wirahadie.com

Tips Memilih Bimbel Online yang Tepat

Tips Memilih Bimbel Online yang Tepat

Bingung memilih bimbel online agar tidak mengecewakan? Berikut tips memilih bimbel online.

Situs atau aplikasi bimbel (bimbingan belajar) online memang sedikit banyak menguntungkan penggunanya. Hal tersebut karena selain belajarnya yang lebih praktis dan fleksibel, materi yang dipaparkan juga lebih sederhana dan penyajiannya yang lebih mengasyikkan sehingga siswa tidak mudah bosan dalam belajar. Namun, ada saja bimbel online yang tidak sesuai dengan ekspektasi. Berikut tips dalam memilih bimbel online.

tips-memilih-bimbel-online


Tips Memilih Bimbel Online yang Tepat 

1. Pastikan keberadaan bimbel online di online store

Sebuah bimbel online tentunya tidak akan menyediakan sebatas situs saja namun juga menyediakan aplikasi yang dapat diunduh bebas oleh pengguna. Aplikasi memudahkan pengguna untuk mengakses bahkan menyimpan pencapaian belajar dari bimbel online yang diikuti. Selain itu, dengan adanya aplikasi pengguna tidak perlu melakukan login karena aplikasi memungkinkan login otomatis.

Agar tidak kecewa dengan pelayanan bimbel online yang hendak diikuti, sebaiknya melihat dahulu apakah bimbel online yang akan diikuti sudah tersedia pada online store seperti google play store atau app store. Keberadaan aplikasi bimbel online pada online store ini juga menjadi tanda bahwa bimbel online tersebut merupakan milik perusahaan startup resmi

2. Perhatikan rating dan review dari pengguna

Sebelum memulai men-download atau menggunakan jasa bimbel online, sebaiknya melihat rating dari para pengguna sebelumnya. Rating dan respons pengguna sebelumnya dapat dilihat pada kolom rating dan komentar yang tersedia pada setiap online store yang menyediakan aplikasi bimbel online. Dari sini sebenarnya pengguna baru akan memiliki gambaran terkait aplikasi bimbel online yang akan digunakan.

Selain itu kamu juga harus mencari tahu review dari pengguna bimbel online tersebut, agar kamu dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan bimbel online yang bakal menjadi pilihan kamu. Kamu bisa browsing di google dengan mengetik kata kunci Review Pengguna....... (ketik nama bimbel yang ingin kamu cari tahu review-nya).

Para pengguna sebelumnya telah lebih berpengalaman dan telah merasakan hal positif dan negatif selama menggunakan bimbel tersebut. Namun tentu saja rating dan review pengguna bukanlah satu-satunya patokan karena rating dan komentar bisa saja di berikan pada suatu aplikasi dengan bebas. Artinya respon pengguna sebelumnya tidak semuanya valid, tetapi setidaknya bisa dijadikan acuan.

3. Mencoba trial (Uji coba gratis)

Khusus bagi aplikasi bimbel online berbayar, tips memilih bimbel online dengan cara mencoba trial dirasa lebih baik. Setiap situs maupun aplikasi bimbel online tentu menyediakan versi trial yang dimana versi ini bisa di akses secara gratis. Versi trial ini memang diperuntukkan bagi pengguna baru untuk mengukur kenyamanan dan kesesuaian pengguna dengan aplikasi serta sistem aplikasinya.

Pengguna dapat mencoba trial dan apabila merasa nyaman serta cocok dengan sistem pembelajaran maupun pemaparan materi dari bimbel  online tersebut maka bisa mencoba versi berbayar. Versi berbayar tentunya akan memiliki fitur yang lebih bervariasi dan beragam dari hanya sekadar versi trial. Jika pengguna sudah merasa pas dengan trial, tidak perlu berfikir dua kali untuk mencoba versi berbayar.

4. Memiliki copy right

Copy right atau hak cipta ini sangat penting bagi sebuah usaha atau yang memiliki kekayaan intelektual. Adanya hak cipta dapat meyakinkan seseorang tentang keapsahan suatu benda atau materi. Dengan melihat adanya copy right pada sebuah situs maupun aplikasi bimbel online, maka pengguna akan merasa lebih aman dan nyaman menggunakan bimbel online tersebut.

Pengguna tidak perlu merasa khawatir nantinya jika situs atau aplikasi tersebut di banned karena tidak memiliki hak cipta. Otomatis pengguna yang sudah melakukan pembayaran (bagi aplikasi/situs berbayar) akan merasa dirugikan. Pentingnya hak cipta ini juga agar situs atau aplikasi tidak diambil alih oleh perusahaan lain dimana hal ini juga akan lebih merugikan pihak pemilik resmi. 

5. Adanya iklan dari bimbel tersebut

Iklan ini sangat berguna untuk lebih meyakinkan pengguna. Selain berperan sebagai media mempromosikan, iklan juga sangat membantu pengguna dalam menemukan produk yang terbaik. Begitu juga dengan iklan promosi aplikasi maupun situs bimbingan belajar online. Adanya iklan juga menjadi acuan bahwa aplikasi tersebut memiliki keistimewaan yang ingin disampaikan melalui iklan.

Keistimewaan yang dimaksud adalah pada iklan biasanya dimuat fitur, keuntungan, dan kelebihan yang dimiliki aplikasi ataupun situs bimbingan belajar online yang sedang di iklankan dibandingkan dengan situs bimbingan belajar online lainnya. dari situ, pengguna bisa membedakan, membandingkan, serta mempertimbangkan situs atau aplikasi online tersebut dengan yang lainnya.
Biaya kursus bimbel yang sewajarnya (khusus untuk berbayar)

Biaya memang menjadi kendala utama ketika hendak mengikuti bimbel online khususnya bimbel online berbayar. Tiap situs atau aplikasi bimbel online mematok harga yang berbeda-beda satu sama lain. Hal ini tergantung pada pemberian materi serta fitur yang tersedia pada bimbel online tersebut. Semakin tinggi biaya bimbel, maka semakin bagus kualitas bimbel seringkali menjadi patokan.

Akan tetapi hal tersebut salah. Tidak selamanya bimbel dengan biaya tinggi memiliki kualitas yang lebih baik daripada bimbel dengan biaya lebih rendah. Umumnya standar biaya untuk bimbel online dipatok dengan harga sekitar Rp.100.000-, sampai dengan Rp. 200.000-, per bulannya. Jika biaya bimbel kurang atau lebih dari angka tersebut maka pengguna akan lebih berhati-hati dan meragukan kualitas bimbel.

6. Adanya  sertifikat terakreditasi

Tips memilih bimbel online terpenting adalah adanya sertifikat yang sudah terakreditasi. Sertifikat yang sudah memiliki akreditas ini mengartikan bahwa bimbel tersebut sudah memiliki akreditasi dan memenuhi standar pengajaran serta pembelajaran nasional. Sertifikat berkareditasi tersebut dapat dijadikan pelengkap dan pertimbangan ketika siswa suatu saat hendak melanjutkan pendidikan atau ingin bekerja

Untuk mengetahui sebuah situs bimbel online memiliki akreditasi, bisa ditanyakan langsung pada admin yang selalu online pada situs tersebut. namun bila bertanya pada admin kurang meyakinkan, bisa di cek pada status akreditasi nasional bagi instansi. Situs, dan aplikasi bimbingan belajar yang tersedia di internet. 

Quipper Video
loading...

Bagikan Artikel ini:

Komentar Anda

Copyright © 2015-2018. wirahadie.com - All Rights Reserved