wirahadie.com

Perbedaan Quipper dengan Ruang Guru

Perbedaan Quipper dengan Ruang Guru

Perbedaan Quipper dengan Ruang Guru | Masih Banyak siswa yang bingung untuk memilih antara Quipper dengan Ruang Guru. Kali ini saya mencoba memberikan sedikit ulasan antara Perbedaan Quipper dengan Ruang Guru. 

Keduanya memang sama-sama media belajar online yang menyajikan konten belajar menggunakan video. Tapi, kedua startup ini masing-masing memiliki perbedaan, kekurangan dan kelebihan. Jadi, tidak ada yang sempurna, pasti ada kekurangan dan kelebihannya.

quipper-ruang-guru
Perbedaan Quipper dengan Ruang Guru

Mungkin masih banyak yang bingung mau pilih Quipper atau Ruang Guru sih?

Menentukan pilihan itu memang sulit, terkadang bikin dilema. Takutnya salah pilih dan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Untuk itu kamu wajib baca informasi ini sampai habis.

Sebelum saya memulai mengulasnya saya ingin memberikan informasi sedikit tentang sejarah kedua startup ini, sebagai informasi tambahan.


Perbedaan Quipper dengan Ruang Guru

1. Sejarah Singkat Quipper dan Ruang Guru di Indonesia

#Quipper
Pertama kali Quipper hadir di Indonesia  hanya menyajikan konten belajar untuk siswa di sekolah dari jenjang SMP dan SMA yang diakses secara gratis bernama Quipper School, satu tahun kemudian mereka menghadirkan konten pembelajaran dalam bentuk video yang diakses dengan cara berbayar dengan nama Quipper Video.

#Ruang Guru
Pertama kali  hadir sebagai startup yang berfungsi sebagai perantara yang mempertemukan Guru dengan Siswa. Awalnya seperti tempat mencari guru privat via online yang bsia dipanggil ke rumah. Sistemnya seperti halnya ecommerce ternama yaitu Tokopedia dan Bukalapak yang menghubungkan penjual dengan pembeli. 

Namun, seiring dengan perkembangan zaman mereka ber-transformasi untuk mengikuti tren peluang bisnis dengan menghadirkan konten video belajar online. Seperti halnya Quipper dan Zenius yang menawarkan produk sejenis.

Quipper merupakan produk luar negeri sedangkan Ruang Guru merupakan produk lokal. Ibaratnya perusahaan penyedia layanan transfortasi online antara Grab dengan Go Jek, tahu kan? Biasanya brand luar lebih terjamin kualitasnya daripada brand lokal.
2. Brand Ambassador
Untuk brand ambasador masing-masing kedua startup ini memilih para artis ternama sebagai brand ambasaador mereka, dengan tujuan agar produk dan layanan yang mereka tawarkan mudah untuk dikenal atau diterima oleh target market mereka yaitu para siswa.

#Quipper
Untuk Quipper masih menggunakan brand ambasador perempun yaitu Febby Rastanty yang pada tahun sebelumnya mereka juga menggunakan brand ambasador perempuan yaitu Maudy Ayunda. 


Dari brand ambasador ini kami melihat keduanya merupakan tidak hanya artis ternama namun, memang mereka memiliki kualitas pendidikan atau prestasi akademik yang di atas rata-rata. Pihak Quipper memilih brand ambasador dengan melihat prestasi akademik mereka juga, Quipper benar-benar memilih brand ambasador yang bisa jadi panutan buat para Quipperian (Pengguna Quipper).

#Ruang Guru
Untuk brand ambasador Ruang Guru mereka memilih artis cowok yang lagi ngehits yaitu Iqbaal Ramadhan. Yang pastinya generasi milenial pasti tahu artis-artis muda yang lagi ngehits sekarang.

Pada tahun sebelumnya saya kurang tahu brand ambasador mereka, saya mencoba mencari informasi tapi belum menemukan siapa brand ambasador Ruang Guru sebelum Iqbaal Ramadhan.


Memang Ruang Guru pada tahun 2018 ini melakukan investasi besar-besaran untuk mempromosikan produk mereka, hampir di semua media layanan iklan mereka selalu tampil. Seperti di TV, media online seperti Youtube dan mereka banyak bekerjasama dengan perusahaan ternama. Jadi, tak heran kalau pada tahun 2018 ini Ruang Guru sedikit melejit popularitasnya karena iklannya yang bertebaran dimana-dimana.


3. Fitur dan Layanan
Nah, mungkin perbedaan ini yang paling penting buat kamu agar bisa memilih, apakah akan menggunakan Quipper atau Ruang Guru untuk menemani kami belajar nantinya.

Untuk poin fitur dan layanan ini akan saya bahas lebih panjang agar informasi yang saya sajikan bisa lebih jelas dan dapat memberikan manfaat buat kamu yang masih bingung dalam menentukan pilihan.


#Quipper

Fitur dan Layanan Quipper Video

Fitur Dasar Quipper Video

Fitur dasar Quipper Video ada 3, sebenarnya kalau fitur lain di dalam akun Quipper sangat banyak. Tapi, kami ingin menjelaskan fitur yang paling utama saja:
  • Video Pembelajaran; Fitur ini menyajikan konten materi pelajaran dalam bentuk video
  • Latihan Soal dan Pembahasan; Terdapat soal latihan dan pembahasan di setiap materi pelajaran
  • Catatan Belajar; Catatan belajar ini berisi rangkuman materi pelajaran yang ada pada video pembelajaran

Layanan Quipper Video

Quipper Masterclass

Layanan masterclass ini memungkinkan kamu untuk menanyakan materi pelajaran yang kamu anggap sulit. Di Quipper masterclass ini kamu bisa nanya tutor dan sekaligus mendapat bimbingan dari para kakak pembimbing Quipper dalam hal penentuan jurusan dan penentuan tujuan kuliah kamu yang sesuai dengan minat dan bakat kamu.



Contoh materi belajar Quipper Video

Materi Fisika Kelas 12 - Gelombang



#Ruang Guru

Fitur dan Layanan di Ruang Guru

Fitur Ruang Guru
Untuk kegiatan belajar sama halnya dengan Quipper, Ruang Guru juga menyajikan konten video, latihan soal dan rangkuman materi pelajaran. Yang diakses Ruang Belajar.

Untuk layanan yang disajikan di Ruang Guru memiliki banyak pilihan diantaranya:

  1. Ruang Belajar; Untuk mengakses materi pelajaran
  2. Ruang Les online; Untuk menanyakan PR atau tugas 
  3. Digital Bootcamp; Grup belajar online se-Indonesia
  4. Ruang Uji; Untuk mengikuti try out
  5. Ruang Les; Untuk mencari guru privat dan bisa kamu panggil datang ke rumah untuk mengajar kamu
  6. Ruang Kelas; Layanan learning management system sbagai saranan kelas virtual untuk para guru dan murid.

Contoh materi belajar di Ruang Guru 

Fisika Kelas 12 - Rangkaian Listrik



Dari kedua konten Video di atas baik Quipper maupun Ruang Guru menurut saya, sama-sama menarik untuk disimak jika dibandingkan gaya belajar di sekolah yang terkesan membosankan. Meskipun ada beberapa guru di sekolah yang ngajarnya juga gak kalah sama di bimbel.

Perbedaan Mendasar
Fitur layanan yang disajikan oleh Ruang Guru lebih banyak pilihan daripada Quipper. Namun perlu diperhatikan dari kedua konten video di atas, dari segi kualitas tutor terlihat bahwa tutor Quipper sepertinya lebih fun dan asyik untuk disimak. 
Ruang Guru unggul di layanan yang diberikan variatif jadi dan banyak pilihan
Quipper lebih unggul dari segi kualitas tutornya


(!) Perhatian
Tunggu update berikutnya ya, saya ngetik ini tengah malam, dan saya ijin untuk istirahat dulu, besok pasti saya lanjutkan pembahasan artikel ini. Stay terus ya..

4. Harga Paket Berlangganan
5. Kekurangan dan Kelebihan

Quipper Video
loading...

Bagikan Artikel ini:

Komentar Anda

Copyright © 2015-2018. wirahadie.com - All Rights Reserved