wirahadie.com

Cara Meraih Juara Kelas Pasti Berhasil!

Cara Meraih Juara Kelas Pasti Berhasil!

Cara Meraih Juara Kelas Pasti Berhasil! - Menjadi juara di kelas merupakan sebuah kebanggan tersendiri bagi siswa. Karena bisa membahagiakan orang tua dengan prestasi yang baik di sekolah.

meraih-juara-kelas

Tapi, untuk menjadi juara di kelas bukanlah perkara yang mudah loh.

Apalagi jika kamu di sekolah favorit yang notabenenya banyak saingan dan juga siswa berprestasi lainnya yang menjadi sebuah tantangan besar untuk mengalahkan mereka dalam perburuan gelar juara.

Selama kamu punya komitmen yang kuat dan rasa percaya diri yang tinggi untuk bisa meraihnya, itu semua bisa terjadi kok.

Kamu harus semangat, seperti halnya orang sukses yang penuh dengan optimisme dan semangat juang yang tinggi.

Kemarin ada salah satu siswa yang bertanya lewat chat di Whatsapp
"Ka, gimana sih tips untuk meraih juara di semester ini?"

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan pertanyaan ini. Cuma untuk meraih juara dalam waktu singkat apalagi sebentar lagi mau ujian semester, tentu kamu bakal belajar menggunakan metode sistem kebut semalam. Padahal metode belajar ini dari jaman dahulu kurang tepat, potensi gagalnya tinggi karena tidak direncanakan dengan baik dan benar.

Ibaratnya kamu mau juara dalam sebuah lomba misalnya, tiba-tiba kamu menanyakan gimana caranya juara disaat sehari sebelum bertanding. Tentu ini tidak efektif kan? Karena tidak adanya persiapan.

Banyak siswa yang ingin dapat juara namun, hanya mengandalkan cara belajar yang itu-itu saja. Kalau di kelas kamu mayoritasnya anak yang malas belajar tentu tidaklah sulit untuk meraihnya. Tapi kalau sebaliknya gimana? Pasti sulit dong!

Nah, oleh sebab itulah pentingnya dalam persiapan. Dengan membuat perencanaan yang matang.

Berikut Kakak mencoba memberikan tips bagaimana meraih prestasi di sekolah dan pasti berhasil jika kamu melaksanakannya dengan baik dan benar.

Tips Meraih Juara Kelas Pasti Berhasil!

1. Motivasi yang Kuat


Motivasi yang kuat di sini maksudnya kamu harus punya alasan yang kuat yang sangat mendasar, ada impian besar atau motivasi lebih yang bakal kamu dapatkan jika meraihnya jadi kamu tidak hanya sekedar mendapatkan gelar juara kelas tapi lebih dari itu. Misalnya kamu ingin juara kelas ingin membuat orang tua bangga, atau ingin dapat beasiswa, biar bisa masuk PTN melalui jalur SNMPTN, dll.

Nah, ini yang kakak maksud ada motivasi yang lebih tidak sekedar meraih juara itu sendiri jadi kalau motivasi kamu kuat kamu bakal berjuang mati-matian mengeluarkan kemampuan terbaik kamu dalam meraihnya.

2. Menentukan Goal/Tujuan


Goal ini kalau bahasa sederhananya adalah sebuah tujuan. Ibaranya kamu ingin pergi liburan, tentu kamu menentukan tujuan kamu kemana? Terus mau berangkat lewat mana, mau pakai apa? dll.

Dalam meraih prestasipun seperti itu, harus memiliki tujuan yang jelas. Biar kamu terarah dan tidak mengambang.

Dalam membuat tujuan itu harus jelas dan detail, misalnya kamu ingin meraih juara 1 di kelas, jadi jangan punya tujuan ingin juara saja, itu secara syarat goal yang baik dan benar itu tidak terpenuhi karena tidak jelas dan tidak detail, harus jelas juara berapa?

Karena banyak siswa saat ditanya tentang cita-citanya malah mereka bingung mau jawab apa, πŸ˜†he
"Kamu cita-citanya mau jadi apa?" dan jawabnya "Saya ingin jadi orang sukses pak". Nah, dari jawaban ini saja tidak jelas, karena sukses itu masih umum ya. Suksesnya di bidang apa? Itu perlu dijelaskan.

Jadi buatlah tujuan yang jelas ya.

3. Menulis Tujuan

Setelah menentukan tujuan, saatnya kamu menulisnya dalam sebuah buku agenda kamu, tulislah di halaman depan buku kamu, dan bila perlu tulis dengan besar di dinding kamar kamu agar tiap hari kamu bisa melihatnya dan kamu tidak cepat lupa, karena disaat kamu lupa maka semangat kamu akan menurun. 

Saya sendiri menggunakan papan kecil sebagai dream board  atau papan impian yang saya tempel di kamar. Disanalah saya tempel apa yang ingin saya capai. Dan cara ini terbukti efektif bikin kamu semangat dan tetap ingat akan tujuan yang akan kamu capai. 


Biar kamu tetap semangat, tulislah di kamar kamu, bila perlu tulis dengan besar.

4. Menyusun Perencanaan


Setelah menulisnya, barulah kamu menyusun bagaimana cara meraih impian kamu tersebut. Mulai membuat target bulanan dan mingguan. Misalnya minggu ini saya harus menguasai materi tentang ini, membuat rangkuman tentang...., membuat mindmap, dll. Selanjutnya kamu buat rencana bulanan kamu misalnya bulan ini saya harus menguasai Bab 1, dst.

Tulislah di buku agenda kamu rencana yang akan kamu lakukan, bila perlu tulis di dream board/papan impian kamu.

Contoh untuk pembuatan dream board



5. Bikin to do list Harian


To do list adalah daftar tugas harian, agar kamu tetap produktif dan selalu mengingatkanmu untuk mengerjakannya, misalnya tugas hari ini, menyelesaikan PR Biologi, maka kamu harus fokus pada tugas kamu hari itu juga jangan sampai mengerjakan hal lain sebelum kamu menyelesaikan tugas kamu ya.

Kalau tugas kamu udah kelar, barulah kamu bisa mengerjakan hal lainnya, misalnya main HP buat buka sosmed, asalkan tugas kamu udah kelar jadi gak masalah ya. Tapi pada kenyataannya lebih banyak waktu buat buka sosmed ya, ketimbang waktu buat ngerjain tugasnya.πŸ˜‚wkwkk

6. Konsisten 


Konsisten adalah kemampuan untuk terus menerus berusaha sampai suatu pencapaian berhasil diraih, tidak ada satu hal didunia ini yang bisa menggantikan konsistensi.

Nah, yang terakhir ini yang paling berat ka πŸ˜ƒhee, biasanya orang bakal gagal di sini karena konsisten itu yang paling berat. Orang bakal semangat di awal-awal saja, karena semakin berjalannya waktu semangat semakin menurun dan akhirnya tidak konsisten dan bakal gagal.

Di sinilah yang berperan adalah motivasi yang kuat dari dalam diri kamu, jadi bakal kembali lagi ke poin pertama Motivasi yang Kuat, karena hal yang paling fundamental atau mendasar adalah motivasi dalam diri kamu sendiri.

Itulah tips untuk Meraih Juara Kelas Pasti Tercapai, jika kamu melaksanakannya dengan baik dan benar. Yakin dah, apa yang kamu inginkan bakal bisa tercapai.

Semoga tips yang Kaka bagikan bisa bermanfaat untuk kamu, dan jangan lupa bagikan juga ke teman-teman kamu ya, semoga kamu bisa sukses meraih impian kamu.

Quipper Video
loading...

Bagikan Artikel ini:

Komentar Anda

Copyright © 2015-2018. wirahadie.com - All Rights Reserved