wirahadie.com

7 Aplikasi dan Situs Belajar Online Gratis Terbaik

7 Aplikasi dan Situs Belajar Online Gratis Terbaik

7 Aplikasi dan Situs Belajar Online Gratis Terbaik Belajar menjadi salah satu kegiatan wajib yang dilakukan oleh seluruh manusia. Belajar dilakukan mulai dari kecil hingga dewasa. Tidak ada batasan usia bagi manusia untuk belajar. Kini, ada banyak media pembelajar yang dapat di akses baik melalui sekolah formal, informal seperti kursus dan les, maupun belajar melalui media online. Ada banyak aplikasi bimbel online gratis yang dapat dimanfaatkan.


bimbel-online-gratis


Aplikasi Bimble Online Gratis ini Wajib Kamu Coba 

1. Inibudi.org
Situs bimbingan belajar online ini menggunakan metode video pembelajaran bagi siswa-siswa yang ingin menambah wawasan mengenai mata pelajaran di sekolah. Situs ini menyediakan materi pembelajaran mulai dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas. Semua pelajar bebas mengakses seluruh video yang ada di situs inibudi.org dengan kata lain tidak ada biaya yang harus dikeluarkan (gratis).

Situs yang masih terbilang baru di dunia belajar online ini memberikan layanan akses gratis dikarenakan video serta tenaga pengajar merupakan volunteer atau relawan yang dengan suka rela menyumbangkan video pembelajaran ke dalam situs ini. Karena situs ini tergolong baru, saat ini masih membutuhkan banyak relawan. Situs belajar online ini bisa di akses melalui http://inibudi.org/.

2. Coursera
Bagi siswa yang berminat dibidang komputer bisnis dan ingin mengasah kemampuan lebih di bidang tersebut, mengakses Coursera sangat disarankan. Courser merupakan aplikasi yang dapat menghubungkan pelajar di seluruh dunia yang memiliki minat yang sama yaitu pada dunia komputer bisnis. Aplikasi ini menyediakan ribuan video streaming terbaik yang melalui tahap seleksi terlebih dahulu.

Selain menyediakan video tentang ilmu komputer, robotika, pemrograman, web development, mesin, olah data, statistik, akuntansi, bisnis dan juga pemasaran, aplikasi ini juga menyediakan materi studi matematika hingga musik. Ada dua versi pembelajaran yang diterapkan Aplikasi ini bisa di akses secara gratis melalui https://coursera.en.softonic.com/

3. DuoLingo
DuoLingo merupakan aplikasi bimbel online gratis yang memudahkan pengguna dalam belajar bahasa asing di seluruh dunia dimana saja dan kapan saja. Dalam belajar berbahasa asing menggunakan DuoLingo, pengguna akan belajar langsung bersama penutur asli  bahasa tersebut melalui video atau streaming video sehingga pelajar mengetahui cara baca serta logat bahasa yang sedang dipelajari. 

Untuk mengasah kemampuan dalam memahami bahasa, aplikasi ini juga menyediakan latihan membaca, menerjemahkan, mendengar bahasa asing yang sudah dipelajari sebelumnya. Ada juga soal latihan berupa pilihan ganda yang disertai dengan penilaian langsung berupa jawaban benar atau salah. Aplikasi ini bisa di akses melalui https://id.duolingo.com/ atau keyword “Duolingo” pada playstore.


4. WolframAlpha
Situs WolframAlpha dikhususkan bagi pelajar ataupun umum yang ingin meningkatkan kemampuan di bidang angka atau matematika. Situs ini bisa di akses oleh siapa saja alias gratis dan hanya bermodalkan jaringan internet saja. Pada situs ini disediakan berbagai macam soal matematika yang bisa dipelajari kapan saja dan dimana saja. Situs ini sangat nyaman dan fleksibel digunakan oleh siapapun.

Ada berbagai macam ilmu matematika yang dapat dipelajari pada situs ini mulai dari matematika dasar, kalkulus, analisis, matematika diskrit, teori geometri, matematika analisis, algebra, matematika advance dan lainnya. untuk memudahkan pengguna, aplikasi  ini membagi materi berdasarkan kategori yakni statistik dan analisis, engineering dan lainnya. bisa dikases melalui http://m.wolframalpha.com/.

5. Music Theory
Situs Music Theory tampaknya sangat direkomendasikan bagi yang ingin belajar dan mengetahui lebih banyak tentang musik dengan cara yang asyik. Pembelajaran dilakukan dnegancara teknik dasar seperti pengenalan suara, nama-nama alat musik, kegunaan, serta cara bermain. Musik dasar yang diajarkan terdiri dari interval, chords, rhythm and  meter, diatonic chords, Neapolitan chords, dan banyak lagi.

Melalui situs ini, pengguna bisa memilih sendiri alat musik apa yang diminati serta ingin dipelajari lebih dalam lagi. Ada juga sarana latihan dan panduan untuk memainkan alat musik yang dapat diikuti oleh pengguna dengan memainkan alat musik pribadinya. Aplikasi ini sangat mudah dan simple bagi pemula. Situs Music Theory bisa di akses melalui https://www.musictheory.net/.

6. edX
Dengan mengunduh aplikasi edX secara percuma melalui smartphone maupun tablet, pengguna bisa memilih dan belajar materi terkait materi kuliah yang ingin dipelajari. Aplikasi ini sangat direkomendasikan bagi yang ingin menambah ilmu umum, bukan hanya mahasiswa tapi siapa saja bisa mengakses aplikasi yang mampu menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. 

Penyampaian materi melalui aplikasi edX melalui sarana yang bermacam-macam mulai dari video, materi, hingga audio. Adapula forum diskusi bagi pengguna yang memungkinkan pengguna dapat berdiskusi dan bertukar pikiran antar sesama pengguna edX. Bila ingin mendapatkan sertifikat khusus dari edX pengguna bisa membayar. Bisa di akses melalui https://www.edx.org/.

7. Sibejoo
Sesuai dengan namanya, situs ini merupakan buatan Indonesia dan diperuntukkan bagi pelajar Indonesia khususnya yang masih duduk di bangku SMA. Materi pembelajaran yang disediakan si Bejoo terdiri dari materi umum Sekolah Menengah Atas yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, Ilmu pengetahuan Alam, dan Ilmu pengetahuan Sosial yang semuanya sangat penting untuk dipelajari.

Teknik  pembelajaran yang diterpakan pada situs ini yakni materi hingga video pelmebalajaran. Adapula soal try out berupa soal pilihan ganda yang dapat melatih daya ingat serta mengukur kemampuan pengguna setelah belajar. Aplikasi ini sangat membantu masalah belajar siswa terutama siswa yang kurang paham mengenai materi di sekolah. Bisa di akses melalui http://18.220.128.11/heroo/.

Artikel Terkait: Tips Memilih Bimbel Online

Tersedianya ruang belajar yang mudah dan murah  berupa aplikasi bimbel online gratis diharapkan dapat menumbuhkan semangat serta minat pelajar di seluruh dunia khususnya di Indonesia tentang pentingnya menuntut ilmu. Aplikasi gratis yang tersedia merupakan cara lain untuk memberikan pelajaran dengan cara yang lebih asyik, santai dan sederhana. 

Quipper Video
loading...

Bagikan Artikel ini:

Komentar Anda

Copyright © 2015-2018. wirahadie.com - All Rights Reserved