pesan moral. Contohnya, pesan kepemimpinan dari tokoh Wayang Arjuna. Hal ini menjadi nilai plus tema wayang.

4. Desain unik

Ornamen-ornamen pewayangan memiliki ciri khas tersendiri yang akan memberikan keunikan di kelas kamu.

Sudah jelas kan, mengapa kamu layak memilih tema wayang dalam dekorasi kelas kamu. Tidak hanya akan memperindah tapi juga memberikan nilai lebih yang akan menjadikan kelas kamu lebih menarik.

Tips-Tips Dekorasi Kelas Tema Wayang

Agar memudahkan proses dekorasi di kelas kamu, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan.
  • Tetapkan konsep pewayangan. Sebelum melangkah ke proses dekorasi kelas, sebaiknya tentukan dulu jenis dan tokoh wayang yang akan diterapkan. Jangan sampai kamu kebingungan di tengah-tengah karena konsep yang kurang jelas.
  • Berikan kesan etnik yang lebih kental dengan menerapkan latar krem di seluruh ruangan. Kamu bisa memulai dekorasi dengan mengecat ulang seluruh kelas terlebih dahulu sebelum menerapkan lukisan wayang.
  • Lukisan ornamen pewayangan dengan warna coklat tua. Perpaduan warna akan sangat menentukan hasil nantinya. Coklat tua selain sesuai dengan warna wayang juga tampak cocok dengan latar krem tadi. Ini seperti melukis di atas kanvas, bedanya kanvasnya kali ini adalah dinding kelas kamu. Buat sedetail mungkin ornamen pewayangan agar lebih akurat.
  • Permainan garis menambah kesan etnik. Tambahkan beberapa pola garis khas kesenian wayang di sekitar lukisan ornamen agar terkesan lebih etnik.
  • Pesan pendek yang mendidik. Ini yang terakhir namun tidak kalah pentingnya. Kamu bisa mengambil pesan-pesan moral dari lakon-lakon pewayangan untuk diterapkan di atas dinding kelas agar lebih mendidik.

Tema wayang memang sangat tradisional, namun dengan beberapa tips di atas, hasilnya akan tetap keren dan tidak ketinggalan zaman loh. Bagaimana, menarik kan Dekorasi Kelas Tema Wayang ini? Kalau kamu tertarik melakukan dekorasi di kelas kamu, jangan lupa diskusikan dulu ya dengan wali dan teman-teman kelas kamu. 

Quipper Video

Bagikan Artikel ini:

Komentar Anda

Copyright © 2015-2017. wirahadie.com - All Rights Reserved