wirahadie.com

Tata Tertib UNBK 2019 yang Wajib diketahui

Tata Tertib UNBK 2019 yang Wajib diketahui


Tata tertib memang menjadi salah satu ujian pokok dan wajib diikuti dalam menjalankan sebuah rangkaian acara atau kegiatan terutama acara kegiatan formal seperti UNBK. UNBK merupakan tes yang diikuti oleh seluruh sswa dari jenjang SD, SMP hingga SMA. Tes UNBK menjadi salah satu syarat kelulusan siswa. Berikut tata tertib UNBK 2019 yang wajib diketahui oleh seluruh peserta.

Berikut Tata Tertib yang Wajib diketahui

1. Nama Siswa telah Terdaftar sebagai Peserta

Peserta yang akan mengikuti tes UNBK wajib terdaftar sebagai peserta didik pada SKB, PKBM, pondok pesantren, atau program belajar sejenisnya baik tingkat SD, SMP, maupun SMA yang telah memiliki izin pemerintah untuk mendirikan yayasan pendidikan yang sesuai dengan standar pendidikan di Indonesia. sekolah atau yayasan kelompok belajar wajib mendaftarkan siswa yang akan mengikuti UNBK.

Apabila nama serta identitas siswa tidak terdaftar sebagai peserta UNBK, maka sekolah atau yayasan wajib bertanggung jawab mendaftarkan siswanya dan mengurus berkas siswanya hingga terdaftar sebagai peserta UNBK. Sebenarnya jauh sebelum terlaksananya UNBK, sekolah atau yayasan sudah mulai mengurus berkas serta data siswa sejak 2 atau 3 bulan sebelum hari H UNBK.

2. Peserta Wajib Hadir Lebih Awal

Para peserta UNBK diwajibkan hadir se-kurangnya 30 menit sebelum ujian UNBK dimulai. Hal ini untuk mengantisipasi siswa yang datang terlambat atau terburu-buru dimana kondisi tersebut berdampak pada tingkat fokus dan konsentrasi siswa. Tidak hanya siswa yang bersangkutan saja, namun juga peserta lain akan merasa terganggu karena kehadiran siswa yang terlambat di tengah-tengah keberlangsungan ujian.

Selain itu, alasan lain mengapa siswa diwajibkan datang lebih awal adalah agar siswa setidaknya bisa bersantai dan rileks terlebih dahulu sebelum ujian dimulai. Jika pikiran siswa lebih tenang dan santai maka dalam mengerjakan soal akan akan lebih fokus sehingga akan berdampak pada hasil ujian nantinya. Siswa juga masih memiliki waktu untuk mengecek kelengkapan peralatan ujian.

3. Memasuki Ruang Ujian dengan Tertib

Ruang ujian UNBK telah diatur sedemikian rupa mengikuti nomor ujian siswa. tiap-tiap bangku sudah diberikan nomor ujian dimana nomor ujian tersebut harus diikuti siswa sesuai dengan nomor pada kartu ujian yang telah dimiliki. Bila siswa keliru dalam mencocokkan  nomor ujian, maka akan pengawas juga akan keliru dalam menyusun lembar jawaban.

4. Siswa yang Terlambat Wajib Melapor

Bagi siswa yang terlambat atau datang setelah waktu ujian berlangsung, maka siswa wajib melapor pada ketua panitia UN tingkat sekolah. Apabila panitia memberikan izin siswa untuk mengikuti ujian maka dengan persyaratan yaitu tidak adanya perpanjangan waktu. Artinya ketika waktu ujian telah selesai maka siswa yang datang terlambat juga wajib menyelesaikan soal ujiannya. 

5. Larangan Membawa Alat Elektronik

Sebelum siswa masuk ke dalam ruang ujian, petugas akan memeriksa barang bawaan siswa. siswa dilarang membawa benda elektronik seperti kalkulator, kamus elektronik, handphone dan sejenisnya. Hal ini untuk menghindari kecurangan siswa selama kegiatan ujian berlangsung. Apabila petugas menemukan salah satu alat elektronik maka wajib disita sampai waktu ujian selesai.  

6. Hanya Alat Tulis dan Kartu Ujian yang Berada di Meja

Setiap siswa yang akan mengikuti UNBK tidak diperkenankan membawa, kertas, buku, tas, ataupun catatan dalam bentuk apapun. Tata tertib UNBK 2019 ini wajib diikuti oleh seluruh siswa se-Indonesia. Hanya alat tulis berupa pulpen, pensil, penggaris, penghapus, dan rautan pensil saja yang boleh dibawa. Apabila ada siswa yang kedapatan membawa barang-barang selain alat tulis maka akan disita.

7. Mengisi Daftar Hadir

Daftar hadir menjadi hal yang tidak boleh terlewatkan dalam mengikuti ujian UNBK. Daftar hadir berfungsi untuk mengantisipasi kesalahan dan kekeliruan yang mungkin saja terjadi. Misalnya dengan mengisi daftar hadir siswa dinyatakan berada di dalam ruangan meski jawaban ujiannya tidak ditemukan di dalam sampul jawaban ujian, maka pengawas dapat mencari tahu lebih lanjut terkait masalah ini. 

8. Login Komputer Menggunakan Username dan Password yang Sudah disediakan 

Tiap meja komputer sudah dilengkapi dengan username dan password yang memudahkan siswa untuk login ketika hendak mengerjakan soal ujian. Username dan password yang akan digunakan untuk loging berbeda antara satu siswa dengan siswa lainnya. Hal ini karena nama siswa beserta password dan username sudah terdaftar pada sistem sehingga ketika login otomatis jawaban tersimpan atas nama siswa.

9. Mengerjakan Soal Ketika Waktu Sudah Dimulai

Peserta UNBK wajib masuk 15 menit sebelum bel berbunyi. Namun, peserta tidak diwajibkan login atau mulai mengerjakan soal terlebih dahulu. Jika terdapat siswa yang mengerjakan soal terlebih dahulu maka akan dianggap curang dan pengawas serta panitia bisa saja mendiskualifikasi siswa sesuai dengan syarat dan peraturan yang telah dibuat sebelumnya.

10. Dilarang Meninggalkan Ruang Ujian Tanpa Izin

Selama ujian berlangsung, peserta hanya diperbolehkan keluar dengan alasan yang benar-benar terdesak seperti ingin buang air besar atau buang air kecil. Karena waktu ujian yang  terbatas serta tingginya potensi kecurangan, peserta yang ingin meninggalkan ruangan harus dengan izin dan pengawasan dari pengawas pada ruang ujian.

11. Wajib Mengetahui Larangan Lain Seperti :

  • Menanyakan soal pada peserta.
  • Menanyakan jawaban kepada siapapun. 
  • Dilarang membuat kegaduhan.
  • Bekerjasama dengan peserta lain.
  • Menerima atau memberi bantuan kepada peserta.
  • Memperlihatkan hasil jawaban kepada peserta atau melihat jawaban peserta lain.
  • Menggantikan atau digantikan oleh orang lain ketika ujian.
  • Tidak membawa makanan atau minuman ke dalam ruangan.
  • Berpakaian rapi dan formal sesuai dengan seragam sekolah.
  • Peserta dilarang meninggalkan ruangan bila masih ada sisa waktu meski jawaban sudah selesai.
  • Peserta wajib meninggalkan ruangan apabila waktu sudah selesai meski jawaban belum selesai.



Itulah informasi terkait Tata tertib UNBK 2019 yang wajib kamu ketahui khususnya buat siswa-siswi yang akan mengikuti UNBK tahun ini, semoga informasi ini bisa memberikan manfaat buat kamu yang membutuhkan informasi terkait tata tertib UNBK agar kamu lebih teliti lagi dalam menghadapi UNBK dan meminimalisir terjadinya kesalah saat UNBK berlangsung.

Quipper Video
loading...

Bagikan Artikel ini:

Komentar Anda

Copyright © 2015-2018. wirahadie.com - All Rights Reserved