wirahadie.com

Tips Memilih Bimbel SBMPTN yang Tepat!

Tips Memilih Bimbel SBMPTN yang Tepat!

Tips Memilih Bimbel SBMPTN yang Tepat dan lolos masuk PTN favorit Banyak cara dilakukan baik oleh siswa maupun orang tua siswa agar anaknya bisa lulus masuk perguruan tinggi negeri yang terbaik. Salah satu caranya adalah dengan memberikan les tambahan berupa bimbingan belajar. Terkadang orang tua maupun anak seringkali ragu dengan bimbel yang menjanjikan kelulusan. Ada beberapa tips memilih bimbel SBMPTN untuk lebih berhati-hati.

bimbel-sbmptn-terbaik

Untuk dapat lulus dan masuk perguruan tinggi yang diinginkan, haruslah melewati beberapa tahap seleksi, salah satunya seleksi SBMPTN. Menghadapi seleksi ini bisa dikatakan cukup sulit karena harus mengerjakan beberapa tahap soal mulai dari test kemampuan akademik dan sebagainya. Soal tersebut dikerjakan dengan passing grade yang ditentukan oleh tiap universitas dan juga berbeda tiap jurusannya.


Artikel Terkait: Tips Memilih Bimbel Online


Lulus pada PTN yang diinginkan, berikut tips memilih bimbel SBMPTN


1. Fokuskan pada PTN yang diinginkan

Memfokuskan diri pada dua PTN pilihan menjadi salah satu hal yang dapat memotivasi diri untuk berjuang dan berusaha meraih hasil yang memuaskan. Dengan  cara memfokuskan diri siswa yang ingin masuk ke suatu PTN favorite, tidak ada lagi keraguan dan dorongan ingin masuk ke perguruan tinggi lain yang passing grade serta kualitasnya lebih rendah dari PTN yang di fokuskan tadinya.

Setelah memfokuskan diri, biasanya tiap bimbel memiliki cara dan kiat khusus agar siswanya dapat masuk ke PTN yang diinginkan. Karena bimbel rata-rata telah menangani banyak kasus dan berpengalaman mensukseskan siswanya masuk ke PTN yang dituju, maka para pengajar tiap bimbel  sangat memahami siswanya. Itulah mengapa siswa diharuskan memfokuskan diri pada satu tujuan.

2. Lokasi bimbel yang cukup dekat dengan rumah

Memperhatikan lokasi bimbel memang nampaknya sangat sepele, namun hal ini sangat berpengaruh terhadap hasil belajar mengajar dan memengaruhi fisik siswanya. Apabila lokasi bimbel berjarak jauh dari rumah, maka siswa harus membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk di perjalanan menuju lokasi bimbel. Selain dengan alasan efisiensi waktu, lokasi yang cukup jauh juga berdampak pada fisik siswa.

Jarak yang cukup jauh, belum lagi di perjalanan menghadapi macet, panas, dan polusi udara dimana hal tersebut sangat berpengaruh pada tingkat stress dan siswa kerap kali letih setiba di lokasi. Tentunya kondisi tersebut akan mengganggu konsentrasi siswa sehingga siswa akan kesulitan dalam memfokuskan diri pada pelajaran yang hendak diajarkan saat itu. 

Apabila instansi bimbel yang berjarak lebih dekat dengan rumah namun bimbel tersebut tidak sesuai dan siswa kurang nyaman dengan sistem belajarnya, maka siswa bisa saja mengambil bimbel yang berjarang lebih jauh namun dnegan satu alasan yakni lokasinya cukup mudah dicapai, terhindar dari lokasi yang padat dan ramai sehingga siswa merasa lebih nyaman dan terus bersemangat menghadiri bimbel.

3. Mencari tahu referensi dari orang yang telah mencoba terlebih dahulu

Sebelum mendaftarkan diri pada sebuah instansi bimbingan belajar, sebaiknya tips memilih bimbel SBMPTN yang satu ini lebih di perhatikan. Biasanya ada saja tetangga atau teman yang telah terlebih dahulu mencoba bimbel tersebut. review dari orang-orang terdekat tentang kualitas sebuah bimbingan belajar sangat diperlukan agar siswa bisa menyesuaikan diri dan membandingkan dengan bimbel lain.

Siswa juga dapat melihat sejauh mana progress seseorang yang telah belajar melalui suatu bimbel tersebut. Misalnya orang yang memberikan review atau opini suskes masuk ke PTN yang diinginkannya setelah mengikuti bimbel. Dengan cara ini juga siswa semakin yakin bahwa bimbingan belajar tersebut memang berkualitas dan dapat membantu siswa meraih apa yang diinginkannya.

4. Mengetahui profil pembimbing pada bimbel

Tentunya dengan melihat profil tenaga pengajar dapat meyakinkan siswa akan kredibilitas serta kualitas pengajarnya. Para pengajar ini sangat menentukan siswanya dapat belajar dengan baik dan nyaman. Pengajar yang menyenangkan akan membuat siswa mudah menyerap materi yang disampaikan. Selain itu, pengajar yang cerdas juga mampu menularkan ilmunya dengan mudah kepada siswanya.

Untuk melihat profile dan latar belakang tenaga pelajar, siswa dapat melihat langsung ke lokasi bimbel atau melihat pada website bimbel tersebut. Biasanya pada website juga dilengkapi dengan pemberian rating serta respons dari siswa yang telah belajar padanya sehingga calon siswa akan mengetahui dan memiliki gambaran terhadap  pembimbing atau pengajar tersebut. 

5. Mempertimbangkan biaya selama mengikuti bimbel

Pilihlah bimbel yang relevan antara kualitas pembelajaran dengan biaya selama belajar. Kebanyakan orang berpendapat bahwa, semakin tinggi biaya bimbingan belajar yang dikeluarkan, maka semakin baik dan semakin terjamin pula kecerdasan siswanya. Namun hal tersebut tentu tidak bisa menjadi patokan. Justru dengan biaya tinggi akan menjadi beban orang tua siswa yang berpengaruh pula kepada siswa.

Jangan sampai biaya akan membebani siswa karena kondisi tersebut akan berpengaruh pula terhadap tingkat konsentrasi dan fokus siswa selama proses belajar.  Jika memang orang tua siswa tidak keberatan membayar lebih, maka pastikan pula fasilitas, pemberian materi, dan jaminan-jaminan lain terpenuhi agar siswa maupun orang tua siswa tidak merasa dirugikan.

6. Pilih mata pelajaran yang menjadi soal SBMPTN

Tips memilih bimbel SBMPTN selanjutnya adalah memilih fokus pelajaran pada soal-soal yang akan dikeluarkan saat tes seleksi SBMPTN berlangsung. Biasanya sebuah instansi bimbingan belajar akan memberikan pelajaran yang bervariasi. Namun siswa yang ingin mengikuti tes SBMPTN sebaiknya memfokuskan pada jurusan yang ingin dicapai. 

Misalnya siswanya ingin masuk kedokteran pada universitas favorite. Tentunya siswa tersebut harus fokus pada materi saintek dimana pelajaran yang diutamakan adalah matematika, biologi, kimia, dan fisika. Sedangkan  siswa yang ingin masuk fakultas sosial akan memfokuskan diri pada materi soshum yang terdiri dari ilmu sosial, politik, ekonomi, sejarah dan sebagainya. 

Quipper Video
loading...

Bagikan Artikel ini:

Komentar Anda

Copyright © 2015-2018. wirahadie.com - All Rights Reserved