wirahadie.com

Mengapa Telapak Tangan Berkeringat? Ini Penyebabnya!

Mengapa Telapak Tangan Berkeringat? Ini Penyebabnya!

Mengapa Telapak Tangan Bisa Berkeringat?|Tangan berkeringat bisa terjadi karena masalah yang wajar dan juga tidak wajar. Karena masalah yang wajar apabila terjadi pada kondisi tertentu, misalnya gugup ketika tampil diatas panggung, gugup ketika berpidato didepan orang banyak, dll. Sedangkan dikarenakan masalah tidak wajar apabila tanpa adanya penyebab. 

Kita sering mendengar mitos bahwa apabila tangan sering berkeringat tanpa sebab, menandakan bahwa adanya gangguan jantung. Namun, apakah mitos ini benar? Mari kita simak penjelasan berikut ini. 


Artikel Terkait: Cara Mengatasi Cegukan

penyebab-tangan-berkeringat

Penyebab Telapak Tangan Berkeringat

Keringat pada telapak tangan atau pada telapak kaki yang keluar secara tiba - tiba, bisa disebabkan oleh banyak hal. Diantaranya yaitu : 

1. Hipertiroidism

Hipertiroidism ini adalah kondisi produksi hormon tiroid yang berlebihan. Hormon tiroid ini diproduksi oleh kelenjar tiroid atau kelenjar gondok yang terletak dibagian depan leher. Jika pada laki - laki, dekat dengan jakun. Gejala penyakit ini, selain berkeringat pada telapak tangan atau telapak kaki, juga berkeringat pada lengan. Hal ini menyebabkan berat badan menurun, sering gelisah, jantung berderbar - debar, tangan tremor, gemetaran, tidur tidak nyenyak, serta otot pada atas paha terasa melemah. 

Apabila mengalami gejala - gejala tersebut, maka segera periksa ke dokter. Biasanya, dokter akan memeriksa leher, kemudian menganjurkan periksa darah untuk mengukur kadar hormon tiroid. Sehingga, hipertiroidism dapat diobati. 

2. Hiperhidrosis

Hiperhidrosis merupakan keluarnya keringat yang berlebihan dan yang tidak hanya terbatas pada bagian tubuh tertentu, dan biasanya terjadi pada orang dewasa. Penyebab hiperhidrosis pada orang dewasa yaitu : 
  • Gangguan hormon, seperti penyakit gondok
  • Gangguan metabolisme, seperti kekurangan atau kelebihan gula darah
  • Adanya penyakit saraf
  • Adanya penyakit jantung 
  • Adanya penyakit ganas seperti kanker 
  • Adanya penyakit TBC atau flek paru - paru 
  • Menopause 
  • Demam 
  • Pecandu alkohol berat 
Selain menyerang orang dewasa, hiperhidrosis terkadang juga menyerang anak - anak dan remaja. Hiperhidrosis yang menyerang anak - anak dan remaja ini biasanya disebut hiperhidrosis lokal. Hiperhidrosis lokal ini hanya menyerang bagian tubuh tertentu saja. Adapun penyebab hiperhidrosis lokal yaitu : 
  • Adanya kelainan pada kelenjar keringat 
  • Adanya kelainan pada saraf 
  • Adanya kelainan pada pembuluh darah 
  • Adanya stress 

Sedangkan cara untuk mengatasi hiperhidrosis ini yaitu dengan cara : 
Pertama, pahami dulu penyebabnya. Hampir kebanyakan orang mengalami telapak tangan berkeringat. Namun, sebagian dari mereka ada yang sifatnya sementara saja dan ketika pada kondisi tertentu seperti cemas, takut, dsb. Namun, ada pula orang yang terkena hal ini tidak bisa mengendalikannya. Hal ini dikarenakan adanya sistem saraf yang tidak sadar yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya, dan juga sinyal yang susah dikirim dari otak menuju kelenjar keringat. Sehingga, telapak tangan yang berkeringat seperti ini harus dicari tau penyebabnya. 

3. Hiperhidrosis Palmar

Hiperhidrosis palmar ini adalah kondisi telapak tangan yang berkeringat secara berlebihan. Kondisi ini sebenarnya bukan penyakit kelainan jantung, walaupun sesungguhnya berhubungan dengan saluran pada jantung. Namun, kondisi ini disebabkan oleh faktor genetik yang menyebabkan Hidrosis Palmar. 

Untuk pengobatan Hidrosis Palmar ini sangat bervariasi, mulai dari diberi olesan larutan alumunium chloride (hexahydrate), minum obat golongan beta - blocker, sampai dengan operasi simpatektomi (thoracoscopic sympathektomy).  Yaitu operasi yang dilakukan pada daerah sekitar ketiak, kemudian salah satu saraf telapak tangan dijepit atau dipasang klep. 

Sedangkan untuk pengobatan alternatifnya yaitu bisa dengan terapi botox pada telapak tangan. Namun, terapi ini bersifat hanya sementara. Jika masa waktu dari terapi sudah habis, kemungkinan besar kondisinya akan kembali seperti semula yaitu berkeringat secara berlebihan. 

Sedangkan untuk cara termudah mengurangi telapak tangan yang berkeringat berlebihan, bisa menggunakan bedak bayi. Bedak bayi disapukan pada telapak tangan setiap kali sesudah mencuci tangan. Maka hal ini akan mengurangi keringat berlebih pada telapak tangan. 



Selain itu, keringat berlebih pada telapak tangan juga bisa disebabkan oleh terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein, dan juga pada saat kondisi gelisah. Sehingga, hindari minum minuman berkafein seperti kopi, teh kental, dan minuman berkarbonat. 

Demikianlah fakta sains mengenai Mengapa Telapak Tangan Bisa Berkeringat? Telapak tangan bisa berkeringat disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya yaitu faktor genetik, faktor menopause, dan juga karena adanya penyakit tertentu yang diderita. 
Selamat Membaca. Semoga Bermanfaat :)

Quipper Video
loading...

Bagikan Artikel ini:

Komentar Anda

Copyright © 2015-2018. wirahadie.com - All Rights Reserved